Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 3672

٣٦٧٢ - حَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ بۡنُ سَعِيدٍ، عَنۡ مَالِكٍ، عَنۡ عَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ بۡنِ الۡقَاسِمِ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا أَنَّهَا قَالَتۡ: خَرَجۡنَا مَعَ رَسُولِ اللهِ ﷺ فِي بَعۡضِ أَسۡفَارِهِ، حَتَّى إِذَا كُنَّا بِالۡبَيۡدَاءِ، أَوۡ بِذَاتِ الۡجَيۡشِ، انۡقَطَعَ عِقۡدٌ لِي، فَأَقَامَ رَسُولُ اللهِ ﷺ عَلَى الۡتِمَاسِهِ، وَأَقَامَ النَّاسُ مَعَهُ، وَلَيۡسُوا عَلَى مَاءٍ، وَلَيۡسَ مَعَهُمۡ مَاءٌ، فَأَتَى النَّاسُ أَبَا بَكۡرٍ، فَقَالُوا: أَلَا تَرَى مَا صَنَعَتۡ عَائِشَةُ، أَقَامَتۡ بِرَسُولِ اللهِ ﷺ وَبِالنَّاسِ مَعَهُ، وَلَيۡسُوا عَلَى مَاءٍ، وَلَيۡسَ مَعَهُمۡ مَاءٌ، فَجَاءَ أَبُو بَكۡرٍ وَرَسُولُ اللهِ ﷺ وَاضِعٌ رَأۡسَهُ عَلَى فَخِذِي قَدۡ نَامَ، فَقَالَ: حَبَسۡتِ رَسُولَ اللهِ ﷺ وَالنَّاسَ، وَلَيۡسُوا عَلَى مَاءٍ، وَلَيۡسَ مَعَهُمۡ مَاءٌ، قَالَتۡ: فَعَاتَبَنِي، وَقَالَ مَا شَاءَ اللهُ أَنۡ يَقُولَ، وَجَعَلَ يَطۡعُنُنِي بِيَدِهِ فِي خَاصِرَتِي. فَلَا يَمۡنَعُنِي مِنَ التَّحَرُّكِ إِلَّا مَكَانُ رَسُولِ اللهِ ﷺ عَلَى فَخِذِي، فَنَامَ رَسُولُ اللهِ ﷺ حَتَّى أَصۡبَحَ عَلَى غَيۡرِ مَاءٍ، فَأَنۡزَلَ اللهُ آيَةَ التَّيَمُّمِ فَتَيَمَّمُوا، فَقَالَ أُسَيۡدُ بۡنُ الۡحُضَيۡرِ: مَا هِيَ بِأَوَّلِ بَرَكَتِكُمۡ يَا آلَ أَبِي بَكۡرٍ، فَقَالَتۡ عَائِشَةُ: فَبَعَثۡنَا الۡبَعِيرَ الَّذِي كُنۡتُ عَلَيۡهِ، فَوَجَدۡنَا الۡعِقۡدَ تَحۡتَهُ. [طرفه في: ٣٣٤].

3672. Qutaibah bin Sa’id telah menceritakan kepada kami dari Malik, dari ‘Abdurrahman bin Al-Qasim, dari ayahnya, dari ‘Aisyah—radhiyallahu ‘anha—bahwa beliau berkata:

Kami pernah keluar bersama Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—dalam salah satu safarnya. Hingga ketika kami berada di Al-Baida` atau Dzat Al-Jaisy, kalungku terputus. Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—berhenti dari safarnya untuk mencarinya. Begitu juga orang-orang berhenti dari safarnya bersama beliau dalam keadaan mereka di tempat yang tidak ada air dan tidak membawa air.

Lalu orang-orang mendatangi Abu Bakr seraya berkata, “Tidakkah engkau melihat apa yang diperbuat ‘Aisyah? Dia membuat Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—dan orang-orang menghentikan safarnya dalam keadaan di tempat yang tidak ada air dan mereka tidak membawa air.”

Abu Bakr datang ketika Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—sedang meletakkan kepalanya di atas pahaku dalam keadaan telah tertidur. Abu Bakr berkata, “Engkau telah menahan Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—dan kaum muslimin padahal mereka di tempat yang tidak ada air dan mereka tidak membawa air.”

‘Aisyah berkata: Abu Bakr memarahiku dan mengucapkan ucapan yang Allah kehendaki. Beliau menusukku dengan tangannya di bagian panggulku. Tidak ada yang mencegahku untuk bergerak kecuali keberadaan Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—di atas pahaku. Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—tidur hingga keesokan harinya tidak ada air. Lalu Allah menurunkan ayat tayamum sehingga merekapun bertayamum.

Usaid bin Al-Khudhair berkata, “Ini bukan keberkahan pertama kalian wahai keluarga Abu Bakr.”

‘Aisyah mengatakan: Kamipun melepas tali tambatan unta yang sebelumnya aku naiki, lalu kami dapati kalung itu ada di bawahnya.