Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 6387

٦٣٨٧ - حَدَّثَنَا أَبُو النُّعۡمَانِ: حَدَّثَنَا حَمَّادُ بۡنُ زَيۡدٍ، عَنۡ عَمۡرٍو، عَنۡ جَابِرٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: هَلَكَ أَبِي وَتَرَكَ سَبۡعَ أَوۡ تِسۡعَ بَنَاتٍ، فَتَزَوَّجۡتُ امۡرَأَةً، فَقَالَ النَّبِيُّ ﷺ: (تَزَوَّجۡتَ يَا جَابِرُ؟). قُلۡتُ: نَعَمۡ، قَالَ: (بِكۡرًا أَمۡ ثَيِّبًا؟). قُلۡتُ: ثَيِّبًا، قَالَ: (هَلَّا جَارِيَةً تُلَاعِبُهَا وَتُلَاعِبُكَ، أَوۡ تُضَاحِكُهَا وَتُضَاحِكُكَ؟). قُلۡتُ: هَلَكَ أَبِي فَتَرَكَ سَبۡعَ أَوۡ تِسۡعَ بَنَاتٍ، فَكَرِهۡتُ أَنۡ أَجِيئَهُنَّ بِمِثۡلِهِنَّ، فَتَزَوَّجۡتُ امۡرَأَةً تَقُومُ عَلَيۡهِنَّ، قَالَ: (فَبَارَكَ اللهُ عَلَيۡكَ). لَمۡ يَقُلِ ابۡنُ عُيَيۡنَةَ وَمُحَمَّدُ بۡنُ مُسۡلِمٍ، عَنۡ عَمۡرٍو: (بَارَكَ اللهُ عَلَيۡكَ). [طرفه في: ٤٤٣].

6387. Abu An-Nu’man telah menceritakan kepada kami: Hammad bin Zaid menceritakan kepada kami dari ‘Amr, dari Jabir—radhiyallahu ‘anhu—. Beliau mengatakan:

Ayahku wafat dan meninggalkan tujuh atau sembilan putri. Lalu aku menikahi seorang wanita.

Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bertanya, “Apa engkau sudah menikah, wahai Jabir?”

Aku menjawab, “Sudah.”

Nabi bertanya, “Dengan gadis atau janda?”

Aku menjawab, “Janda.”

Nabi berkata, “Mengapa tidak dengan gadis sehingga engkau bisa mencandainya dan dia bisa mencandaimu atau engkau bisa tertawa bersamanya dan dia bisa tertawa bersamamu?”

Aku berkata, “Ayahku wafat dan meninggalkan tujuh atau sembilan putri. Aku tidak suka untuk mendatangkan wanita yang semisal mereka, sehingga aku menikahi seorang wanita yang bisa mengurusi mereka.”

Nabi berkata, “Semoga Allah memberikan keberkahan kepadamu.”

Ibnu ‘Uyainah dan Muhammad bin Muslim, dari ‘Amr, tidak mengatakan, “Semoga Allah memberikan keberkahan kepadamu.”