Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadis nomor 3042

١٦٧ - بَابُ مَنۡ قَالَ: خُذۡهَا وَأَنَا ابۡنُ فُلَانٍ
167. Bab barang siapa berkata, “Ambil ini! Aku adalah putra Polan.”


وَقَالَ سَلَمَةُ: خُذۡهَا وَأَنَا ابۡنُ الۡأَكۡوَعِ.

Salamah berkata, “Ambil ini! Aku adalah putra Al-Akwa’.”

٣٠٤٢ - حَدَّثَنَا عُبَيۡدُ اللهِ، عَنۡ إِسۡرَائِيلَ، عَنۡ أَبِي إِسۡحَاقَ قَالَ: سَأَلَ رَجُلٌ الۡبَرَاءَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ فَقَالَ: يَا أَبَا عُمَارَةَ، أَوَلَّيۡتُمۡ يَوۡمَ حُنَيۡنٍ؟ قَالَ الۡبَرَاءُ، وَأَنَا أَسۡمَعُ: أَمَّا رَسُولُ اللهِ ﷺ لَمۡ يُوَلِّ يَوۡمَئِذٍ، كَانَ أَبُو سُفۡيَانَ بۡنُ الۡحَارِثِ آخِذًا بِعِنَانِ بَغۡلَتِهِ، فَلَمَّا غَشِيَهُ الۡمُشۡرِكُونَ نَزَلَ، فَجَعَلَ يَقُولُ: (أَنَا النَّبِيُّ لَا كَذِبۡ، أَنَا ابۡنُ عَبۡدِ الۡمُطَّلِبۡ). قَالَ: فَمَا رُئِيَ مِنَ النَّاسِ يَوۡمَئِذٍ أَشَدُّ مِنۡهُ. [طرفه في: ٢٨٦٤].

3042. ‘Ubaidullah telah menceritakan kepada kami dari Isra`il, dari Abu Ishaq. Beliau berkata: Seseorang bertanya kepada Al-Bara`—radhiyallahu ‘anhu—, “Wahai Abu ‘Umarah, apakah kalian kabur pada hari perang Hunain?”

Al-Bara` menjawab dan aku mendengar: Adapun Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—tidak kabur pada hari itu. Waktu itu Abu Sufyan bin Al-Harits memegang tali kekang bagalnya. Ketika pasukan musyrikin mengepung beliau, beliau turun lalu berucap, “Aku adalah Nabi. Tidak dusta. Aku adalah putra ‘Abdul Muththalib.”

Al-Bara` berkata: Pada hari itu, tidak ada orang yang terlihat lebih hebat berperang daripada beliau.