Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 176

٣٥ - بَابُ مَنۡ لَمۡ يَرَ الۡوُضُوءَ إِلَّا مِنَ الۡمَخۡرَجَيۡنِ: الۡقُبُلِ وَالدُّبُرِ: لِقَوۡلِهِ تَعَالَى: ﴿أَوۡ جَاءَ أَحَدٌ مِنۡكُمۡ مِنَ الۡغَائِطِ﴾ [المائدة: ٦]
35. Bab barang siapa tidak berpendapat wudu kecuali karena sesuatu yang keluar dari dua jalan keluar, yaitu kubul dan dubur, berdasarkan firman Allah taala yang artinya, “Atau salah seorang dari kalian kembali dari tempat buang air. (QS. Al-Ma`idah: 6)”


وَقَالَ عَطَاءٌ - فِيمَنۡ يَخۡرُجُ مِنۡ دُبُرِهِ الدُّودُ، أَوۡ مِنۡ ذَكَرِهِ نَحۡوُ الۡقَمۡلَةِ -: يُعِيدُ الۡوُضُوءَ. 

‘Atha` berkata tentang orang yang ulat keluar dari duburnya atau kutu keluar dari zakarnya, “Dia mengulangi wudu.” 

وَقَالَ جَابِرُ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ: إِذَا ضَحِكَ فِي الصَّلَاةِ أَعَادَ الصَّلَاةَ وَلَمۡ يُعِدِ الۡوُضُوءَ. 

Jabir bin ‘Abdullah berkata, “Apabila dia tertawa ketika salat, maka dia mengulangi salat namun tidak mengulangi wudu.” 

وَقَالَ الۡحَسَنُ: إِنۡ أَخَذَ مِنۡ شَعَرِهِ وَأَظۡفَارِهِ، أَوۡ خَلَعَ خُفَّيۡهِ فَلَا وُضُوءَ عَلَيۡهِ. 

Al-Hasan berkata, “Apabila dia mengambil sebagian rambut dan kukunya, atau melepas sepasang sepatunya, maka dia tidak wajib wudu.” 

وَقَالَ أَبُو هُرَيۡرَةَ: لَا وُضُوءَ إِلَّا مِنۡ حَدَثٍ. 

Abu Hurairah berkata, “Tidak wudu kecuali dari hadas.” 

وَيُذۡكَرُ عَنۡ جَابِرٍ: أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ كَانَ فِي غَزۡوَةِ ذَاتِ الرِّقَاعِ، فَرُمِيَ رَجُلٌ بِسَهۡمٍ، فَنَزَفَهُ الدَّمُ، فَرَكَعَ وَسَجَدَ وَمَضَى فِي صَلَاتِهِ. 

Disebutkan dari Jabir bahwa Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—dahulu ketika perang Dzat Ar-Riqa’, lalu ada seseorang dipanah sehingga darah mengucur, lalu orang itu tetap rukuk, sujud, dan melanjutkan salatnya. 

وَقَالَ الۡحَسَنُ: مَا زَالَ الۡمُسۡلِمُونَ يُصَلُّونَ فِي جِرَاحَاتِهِمۡ. 

Al-Hasan berkata, “Kaum muslimin senantiasa salat dengan luka-luka mereka.” 

وَقَالَ طَاوُسٌ، وَمُحَمَّدُ بۡنُ عَلِيٍّ، وَعَطَاءٌ، وَأَهۡلُ الۡحِجَازِ: لَيۡسَ فِي الدَّمِ وُضُوءٌ. 

Thawus, Muhammad bin ‘Ali, ‘Atha`, dan ulama Hijaz berkata, “Tidak ada kewajiban wudu ketika berdarah.” 

وَعَصَرَ ابۡنُ عُمَرَ بَثۡرَةً، فَخَرَجَ مِنۡهَا الدَّمُ وَلَمۡ يَتَوَضَّأۡ. 

Ibnu ‘Umar memencet jerawat sehingga darah keluar darinya lalu beliau tidak mengulangi wudu. 

وَبَزَقَ ابۡنُ أَبِي أَوۡفَى دَمًا فَمَضَى فِي صَلَاتِهِ. 

Ibnu Abu Aufa meludahkan darah lalu beliau melanjutkan salatnya. 

وَقَالَ ابۡنُ عُمَرَ وَالۡحَسَنُ فِيمَنۡ يَحۡتَجِمُ: لَيۡسَ عَلَيۡهِ إِلَّا غَسۡلُ مَحَاجِمِهِ. 

Ibnu ‘Umar dan Al-Hasan berkata tentang orang yang berbekam, “Dia tidak wajib melakukan apa-apa kecuali membasuh tempat yang dibekam.” 

١٧٦ - حَدَّثَنَا آدَمُ بۡنُ أَبِي إِيَاسٍ قَالَ: حَدَّثَنَا ابۡنُ أَبِي ذِئۡبٍ عَنۡ سَعِيدٍ الۡمَقۡبُرِيِّ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ ﷺ: (لَا يَزَالُ الۡعَبۡدُ فِي صَلَاةٍ مَا كَانَ فِي الۡمَسۡجِدِ يَنۡتَظِرُ الصَّلَاةَ، مَا لَمۡ يُحۡدِثۡ)، فَقَالَ رَجُلٌ أَعۡجَمِيٌّ: مَا الۡحَدَثُ يَا أَبَا هُرَيۡرَةَ؟ قَالَ: الصَّوۡتُ، يَعۡنِي الضَّرۡطَةَ‏.‏ [الحديث ١٧٦ – أطرافه في: ٤٤٥، ٤٧٧، ٦٤٧، ٦٤٨، ٦٥٩، ٢١١٩، ٣٢٢٩، ٤٧١٧]. 

176. Adam bin Abu Iyas telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Ibnu Abu Dzi`b menceritakan kepada kami dari Sa’id Al-Maqburi, dari Abu Hurairah. Beliau mengatakan: Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Seorang hamba senantiasa terhitung dalam keadaan salat selama dia di dalam masjid menunggu salat, selama belum berhadas.” 

Seorang non-Arab bertanya, “Apakah hadas itu wahai Abu Hurairah?” 

Abu Hurairah menjawab, “Suara kentut.”