Cari Blog Ini

Usdul Ghabah - 3541. 'Itban bin Malik

٣٥٤١ - عِتۡبَانُ بۡنُ مَالِكِ بۡنِ عَمۡرِو بۡنِ الۡعَجۡلَانِ
3541. ‘Itban bin Malik bin ‘Amr bin Al-‘Ajlan

ب د ع: عِتۡبَانُ بۡنُ مَالِكِ بۡنِ عَمۡرِو بۡنِ الۡعَجۡلَانِ بۡنِ زَيۡدِ بۡنِ غَنَمِ بۡنِ سَالِمِ بۡنِ عَوۡفِ بۡن الۡخَزۡرَجِ الۡأَنۡصَارِيِّ الۡخَزۡرَجِيُّ السَّالِمِيُّ.
‘Itban bin Malik bin ‘Amr bin Al-‘Ajlan bin Zaid bin Ghanam bin Salim bin ‘Auf bin Al-Khazraj Al-Anshari Al-Khazraji As-Salimi.
شَهِدَ بَدۡرًا، وَلَمۡ يَذۡكُرۡهُ ابۡنُ إِسۡحَاقَ فِي الۡبَدۡرِيِّينَ، وَذَكَرَهُ غَيۡرُهُ.
Beliau mengikuti perang Badr. Namun Ibnu Ishaq tidak menyebut beliau di dalam golongan sahabat yang mengikuti perang Badr, sementara selain Ibnu Ishaq memasukkan beliau.
أَخۡبَرَنَا الۡخَطِيبُ عَبۡدُ اللهِ بۡنُ أَحۡمَدَ الطُّوسِيُّ بِإِسۡنَادِهِ عَنۡ أَبِي دَاوُدَ الطَّيَالِسِيِّ، أَخۡبَرَنَا إِبۡرَاهِيمُ بۡنُ سَعۡدٍ قَالَ: سَمِعۡتُ الزُّهۡرِيَّ يُحَدِّثُ، عَنۡ مَحۡمُودِ بۡنِ الرَّبِيعِ، عَنۡ عِتۡبَانَ بۡنِ مَالِكٍ السَّالِمِيِّ قَالَ: كُنۡتُ أَؤُمُّ قَوۡمِي بَنِي سَالِمٍ، وَكَانَ إِذَا جَاءَتِ السُّيُولُ شَقَّ عَلَيَّ أَنۡ أَجۡتَازَ وَادِيًا بَيۡنِي وَبَيۡنَ الۡمَسۡجِدِ، فَأَتَيۡتُ النَّبِيَّ ﷺ فَقُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، إِنِّي يَشُقُّ عَلَيَّ أَنۡ أَجۡتَازَهُ، فَإِنۡ رَأَيۡتَ أَنۡ تَأۡتِيَنِي وَتُصَلِّيَ فِي بَيۡتِي مَكَانًا أَتَّخِذُهُ مُصَلًّى؟ قَالَ: (أَفۡعَلُ). فَجَاءَنِي الۡغَدَ فَاحۡتَبَسَهُ عَلَى خَزِيرَةٍ فَلَمَّا دَخَلَ لَمۡ يَجلِسۡ حَتَّى قَالَ: (أَيۡنَ تُحِبُّ أَنۡ أُصَلِّيَ فِي بَيۡتِكَ؟) فَأَشَرۡتُ إِلَى الۡمَوۡضِعِ الَّذِي أُصَلِّي فِيهِ. فَصَلَّى فِيهِ رَكۡعَتَيۡنِ.. ثُمَّ ذَكَرَ الۡحَدِيثَ.
وَإِنَّمَا طَلَبَ ذٰلِكَ لِأَنَّهُ كَانَ قَدۡ عَمِيَ، وَقِيلَ: كَانَ فِي بَصَرِهِ ضَعۡفٌ.
Al-Khathib ‘Abdullah bin Ahmad Ath-Thusi telah mengabarkan kepada kami dengan sanadnya dari Abu Dawud Ath-Thayalisi: Ibrahim bin Sa’d mengabarkan kepada kami, beliau berkata: Aku mendengar Az-Zuhri menceritakan dari Mahmud bin Ar-Rabi’, dari ‘Itban bin Malik As-Salimi, beliau berkata: Dahulu, aku mengimami kaumku Bani Salim. Namun, apabila ada banjir, maka aku kesulitan melintasi lembah yang berada di antara aku dengan masjid. Aku datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku kesulitan untuk melintasinya. Maka bagaimana apabila engkau datang ke tempatku lalu salat di rumahku, di suatu tempat yang akan aku menjadikannya sebagai tempat salat?” Nabi bersabda, “Akan aku lakukan.” Beliau pun mendatangiku keesokan hari. Beliau tertahan untuk menyantap khazirah[1] terlebih dulu. Ketika beliau sudah masuk, beliau tidak duduk sampai bertanya, “Di bagian mana engkau ingin aku salat di rumahmu?” Aku pun menunjukkan ke suatu tempat yang aku salat di situ. Beliau salat dua rakaat di situ… Kemudian beliau menyebutkan hadis tersebut.[2]
‘Itban meminta hal itu karena beliau telah buta. Ada pula yang mengatakan: Ketika itu pandangan beliau sudah melemah.
أَخۡبَرَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ سَرَايَا بۡنِ عَلِيٍّ الۡفَقِيهُ، وَمِسۡمَارٌ، وَأَبُو الۡفَرَجِ مُحَمَّدُ بۡنُ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ بۡنِ أَبِي الۡعِزِّ وَغَيۡرُهُمۡ، قَالُوا بِإِسۡنَادِهِمۡ عَنۡ مُحَمَّدِ بۡنِ إِسۡمَاعِيلَ: حَدَّثَنَا إِسۡمَاعِيلُ، حَدَّثَنَا مَالِكٌ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ، عَنۡ مَحۡمُودِ بۡنِ الرَّبِيعِ الۡأَنۡصَارِيِّ، عَنۡ عِتۡبَانَ بۡنِ مَالِكٍ: أَنَّهُ كَانَ يَؤُمُّ قَوۡمَهُ وَهُوَ أَعۡمَى، وَأَنَّهُ قَالَ لِرَسُولِ اللهِ ﷺ: يَا رَسُولَ اللهِ، إِنَّهَا تَكُونُ الظُّلۡمَةُ وَالسَّيۡلُ، وَأَنَا رَجُلٌ ضَرِيرُ الۡبَصَرِ، فَصَلِّ يَا رَسُولَ اللهِ فِي بَيۡتِي مَكَانًا أَتَّخِذُهُ مُصَلًّى. فَجَاءَهُ رَسُولُ اللهِ ﷺ، فَقَالَ: (أَيۡنَ تُحِبُّ أَنۡ تُصَلِّيَ؟) فَأَشَارَ إِلَى مَكَانٍ مِنَ الۡبَيۡتِ، فَصَلَّى فِيهِ رَسُولُ اللهِ ﷺ.
Muhammad bin Saraya bin ‘Ali Al-Faqih, Mismar, Abu Al-Faraj Muhammad bin ‘Abdurrahman bin Abu Al-‘Izz, dan selain mereka telah mengabarkan kepada kami. Mereka berkata dengan sanad mereka dari Muhammad bin Isma’il: Isma’il menceritakan kepada kami: Malik menceritakan kepada kami dari Ibnu Syihab, dari Mahmud bin Ar-Rabi’ Al-Anshari, dari ‘Itban bin Malik: Bahwa beliau dahulu biasa mengimami kaumnya sementara beliau telah buta. Beliau berkata kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Wahai Rasulullah, kadang keadaan begitu gelap atau banjir, sementara aku adalah seorang yang mengalami gangguan pandangan. Jadi salatlah, wahai Rasulullah, di rumahku di suatu tempat yang akan aku jadikan sebagai tempat salat.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mendatanginya dan bertanya, “Di mana engkau suka engkau salat?” ‘Itban menunjuk ke suatu tempat di bagian rumahnya, lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam salat di situ.[3]
رَوَى عَنۡهُ أَنَسُ بۡنُ مَالِكٍ، وَمَحۡمُودٌ. وَمَاتَ أَيَّامَ مُعَاوِيَةَ.
Anas bin Malik dan Mahmud meriwayatkan darinya. Beliau meninggal di masa kepemimpinan Mu’awiyah.
أَخۡرَجَهُ الثَّلَاثَةُ.
Biografi beliau disebutkan oleh tiga orang (Ibnu Mandah, Abu Nu’aim, dan Abu ‘Umar).

[1] Khazirah adalah daging yang dipotong kecil-kecil dan dituangi air yang banyak. Jika sudah matang, ditaburi tepung. 
[2] HR. Al-Bukhari nomor 424 dan 1186, Muslim nomor 1199, An-Nasa`i nomor 1326, 787, dan 843, Ibnu Majah nomor 754, Imam Ahmad (4/44 dan 5/449), Ibnu Hibban di dalam Shahihnya nomor 223, Abu Dawud Ath-Thayalisi di dalam Musnadnya nomor 1241, Al-Baihaqi di dalam Sunan Al-Kubra (3/53 dan 3/87, 88), Ath-Thabrani di dalam Al-Mu’jam Al-Kabir (18/48), dan Ibnu Sa’d di dalam Ath-Thabaqat Al-Kubra (5/330). 
[3] HR. Al-Bukhari nomor 667, An-Nasa`i nomor 787, Malik di dalam Al-Muwaththa` nomor 424, dan Ibnu Hibban di dalam Shahihnya nomor 1612.