Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 2119

٢١١٩ - حَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ: حَدَّثَنَا جَرِيرٌ، عَنِ الۡأَعۡمَشِ، عَنۡ أَبِي صَالِحٍ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (صَلَاةُ أَحَدِكُمۡ فِي جَمَاعَةٍ، تَزِيدُ عَلَى صَلَاتِهِ فِي سُوقِهِ وَبَيۡتِهِ بِضۡعًا وَعِشۡرِينَ دَرَجَةً، وَذٰلِكَ بِأَنَّهُ إِذَا تَوَضَّأَ فَأَحۡسَنَ الۡوُضُوءَ، ثُمَّ أَتَى الۡمَسۡجِدَ لَا يُرِيدُ إِلَّا الصَّلَاةَ، لَا يَنۡهَزُهُ إِلَّا الصَّلَاةُ، لَمۡ يَخۡطُ خَطۡوَةً إِلَّا رُفِعَ بِهَا دَرَجَةً، أَوۡ حُطَّتۡ عَنۡهُ بِهَا خَطِيئَةٌ، وَالۡمَلَائِكَةُ تُصَلِّي عَلَى أَحَدِكُمۡ مَا دَامَ فِي مُصَلَّاهُ الَّذِي يُصَلِّي فِيهِ: اللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَيۡهِ، اللّٰهُمَّ ارۡحَمۡهُ، مَا لَمۡ يُحۡدِثۡ فِيهِ، مَا لَمۡ يُؤۡذِ فِيهِ)، وَقَالَ: (أَحَدُكُمۡ فِي صَلَاةٍ مَا كَانَتِ الصَّلَاةُ تَحۡبِسُهُ). [طرفه في: ١٧٦]. 

2119. Qutaibah telah menceritakan kepada kami: Jarir menceritakan kepada kami dari Al-A’masy, dari Abu Shalih, dari Abu Hurairah—radhiyallahu ‘anhu—. Beliau mengatakan: 

Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Salat salah seorang kalian dalam sebuah jemaah mengungguli salat salatnya di pasarnya dan rumahnya sebanyak dua puluh sekian derajat. Hal itu karena ketika dia berwudu dengan baik, lalu datang ke masjid—dia tidak ingin melakukan apa-apa kecuali salat, tidak ada yang mendorongnya kecuali salat—, maka tidaklah dia melangkah satu langkah kecuali derajatnya akan diangkat atau kesalahannya akan dihapus dengan langkahnya itu. Para malaikat mendoakan salah seorang kalian selama dia berada di tempat salatnya, ‘Ya Allah, selawatilah dia (pujilah dia di hadapan malaikat). Ya Allah, rahmatilah dia,” selama dia belum berhadas, selama dia tidak mengganggu di situ.” 

Rasulullah juga bersabda, “Salah seorang kalian (terhitung) dalam salat selama salat itu menahannya tetap berada di situ.”