Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 2409

٢٠ - بَابٌ الۡعَبۡدُ رَاعٍ فِي مَالِ سَيِّدِهِ وَلَا يَعۡمَلُ إِلَّا بِإِذۡنِهِ
20. Bab budak bertanggung jawab menjaga harta majikannya dan dia tidak boleh bekerja kecuali seizin majikannya


٢٤٠٩ - حَدَّثَنَا أَبُو الۡيَمَانِ: أَخۡبَرَنَا شُعَيۡبٌ، عَنِ الزُّهۡرِيِّ قَالَ: أَخۡبَرَنِي سَالِمُ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا: أَنَّهُ سَمِعَ رَسُولَ اللهِ ﷺ يَقُولُ: (كُلُّكُمۡ رَاعٍ وَمَسۡؤُولٌ عَنۡ رَعِيَّتِهِ، فَالۡإِمَامُ رَاعٍ وَهُوَ مَسۡؤُولٌ عَنۡ رَعِيَّتِهِ، وَالرَّجُلُ فِي أَهۡلِهِ رَاعٍ وَهُوَ مَسۡؤُولٌ عَنۡ رَعِيَّتِهِ، وَالۡمَرۡأَةُ فِي بَيۡتِ زَوۡجِهَا رَاعِيَةٌ وَهِيَ مَسۡؤُولَةٌ عَنۡ رَعِيَّتِهَا، وَالۡخَادِمُ فِي مَالِ سَيِّدِهِ رَاعٍ وَهُوَ مَسۡؤُولٌ عَنۡ رَعِيَّتِهِ). قَالَ: فَسَمِعۡتُ هَؤُلَاءِ مِنۡ رَسُولِ اللهِ ﷺ، وَأَحۡسِبُ النَّبِيَّ ﷺ قَالَ: (وَالرَّجُلُ فِي مَالِ أَبِيهِ رَاعٍ وَهُوَ مَسۡءُولٌ عَنۡ رَعِيَّتِهِ، فَكُلُّكُمۡ رَاعٍ وَكُلُّكُمۡ مَسۡءُولٌ عَنۡ رَعِيَّتِهِ). [طرفه في: ٨٩٣].

2409. Abu Al-Yaman telah menceritakan kepada kami: Syu’aib mengabarkan kepada kami dari Az-Zuhri. Beliau berkata: Salim bin ‘Abdullah mengabarkan kepadaku dari ‘Abdullah bin ‘Umar—radhiyallahu ‘anhuma—:

Beliau mendengar Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Setiap kalian adalah penanggung jawab dan akan ditanya tentang pertanggung jawabannya. Seorang kepala negara adalah penanggung jawab dan dia akan ditanya tentang rakyatnya. Seorang lelaki adalah penanggung jawab di keluarganya dan dia akan ditanya tentang orang-orang yang di bawah tanggung jawabnya. Seorang wanita adalah penanggung jawab di rumah suaminya dan dia akan ditanya tentang orang-orang yang ada di bawah tanggung jawabnya. Seorang pelayan adalah orang yang bertugas menjaga harta tuannya dan dia akan ditanya tentang pertanggungjawabannya.”

Ibnu ‘Umar berkata: Aku mendengar itu dari Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—dan aku mengira Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—mengatakan, “Seseorang juga bertugas menjaga harta ayahnya dan dia akan ditanya pertanggungjawabannya. Setiap kalian adalah penanggung jawab dan akan ditanya tentang pertanggung jawabannya.”