Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 2819

٢٣ - بَابُ مَنۡ طَلَبَ الۡوَلَدَ لِلۡجِهَادِ
23. Bab barang siapa berusaha mendapatkan keturunan untuk berjihad


٢٨١٩ - وَقَالَ اللَّيۡثُ: حَدَّثَنِي جَعۡفَرُ بۡنُ رَبِيعَةَ، عَنۡ عَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ بۡنِ هُرۡمُزَ قَالَ: سَمِعۡتُ أَبَا هُرَيۡرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ، عَنۡ رَسُولِ اللهِ ﷺ قَالَ: (قَالَ سُلَيۡمَانُ بۡنُ دَاوُدَ عَلَيۡهِمَا السَّلَامُ: لَأَطُوفَنَّ اللَّيۡلَةَ عَلَى مِائَةِ امۡرَأَةٍ، أَوۡ تِسۡعٍ وَتِسۡعِينَ، كُلُّهُنَّ يَأۡتِي بِفَارِسٍ يُجَاهِدُ فِي سَبِيلِ اللهِ، فَقَالَ لَهُ صَاحِبُهُ: قُلۡ إِنۡ شَاءَ اللهُ، فَلَمۡ يَقُلۡ إِنۡ شَاءَ اللهُ، فَلَمۡ يَحۡمِلۡ مِنۡهُنَّ إِلَّا امۡرَأَةٌ وَاحِدَةٌ، جَاءَتۡ بِشِقِّ رَجُلٍ، وَالَّذِي نَفۡسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ، لَوۡ قَالَ: إِنۡ شَاءَ اللهُ، لَجَاهَدُوا فِي سَبِيلِ اللهِ فُرۡسَانًا أَجۡمَعُونَ).

[الحديث ٢٨١٩ - أطرافه في: ٣٤٢٤، ٥٢٤٢، ٦٦٢٩، ٦٧٢٠، ٧٤٦٩].

2819. Al-Laits berkata: Ja’far bin Rabi’ah menceritakan kepadaku dari ‘Abdurrahman bin Hurmuz. Beliau berkata: Aku mendengar Abu Hurairah—radhiyallahu ‘anhu—dari Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—. Beliau bersabda:

Sulaiman bin Dawud—‘alaihimas salam—berkata, “Aku malam ini sungguh akan berkeliling ke seratus atau sembilan puluh sembilan wanita, lalu mereka semuanya akan melahirkan penunggang kuda yang berjihad di jalan Allah.”

Sahabatnya berkata kepadanya, “Katakan: insya Allah!”

Namun beliau tidak mengucapkan insya Allah. Tidak ada di antara mereka yang hamil kecuali seorang wanita yang melahirkan separuh bayi laki-laki. Demi Allah yang jiwa Muhammad ada di tangan-Nya, andai beliau mengucapkan insya Allah, niscaya anak-anaknya semua akan berjihad di jalan Allah dengan menunggang kuda.