Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 1889

١٨٨٩ - حَدَّثَنَا عُبَيۡدُ بۡنُ إِسۡمَاعِيلَ: حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ، عَنۡ هِشَامٍ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا قَالَتۡ: 

1889. ‘Ubaid bin Isma’il telah menceritakan kepada kami: Abu Usamah menceritakan kepada kami dari Hisyam, dari ayahnya, dari ‘Aisyah—radhiyallahu ‘anha—. Beliau mengatakan: 

لَمَّا قَدِمَ رَسُولُ اللهِ ﷺ الۡمَدِينَةَ وُعِكَ أَبُو بَكۡرٍ وَبِلَالٌ، فَكَانَ أَبُو بَكۡرٍ إِذَا أَخَذَتۡهُ الۡحُمَّى يَقُولُ: 

كُلُّ امۡرِىءٍ مُصَبَّحٌ فِي أَهۡلِهِ وَالۡمَوۡتُ أَدۡنَى مِنۡ شِرَاكِ نَعۡلِهِ 

Ketika Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—tiba di Madinah, Abu Bakr dan Bilal ditimpa demam. Dahulu, Abu Bakr apabila mengalami demam, beliau berkata, “Setiap orang menikmati minuman pagi bersama keluarganya, padahal kematian lebih dekat daripada tali sandalnya.” 

وَكَانَ بِلَالٌ إِذَا أُقۡلِعَ عَنۡهُ الۡحُمَّى يَرۡفَعُ عَقِيرَتَهُ يَقُولُ: 

أَلَا لَيۡتَ شِعۡرِي هَلۡ أَبِيتَنَّ لَيۡلَةً بِوَادٍ وَحَوۡلِي إِذۡخِرٌ وَجَلِيلُ 

وَهَلۡ أَرِدَنۡ يَوۡمًا مِيَاهَ مَجَنَّةٍ وَهَلۡ يَبۡدُوَنۡ لِي شَامَةٌ وَطَفِيلُ 

وَقَالَ: اللَّهُمَّ الۡعَنۡ شَيۡبَةَ بۡنَ رَبِيعَةَ، وَعُتۡبَةَ بۡنَ رَبِيعَةَ، وَأُمَيَّةَ بۡنَ خَلَفٍ، كَمَا أَخۡرَجُونَا مِنۡ أَرۡضِنَا إِلَى أَرۡضِ الۡوَبَاءِ. 

Adapun Bilal apabila tertahan oleh demam, beliau mengangkat suara sembari berkata, “Duhai, andai aku tahu apakah aku akan bisa menginap satu malam di suatu lembah dalam keadaan di sekitarku ada tumbuhan idzkhir dan jalil? Apakah suatu hari nanti aku bisa mendatangi mata air Majannah dan apakah gunung Syamah dan Thafil akan tampak olehku?” 

Bilal juga berkata, “Ya Allah, laknatlah Syaibah bin Rabi’ah, ‘Utbah bin Rabi’ah, dan Umayyah bin Khalaf, sebagaimana mereka telah mengeluarkan kami dari tanah air kami ke negeri wabah.” 

ثُمَّ قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (اللَّهُمَّ حَبِّبۡ إِلَيۡنَا الۡمَدِينَةَ كَحُبِّنَا مَكَّةَ أَوۡ أَشَدَّ، اللَّهُمَّ بَارِكۡ لَنَا فِي صَاعِنَا وَفِي مُدِّنَا، وَصَحِّحۡهَا لَنَا، وَانۡقُلۡ حُمَّاهَا إِلَى الۡجُحۡفَةِ). قَالَتۡ: وَقَدِمۡنَا الۡمَدِينَةَ وَهِيَ أَوۡبَأُ أَرۡضِ اللهِ، قَالَتۡ: فَكَانَ بُطۡحَانُ يَجۡرِي نَجۡلًا، تَعۡنِي مَاءً آجِنًا. [الحديث ١٨٨٩ – أطرافه في: ٣٩٢٦، ٥٦٥٤، ٥٦٧٧، ٦٣٧٢]. 

Kemudian Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Ya Allah, buatlah kami mencintai Madinah seperti kecintaan kami kepada Makkah atau lebih dari itu! Ya Allah, berkahi kami pada takaran sha’ dan mud kami; sehatkan lingkungan Madinah untuk kami dan pindahkan demam Madinah ke Juhfah!” 

‘Aisyah berkata: Kami tiba di Madinah dalam keadaan Madinah saat itu merupakan bumi Allah yang paling banyak dan paling parah wabahnya. 

‘Aisyah juga berkata: Dahulu, wadi Buthhan mengalirkan air yang tercemar.