Cari Blog Ini

Musnad Ahmad hadis nomor 20281

٢٠٢٨١ (٢٠٠٢٨) – حَدَّثَنَا يَزِيدُ، حَدَّثَنَا بَهۡزُ بۡنُ حَكِيمِ بۡنِ مُعَاوِيَةَ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ جَدِّهِ. قَالَ: قُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، مَنۡ أَبَرُّ؟ قَالَ: أُمَّكَ، قُلۡتُ: ثُمَّ مَنۡ؟ قَالَ: ثُمَّ أُمَّكَ، قَالَ: قُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، ثُمَّ مَنۡ؟ قَالَ: أُمَّكَ، قَالَ: قُلۡتُ: ثُمَّ مَنۡ؟ قَالَ: ثُمَّ أَبَاكَ، ثُمَّ الۡأَقۡرَبَ فَالۡأَقۡرَبَ. [صححه الحاكم (٤/١٥٠). وقد حسنه الترمذي. قال الألباني: حسن (أبو داود: ٥١٣٩، الترمذي: ١٨٩٧)]. [انظر: ٢٠٣٠٧].

20281. (20028). Yazid telah menceritakan kepada kami: Bahz bin Hakim bin Mu’awiyah menceritakan kepada kami dari ayahnya, dari kakeknya.

Beliau mengatakan: Aku bertanya, “Wahai Rasulullah, kepada siapa aku berbakti?”

Rasulullah menjawab, “Ibumu.”

Aku bertanya, “Kemudian siapa?”

Beliau menjawab, “Kemudian ibumu.”

Kakeknya Bahz berkata: Aku bertanya, “Wahai Rasulullah, kemudian siapa?”

Rasulullah menjawab, “Ibumu.”

Kakeknya Bahz berkata: Aku bertanya, “Kemudian siapa?”

Rasulullah menjawab, “Kemudian ayahmu. Kemudian kerabat yang paling terdekat dan seterusnya.”