Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 5404 dan 5405

١٩ - بَابُ النَّهۡسِ وَانۡتِشَالِ اللَّحۡمِ
19. Bab menggigit daging dan mengeluarkan daging (dari periuk) sebelum matang


٥٤٠٤ - حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ عَبۡدِ الۡوَهَّابِ: حَدَّثَنَا حَمَّادٌ: حَدَّثَنَا أَيُّوبُ، عَنۡ مُحَمَّدٍ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا قَالَ: تَعَرَّقَ رَسُولُ اللهِ ﷺ كَتِفًا، ثُمَّ قَامَ فَصَلَّى، وَلَمۡ يَتَوَضَّأۡ. [طرفه في: ٢٠٧]. 

5404. ‘Abdullah bin ‘Abdul Wahhab telah menceritakan kepada kami: Hammad menceritakan kepada kami: Ayyub menceritakan kepada kami dari Muhammad, dari Ibnu ‘Abbas—radhiyallahu ‘anhuma—. Beliau mengatakan: Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—menggigit daging bahu kambing, kemudian beliau bangkit salat dan beliau tidak berwudu lagi. 

٥٤٠٥ - وَعَنۡ أَيُّوبَ وَعَاصِمٍ، عَنۡ عِكۡرِمَةَ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: انۡتَشَلَ النَّبِيُّ ﷺ عَرۡقًا مِنۡ قِدۡرٍ، فَأَكَلَ ثُمَّ صَلَّى، وَلَمۡ يَتَوَضَّأۡ. [طرفه في: ٢٠٧]. 

5405. Dari Ayyub dan ‘Ashim, dari ‘Ikrimah, dari Ibnu ‘Abbas. Beliau mengatakan: Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—mengeluarkan tulang kambing yang ada tetelannya dari periuk sebelum matang, lalu beliau memakannya. Kemudian beliau salat dan tidak berwudu lagi.