Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadis nomor 6367

٣٩ - بَابُ التَّعَوُّذِ مِنۡ فِتۡنَةِ الۡمَحۡيَا وَالۡمَمَاتِ
39. Bab berlindung dari ujian kehidupan dan kematian


٦٣٦٧ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ: حَدَّثَنَا الۡمُعۡتَمِرُ قَالَ: سَمِعۡتُ أَبِي قَالَ: سَمِعۡتُ أَنَسَ بۡنَ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ يَقُولُ: كَانَ نَبِيُّ اللهِ ﷺ يَقُولُ: (اللّٰهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الۡعَجۡزِ وَالۡكَسَلِ، وَالۡجُبۡنِ وَالۡهَرَمِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنۡ عَذَابِ الۡقَبۡرِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنۡ فِتۡنَةِ الۡمَحۡيَا وَالۡمَمَاتِ). [طرفه في: ٢٨٢٣].

6367. Musaddad telah menceritakan kepada kami: Al-Mu’tamir menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Aku mendengar ayahku. Beliau berkata: Aku mendengar Anas bin Malik—radhiyallahu ‘anhu—mengatakan: Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—dahulu biasa berdoa, “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, kemalasan, kekecutan, dan ketuarentaan. Aku berlindung kepada-Mu dari azab kubur. Aku berlindung kepada-Mu dari ujian kehidupan dan kematian.”