Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 6052

٤٦ - بَابُ الۡغِيبَةِ
46. Bab gibah


وَقَوۡلِ اللهِ تَعَالَى: ﴿وَلَا تَجَسَّسُوا۟ وَلَا يَغۡتَب بَّعۡضُكُم بَعۡضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمۡ أَن يَأۡكُلَ لَحۡمَ أَخِيهِ مَيۡتًا فَكَرِهۡتُمُوهُ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ تَوَّابٌ رَّحِيمٌ﴾ [الحجرات: ١٢]. 

Dan firman Allah taala, “Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjing satu sama lain. Adakah seorang di antara kalian yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kalian merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Hujurat: 12). 

٦٠٥٢ - حَدَّثَنَا يَحۡيَى: حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، عَنِ الۡأَعۡمَشِ قَالَ: سَمِعۡتُ مُجَاهِدًا يُحَدِّثُ عَنۡ طَاوُسٍ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا قَالَ: مَرَّ رَسُولُ اللهِ ﷺ عَلَى قَبۡرَيۡنِ، فَقَالَ: (إِنَّهُمَا لَيُعَذَّبَانِ، وَمَا يُعَذَّبَانِ فِي كَبِيرٍ، أَمَّا هَٰذَا: فَكَانَ لَا يَسۡتَتِرُ مِنۡ بَوۡلِهِ، وَأَمَّا هَٰذَا: فَكَانَ يَمۡشِي بِالنَّمِيمَةِ). ثُمَّ دَعَا بِعَسِيبٍ رَطۡبٍ فَشَقَّهُ بِاثۡنَيۡنِ، فَغَرَسَ عَلَى هَٰذَا وَاحِدًا، وَعَلَى هَٰذَا وَاحِدًا، ثُمَّ قَالَ: (لَعَلَّهُ يُخَفَّفُ عَنۡهُمَا مَا لَمۡ يَيۡبَسَا). [طرفه في: ٢١٦]. 

6052. Yahya telah menceritakan kepada kami: Waki’ menceritakan kepada kami dari Al-A’masy. Beliau berkata: Aku mendengar Mujahid menceritakan dari Thawus, dari Ibnu ‘Abbas—radhiyallahu ‘anhuma—. Beliau mengatakan: 

Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—melewati dua kuburan lantas bersabda, “Sungguh kedua penghuni kubur ini benar-benar sedang diazab. Mereka berdua tidak diazab karena perkara yang besar (untuk dihindari). Adapun yang ini, dahulu dia tidak bertabir ketika kencing. Sedangkan yang ini, dahulu dia senang mengadu domba.” 

Kemudian beliau minta sebatang pelepah kurma yang masih basah lalu membelahnya jadi dua. Beliau menancapkan satu di atas kuburan yang ini dan satu lagi di atas kuburan yang ini. Kemudian beliau bersabda, “Semoga azab keduanya diringankan selama dua pelepah ini belum kering.”