Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 5966

١٠٠ - بَابُ حَمۡلِ صَاحِبِ الدَّابَّةِ غَيۡرَهُ بَيۡنَ يَدَيۡهِ
100. Bab pemilik tunggangan memboncengkan orang lain di depannya


وَقَالَ بَعۡضُهُمۡ: صَاحِبُ الدَّابَّةِ أَحَقُّ بِصَدۡرِ الدَّابَّةِ، إِلَّا أَنۡ يَأۡذَنَ لَهُ. 

Sebagian mereka berkata: Pemilik tunggangan lebih berhak menempati bagian depan tunggangan kecuali kalau dia mengizinkannya (untuk orang lain). 

٥٩٦٦ - حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بۡنُ بَشَّارٍ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الۡوَهَّابِ: حَدَّثَنَا أَيُّوبُ: ذُكِرَ الۡأَشَرُّ الثَّلَاثَةُ عِنۡدَ عِكۡرِمَةَ فَقَالَ: قَالَ ابۡنُ عَبَّاسٍ: أَتَى رَسُولُ اللهِ ﷺ وَقَدۡ حَمَلَ قُثَمَ بَيۡنَ يَدَيۡهِ، وَالۡفَضۡلَ خَلۡفَهُ، أَوۡ قُثَمَ خَلۡفَهُ، وَالۡفَضۡلَ بَيۡنَ يَدَيۡهِ، فَأَيُّهُمۡ شَرٌّ، أَوۡ أَيُّهُمۡ خَيۡرٌ؟. [طرفه في: ١٧٩٨]. 

5966. Muhammad bin Basysyar telah menceritakan kepadaku: ‘Abdul Wahhab menceritakan kepada kami: Ayyub menceritakan kepada kami: Disebutkan tentang yang paling jelek dari tiga orang (karena menaiki seekor tunggangan) di dekat ‘Ikrimah. Beliau berkata: Ibnu ‘Abbas mengatakan: Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—datang (ke Makkah) dalam keadaan memboncengkan Qutsam di depan dan Al-Fadhl di belakang beliau. Atau Qutsam di belakang dan Al-Fadhl di depan beliau. Lalu siapa dari mereka yang lebih jelek atau siapa dari mereka yang lebih baik?!