Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadis nomor 3073

١٨٩ - بَابُ الۡغُلُولِ
189. Bab ghulul (khianat dalam ganimah)


وَقَوۡلِ اللهِ تَعَالَى: ﴿وَمَنۡ يَغۡلُلۡ يَأۡتِ بِمَا غَلَّ﴾ [آل عمران: ١٦١].

Firman Allah taala, “Barang siapa berkhianat dalam hal harta rampasan perang, dia akan datang membawa harta yang dikhianatkan...” (QS. Ali ‘Imran: 161).

٣٠٧٣ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ: حَدَّثَنَا يَحۡيَى، عَنۡ أَبِي حَيَّانَ قَالَ: حَدَّثَنِي أَبُو زُرۡعَةَ قَالَ: حَدَّثَنِي أَبُو هُرَيۡرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: قَامَ فِينَا النَّبِيُّ ﷺ فَذَكَرَ الۡغُلُولَ فَعَظَّمَهُ وَعَظَّمَ أَمۡرَهُ، قَالَ: (لَا أُلۡفِيَنَّ أَحَدَكُمۡ يَوۡمَ الۡقِيَامَةِ عَلَى رَقَبَتِهِ شَاةٌ لَهَا ثُغَاءٌ، عَلَى رَقَبَتِهِ فَرَسٌ لَهُ حَمۡحَمَةٌ، يَقُولُ: يَا رَسُولَ اللهِ أَغِثۡنِي، فَأَقُولُ: لَا أَمۡلِكُ لَكَ شَيۡئًا، قَدۡ أَبۡلَغۡتُكَ، وَعَلَى رَقَبَتِهِ بَعِيرٌ لَهُ رُغَاءٌ، يَقُولُ: يَا رَسُولَ اللهِ أَغِثۡنِي، فَأَقُولُ: لَا أَمۡلِكُ لَكَ شَيۡئًا قَدۡ أَبۡلَغۡتُكَ، وَعَلَى رَقَبَتِهِ صَامِتٌ فَيَقُولُ: يَا رَسُولَ اللهِ أَغِثۡنِي، فَأَقُولُ لَا أَمۡلِكُ لَكَ شَيۡئًا قَدۡ أَبۡلَغۡتُكَ، أَوۡ عَلَى رَقَبَتِهِ رِقَاعٌ تَخۡفِقُ، فَيَقُولُ: يَا رَسُولَ اللهِ أَغِثۡنِي، فَأَقُولُ: لَا أَمۡلِكُ لَكَ شَيۡئًا قَدۡ أَبۡلَغۡتُكَ). وَقَالَ أَيُّوبُ، عَنۡ أَبِي حَيَّانَ: (فَرَسٌ لَهُ حَمۡحَمَةٌ). [طرفه في: ١٤٠٢].

3073. Musaddad telah menceritakan kepada kami: Yahya menceritakan kepada kami dari Abu Hayyan. Beliau berkata: Abu Zur’ah menceritakan kepadaku. Beliau berkata: Abu Hurairah—radhiyallahu ‘anhu—menceritakan kepadaku. Beliau berkata: Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—berdiri di hadapan kami. Beliau menyebutkan perihal khianat dalam ganimah. Beliau menilainya sebagai dosa besar dan bahayanya besar. Beliau bersabda,

Jangan sampai aku menjumpai salah seorang kalian pada hari kiamat dalam keadaan dia memikul kambingnya mengembik di atas lehernya atau kudanya berdengus di atas lehernya. Dia berkata, “Wahai Rasulullah, tolong aku!”

Lalu aku berkata, “Aku sama sekali tidak bisa menolongmu. Aku sudah sampaikan padamu.”

Atau dia memikul untanya yang bersuara di atas lehernya. Dia berkata, “Wahai Rasulullah, tolonglah aku!”

Aku berkata, “Aku sama sekali tidak bisa menolongmu. Aku sudah sampaikan kepadamu.”

Atau dia memikul emas dan perak di atas lehernya. Dia berkata, “Wahai Rasulullah, tolonglah aku!”

Aku berkata, “Aku sama sekali tidak bisa menolongmu. Aku sudah sampaikan kepadamu.”

Atau di atas lehernya ada tumpukan pakaian yang mengkilap, lalu dia berkata, “Wahai Rasulullah, tolonglah aku!”

Aku berkata, “Aku sama sekali tidak bisa menolongmu. Aku sudah sampaikan kepadamu.”

Ayyub berkata dari Abu Hayyan, “Kuda yang berdengus.”