Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 5654

٨ - بَابُ عِيَادَةِ النِّسَاءِ الرِّجَالَ
8. Bab wanita menjenguk pria


وَعَادَتۡ أُمُّ الدَّرۡدَاءِ رَجُلًا مِنۡ أَهۡلِ الۡمَسۡجِدِ، مِنَ الۡأَنۡصَارِ. 

Ummu Ad-Darda` menjenguk seorang lelaki ansar yang termasuk orang yang memakmurkan masjid. 

٥٦٥٤ - حَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ، عَنۡ مَالِكٍ، عَنۡ هِشَامِ بۡنِ عُرۡوَةَ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ عَائِشَةَ أَنَّهَا قَالَتۡ: لَمَّا قَدِمَ رَسُولُ اللهِ ﷺ الۡمَدِينَةَ، وُعِكَ أَبُو بَكۡرٍ وَبِلَالٌ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا، قَالَتۡ: فَدَخَلۡتُ عَلَيۡهِمَا، قُلۡتُ: يَا أَبَتِ كَيۡفَ تَجِدُكَ؟ وَيَا بِلَالُ كَيۡفَ تَجِدُكَ؟ قَالَتۡ: وَكَانَ أَبُو بَكۡرٍ إِذَا أَخَذَتۡهُ الۡحُمَّى يَقُولُ: 

كُلُّ امۡرِىءٍ مُصَبَّحٌ فِي أَهۡلِهِ         وَالۡمَوۡتُ أَدۡنَى مِنۡ شِرَاكِ نَعۡلِهِ 

وَكَانَ بِلَالٌ إِذَا أَقۡلَعَتۡ عَنۡهُ يَقُولُ: 

أَلَا لَيۡتَ شِعۡرِي هَلۡ أَبِيتَنَّ لَيۡلَةً     بَوَادٍ وَحَوۡلِي إِذۡخِرٌ وَجَلِيلُ 

وَهَلۡ أَرِدَنۡ يَوۡمًا مِيَاهَ مِجَنَّةٍ         وَهَلۡ تَبۡدُوَنۡ لِي شَامَةٌ وَطَفِيلُ 

قَالَتۡ عَائِشَةُ: فَجِئۡتُ إِلَى رَسُولِ اللهِ ﷺ فَأَخۡبَرۡتُهُ، فَقَالَ: (اللّٰهُمَّ حَبِّبۡ إِلَيۡنَا الۡمَدِينَةَ كَحُبِّنَا مَكَّةَ أَوۡ أَشَدَّ، اللّٰهُمَّ وَصَحِّحۡهَا، وَبَارِكۡ لَنَا فِي مُدِّهَا وَصَاعِهَا، وَانۡقُلۡ حُمَّاهَا فَاجۡعَلۡهَا بِالۡجُحۡفَةِ). 

[طرفه في: ١٨٨٩]. 

5654. Qutaibah telah menceritakan kepada kami dari Malik, dari Hisyam bin ‘Urwah, dari ayahnya, dari ‘Aisyah; Bahwa beliau mengatakan: 

Ketika Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—tiba di Madinah, Abu Bakr dan Bilal—radhiyallahu ‘anhuma—terkena penyakit. ‘Aisyah mengatakan: Aku masuk ke tempat keduanya lalu bertanya, “Wahai ayahanda, bagaimana keadaanmu? Wahai Bilal, bagaimana keadaanmu?” 

‘Aisyah berkata: Dahulu, apabila Abu Bakr mengalami demam, beliau bersyair, “Setiap orang menyantap hidangan pagi di tengah keluarganya, padahal kematian lebih dekat daripada tali sandalnya.” 

Adapun Bilal, apabila tertahan (penyakitnya) beliau bersyair, “Duhai, andai aku tahu apakah aku akan bisa menginap satu malam di suatu wadi dengan tanaman idzkhir dan jalil ada di sekelilingku? Apakah suatu hari aku bisa mendatangi air mata Mijannah? Apakah gunung Syamah dan Thafil akan tampak olehku?” 

‘Aisyah mengatakan: Aku datang menemui Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—lalu mengabarkannya kepada beliau. Beliau berdoa, “Ya Allah, buatlah kami mencintai Madinah seperti kecintaan kami kepada Makkah atau lebih dari itu! Ya Allah, sehatkanlah lingkungan Madinah dan berkahilah kami dalam mud dan sha’ Madinah! Angkat demamnya dan pindahkan ke Juhfah (tempat tinggal Yahudi waktu itu)!”