Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadis nomor 3795 dan 3796

٩ - بَابُ دُعَاءِ النَّبِيِّ ﷺ: (أَصۡلِحِ الۡأَنۡصَارَ وَالۡمُهَاجِرَةَ)
9. Bab doa Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—, “Perbaikilah kaum Ansar dan Muhajirin”


٣٧٩٥ - حَدَّثَنَا آدَمُ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ: حَدَّثَنَا أَبُو إِيَاسٍ، عَنۡ أَنَسِ بۡنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: ‏ (لَا عَيۡشَ إِلَّا عَيۡشُ الۡآخِرَةِ، فَأَصۡلِحِ الۡأَنۡصَارَ وَالۡمُهَاجِرَةَ).

وَعَنۡ قَتَادَةَ، عَنۡ أَنَسٍ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ: مِثۡلَهُ. وَقَالَ: (فَاغۡفِرۡ لِلۡأَنۡصَارِ).

[طرفه في: ٢٨٣٤].

3795. Adam telah menceritakan kepada kami: Syu’bah menceritakan kepada kami: Abu Iyas menceritakan kepada kami dari Anas bin Malik—radhiyallahu ‘anhu—. Beliau mengatakan: Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Tidak ada kehidupan (yang hakiki) kecuali kehidupan akhirat. Perbaikilah kaum Ansar dan Muhajirin.”

Juga dari Qatadah, dari Anas, dari Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—semisal hadis tersebut. Beliau juga bersabda, “Ampunilah kaum Ansar.”

٣٧٩٦ - حَدَّثَنَا آدَمُ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ، عَنۡ حُمَيۡدٍ الطَّوِيلِ: سَمِعۡتُ أَنَسَ بۡنَ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: كَانَتِ الۡأَنۡصَارُ يَوۡمَ الۡخَنۡدَقِ تَقُولُ:

نَحۡنُ الَّذِينَ بَايَعُوا مُحَمَّدَا عَلَى الۡجِهَادِ مَا حَيِينَا أَبَدَا

فَأَجَابَهُمُ: (اللّٰهُمَّ لَا عَيۡشَ إِلَّا عَيۡشُ الۡآخِرَهۡ، فَأَكۡرِمِ الۡأَنۡصَارَ وَالۡمُهَاجِرَهۡ). [طرفه في: ٢٨٣٤].

3796. Adam telah menceritakan kepada kami: Syu’bah menceritakan kepada kami dari Humaid Ath-Thawil: Aku mendengar Anas bin Malik—radhiyallahu ‘anhu—mengatakan:

Dahulu pada hari khandaq (parit), orang-orang Ansar berkata, “Kami adalah orang-orang yang telah berbaiat kepada Muhammad untuk terus berjihad selama kami masih hidup.”

Lalu Nabi menyahut mereka, “Ya Allah, tidak ada kehidupan (yang hakiki) kecuali kehidupan akhirat, muliakanlah kaum Ansar dan Muhajirin.”