Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 266

٦١ – (٢٦٦) - حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ مَسۡلَمَةَ بۡنِ قَعۡنَبٍ: حَدَّثَنَا سُلَيۡمَانُ - يَعۡنِي ابۡنَ بِلَالٍ -، عَنۡ يَحۡيَىٰ بۡنِ سَعِيدٍ؛ عَنۡ مُحَمَّدِ بۡنِ يَحۡيَىٰ، عَنۡ عَمِّهِ وَاسِعِ بۡنِ حَبَّانَ؛ قَالَ: كُنۡتُ أُصَلِّي فِي الۡمَسۡجِدِ وَعَبۡدُ اللهِ بۡنُ عُمَرَ مُسۡنِدٌ ظَهۡرَهُ إِلَى الۡقِبۡلَةِ، فَلَمَّا قَضَيۡتُ صَلَاتِي انۡصَرَفۡتُ إِلَيۡهِ مِنۡ شِقِّي. فَقَالَ عَبۡدُ اللهِ: يَقُولُ نَاسٌ: إِذَا قَعَدۡتَ لِلۡحَاجَةِ تَكُونُ لَكَ، فَلَا تَقۡعُدۡ مُسۡتَقۡبِلَ الۡقِبۡلَةِ وَلَا بَيۡتِ الۡمَقۡدِسِ. قَالَ عَبۡدُ اللهِ: وَلَقَدۡ رَقِيتُ عَلَى ظَهۡرِ بَيۡتٍ، فَرَأَيۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَاعِدًا عَلَى لَبِنَتَيۡنِ مُسۡتَقۡبِلًا بَيۡتَ الۡمَقۡدِسِ، لِحَاجَتِهِ. 

61. (266). ‘Abdullah bin Maslamah bin Qa’nab elah menceritakan kepada kami: Sulaiman bin Bilal menceritakan kepada kami dari Yahya bin Sa’id, dari Muhammad bin Yahya, dari pamannya—Wasi’ bin Habban—. Beliau berkata: Aku pernah salat di dalam masjid sedangkan ‘Abdullah bin ‘Umar menyandarkan punggungnya ke kiblat. Ketika aku sudah menyelesaikan salatku, aku beranjak menuju tempatnya dari sampingku. ‘Abdullah berkata: Ada orang mengatakan: Apabila engkau duduk untuk membuang hajatmu, janganlah duduk menghadap kiblat dan jangan pula menghadap Baitulmaqdis. ‘Abdullah berkata: Sungguh aku pernah naik ke atap suatu rumah, lalu aku melihat Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—sedang duduk buang hajat di atas dua bata menghadap ke Baitulmaqdis. 

٦٢ – (...) - حَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ بِشۡرٍ الۡعَبۡدِيُّ: حَدَّثَنَا عُبَيۡدُ اللهِ بۡنُ عُمَرَ، عَنۡ مُحَمَّدِ بۡنِ يَحۡيَىٰ بۡنِ حَبَّانَ، عَنۡ عَمِّهِ وَاسِعِ بۡنِ حَبَّانَ، عَنِ ابۡنِ عُمَرَ؛ قَالَ: رَقِيتُ عَلَى بَيۡتِ أُخۡتِي حَفۡصَةَ، فَرَأَيۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَاعِدًا لِحَاجَتِهِ، مُسۡتَقۡبِلَ الشَّامِ مُسۡتَدۡبِرَ الۡقِبۡلَةِ. 

62. Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami: Muhammad bin Bisyr Al-‘Abdi menceritakan kepada kami: ‘Ubaidullah bin ‘Umar menceritakan kepada kami dari Muhammad bin Yahya bin Habban, dari pamannya—Wasi’ bin Habban—, dari Ibnu ‘Umar. Beliau mengatakan: Aku naik ke atas rumah saudara perempuanku Hafshah. Aku melihat Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—sedang duduk buang hajat menghadap Syam, membelakangi kiblat.