Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 3648

٣٦٤٨ - حَدَّثَنِي إِبۡرَاهِيمُ بۡنُ الۡمُنۡذِرِ: حَدَّثَنَا ابۡنُ أَبِي الۡفُدَيۡكِ، عَنِ ابۡنِ أَبِي ذِئۡبٍ، عَنِ الۡمَقۡبُرِيِّ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: قُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، إِنِّي سَمِعۡتُ مِنۡكَ حَدِيثًا كَثِيرًا فَأَنۡسَاهُ، قَالَ: (ابۡسُطۡ رِدَاءَكَ) فَبَسَطۡتُ، فَغَرَفَ بِيَدِهِ فِيهِ، ثُمَّ قَالَ: (ضُمَّهُ). فَضَمَمۡتُهُ، فَمَا نَسِيتُ حَدِيثًا بَعۡدُ. [طرفه في: ١١٨]. 

3648. Ibrahim bin Al-Mundzir telah menceritakan kepadaku: Ibnu Abu Al-Fudaik menceritakan kepada kami dari Ibnu Abu Dzi`b, dari Al-Maqburi, dari Abu Hurairah—radhiyallahu ‘anhu—. Beliau mengatakan: 

Aku berkata, “Wahai Rasulullah, sungguh aku mendengar hadis yang banyak darimu, lalu aku melupakannya.” 

Rasulullah bersabda, “Bentangkan pakaian atasmu!” 

Aku membentangkannya, lalu beliau menciduk dengan tangannya lalu menuangkan ke dalamnya. 

Kemudian beliau bersabda, “Tangkupkan pakaianmu!” 

Aku pun menangkupkannya, lalu aku tidak melupakan satu hadis pun setelah itu.