Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 2818

٢٢ - بَابٌ الۡجَنَّةُ تَحۡتَ بَارِقَةِ السُّيُوفِ
22. Bab janah di bawah kilatan pedang


وَقَالَ الۡمُغِيرَةُ بۡنُ شُعۡبَةَ: أَخۡبَرَنَا نَبِيُّنَا ﷺ، عَنۡ رِسَالَةِ رَبِّنَا: (مَنۡ قُتِلَ مِنَّا صَارَ إِلَى الۡجَنَّةِ).

Al-Mughirah bin Syu’bah berkata: Nabi kita—shallallahu ‘alaihi wa sallam—mengabarkan kepada kami dari risalah Tuhannya, “Siapa saja di antara kita yang terbunuh (dalam jihad di jalan Allah), dia akan ke janah.”

وَقَالَ عُمَرُ لِلنَّبِيِّ ﷺ: أَلَيۡسَ قَتۡلَانَا فِي الۡجَنَّةِ وَقَتۡلَاهُمۡ فِي النَّارِ؟ قَالَ: (بَلَى).

‘Umar bertanya kepada Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—, “Bukankah orang kita yang terbunuh di dalam janah dan orang mereka yang terbunuh di dalam neraka?”

Nabi menjawab, “Benar.”

٢٨١٨ - حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ مُحَمَّدٍ: حَدَّثَنَا مُعَاوِيَةُ بۡنُ عَمۡرٍو: حَدَّثَنَا أَبُو إِسۡحَاقَ، عَنۡ مُوسَى بۡنِ عُقۡبَةَ، عَنۡ سَالِمٍ أَبِي النَّضۡرِ مَوۡلَى عُمَرَ بۡنِ عُبَيۡدِ اللهِ، وَكَانَ كَاتِبَهُ، قَالَ: كَتَبَ إِلَيۡهِ عَبۡدُ اللهِ بۡنُ أَبِي أَوۡفَى رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا: إِنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَالَ: (وَاعۡلَمُوا أَنَّ الۡجَنَّةَ تَحۡتَ ظِلَالِ السُّيُوفِ).

تَابَعَهُ الۡأُوَيۡسِيُّ، عَنِ ابۡنِ أَبِي الزِّنَادِ، عَنۡ مُوسَى بۡنِ عُقۡبَةَ.

[الحديث ٢٨١٨ - أطرافه في: ٢٨٣٣، ٢٩٦٦، ٣٠٣٤، ٧٢٢٧].

2818. ‘Abdullah bin Muhammad telah menceritakan kepada kami: Mu’awiyah bin ‘Amr menceritakan kepada kami: Abu Ishaq menceritakan kepada kami dari Musa bin ‘Uqbah, dari Salim Abu An-Nadhr maula ‘Umar bin ‘Ubaidullah. Dahulu Salim adalah juru tulis ‘Umar. Salim berkata: ‘Abdullah bin Abu Aufa—radhiyallahu ‘anhuma—menulis surat kepada ‘Umar bahwa Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Ketahuilah bahwa janah di bawah naungan pedang!”

Al-Uwaisi mengiringi Mu’awiyah bin ‘Amr dari Ibnu Abu Az-Zinad, dari Musa bin ‘Uqbah.