Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadis nomor 2736

١٨ - بَابُ مَا يَجُوزُ مِنَ الۡاِشۡتِرَاطِ وَالثُّنۡيَا فِي الۡإِقۡرَارِ، وَالشُّرُوطِ الَّتِي يَتَعَارَفُهَا النَّاسُ بَيۡنَهُمۡ، وَإِذَا قَالَ مِائَةٌ إِلَّا وَاحِدَةً أَوۡ ثِنۡتَيۡنِ
18. Bab pensyaratan dan pengecualian dalam penetapan yang dibolehkan; syarat-syarat yang sudah dikenal di antara manusia; serta apabila dia berkata, “Seratus kurang satu atau dua”


وَقَالَ ابۡنُ عَوۡنٍ عَنِ ابۡنِ سِيرِينَ: قَالَ رَجُلٌ لِكَرِيِّهِ: أَدۡخِلۡ رِكَابَكَ، فَإِنۡ لَمۡ أَرۡحَلۡ مَعَكَ يَوۡمَ كَذَا وَكَذَا، فَلَكَ مِائَةُ دِرۡهَمٍ، فَلَمۡ يَخۡرُجۡ، فَقَالَ شُرَيۡحٌ: مَنۡ شَرَطَ عَلَى نَفۡسِهِ طَائِعًا غَيۡرَ مُكۡرَهٍ فَهُوَ عَلَيۡهِ.

Ibnu ‘Aun berkata dari Ibnu Sirin: Seseorang berkata kepada orang yang diupahnya, “Masukkan hewan tungganganmu (ke pekaranganmu untuk persiapan bepergian)! Jika aku tidak jadi pergi bersamamu pada hari ini dan ini, engkau berhak mendapatkan seratus dirham,” lalu ternyata dia tidak jadi pergi keluar, maka Syuraih berkata, “Siapa saja yang mensyaratkan pada dirinya dalam keadaan sukarela tanpa paksaan, dia harus memenuhinya.”

وَقَالَ أَيُّوبُ: عَنِ ابۡنِ سِيرِينَ: إِنَّ رَجُلًا بَاعَ طَعَامًا، وَقَالَ: إِنۡ لَمۡ آتِكَ الۡأَرۡبِعَاءَ فَلَيۡسَ بَيۡنِي وَبَيۡنَكَ بَيۡعٌ، فَلَمۡ يَجِىءۡ، فَقَالَ شُرَيۡحٌ لِلۡمُشۡتَرِي: أَنۡتَ أَخۡلَفۡتَ، فَقَضَى عَلَيۡهِ.

Ayyub berkata: Dari Ibnu Sirin: Sesungguhnya ada seseorang yang menjual makanan. (Si pembeli) berkata, “Jika aku tidak datang kepadamu pada hari Rabu, berarti tidak ada jual beli antara aku denganmu,” lalu dia tidak datang, maka Syuraih berkata kepada pembeli, “Engkau sudah menyelisihi janji,” lalu beliau menetapkan (denda) atasnya.

٢٧٣٦ - حَدَّثَنَا أَبُو الۡيَمَانِ: أَخۡبَرَنَا شُعَيۡبٌ: حَدَّثَنَا أَبُو الزِّنَادِ، عَنِ الۡأَعۡرَجِ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَالَ: (إِنَّ لِلهِ تِسۡعَةً وَتِسۡعِينَ اسۡمًا، مِائَةً إِلَّا وَاحِدًا، مَنۡ أَحۡصَاهَا دَخَلَ الۡجَنَّةَ). [الحديث ٢٧٣٦ - طرفاه في: ٦٤١٠، ٧٣٩٢].

2736. Abu Al-Yaman telah menceritakan kepada kami: Syu’aib mengabarkan kepada kami: Abu Az-Zinad menceritakan kepada kami dari Al-A’raj, dari Abu Hurairah—radhiyallahu ‘anhu—: Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Sesungguhnya Allah memiliki sembilan puluh sembilan nama, seratus kurang satu. Barang siapa yang menghitungnya (menghafalkan dan mengamalkannya) niscaya akan masuk janah.”