Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 7354

٧٣٥٤ - حَدَّثَنَا عَلِيٌّ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ: حَدَّثَنِي الزُّهۡرِيُّ: أَنَّهُ سَمِعَهُ مِنَ الۡأَعۡرَجِ يَقُولُ: أَخۡبَرَنِي أَبُو هُرَيۡرَةَ قَالَ: إِنَّكُمۡ تَزۡعُمُونَ أَنَّ أَبَا هُرَيۡرَةَ يُكۡثِرُ الۡحَدِيثَ عَلَى رَسُولِ اللهِ ﷺ، وَاللهُ الۡمَوۡعِدُ، إِنِّي كُنۡتُ امۡرَأً مِسۡكِينًا، أَلۡزَمُ رَسُولَ اللهِ ﷺ عَلَى مِلۡءِ بَطۡنِي، وَكَانَ الۡمُهَاجِرُونَ يَشۡغَلُهُمُ الصَّفۡقُ بِالۡأَسۡوَاقِ، وَكَانَتِ الۡأَنۡصَارُ يَشۡغَلُهُمُ الۡقِيَامُ عَلَى أَمۡوَالِهِمۡ، فَشَهِدۡتُ مِنۡ رَسُولِ اللهِ ﷺ ذَاتَ يَوۡمٍ، وَقَالَ: (مَنۡ يَبۡسُطۡ رِدَاءَهُ حَتَّى أَقۡضِيَ مَقَالَتِي، ثُمَّ يَقۡبِضۡهُ، فَلَنۡ يَنۡسَى شَيۡئًا سَمِعَهُ مِنِّي). فَبَسَطۡتُ بُرۡدَةً كَانَتۡ عَلَىَّ، فَوَالَّذِي بَعَثَهُ بِالۡحَقِّ، مَا نَسِيتُ شَيۡئًا سَمِعۡتُهُ مِنۡهُ. [طرفه في: ١١٨]. 

7354. ‘Ali telah menceritakan kepada kami: Sufyan menceritakan kepada kami: Az-Zuhri menceritakan kepadaku bahwa beliau mendengarnya dari Al-A’raj. Beliau berkata: Abu Hurairah mengabarkan kepadaku. Beliau mengatakan: 

Sesungguhnya kalian menyatakan bahwa Abu Hurairah terlalu banyak menyampaikan hadis atas nama Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—. Di sisi Allah nanti perhitungannya. Sesungguhnya dahulu aku adalah seorang yang miskin. Aku terus bersama Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—dengan seadanya isi perutku. Sedangkan dahulu orang-orang Muhajirin tersibukkan oleh jual beli di pasar-pasar dan orang-orang Ansar tersibukkan mengurusi ladang mereka. 

Lalu aku menyaksikan Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—pada suatu hari beliau bersabda, “Siapa saja yang membentangkan pakaian atasnya hingga aku menyelesaikan ucapanku kemudian dia menangkupkannya, maka dia tidak akan melupakan sedikit saja yang dia dengan dariku.” 

Aku membentangkan selembar burdah yang tadinya kupakai. Demi Allah yang telah mengutus beliau dengan kebenaran, aku tidak melupakan sedikitpun yang aku dengar dari beliau.