Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadis nomor 6134

٨٤ - بَابٌ حَقُّ الضَّيۡفِ
84. Bab hak tamu


٦١٣٤ - حَدَّثَنَا إِسۡحَاقُ بۡنُ مَنۡصُورٍ: حَدَّثَنَا رَوۡحُ بۡنُ عُبَادَةَ: حَدَّثَنَا حُسَيۡنٌ، عَنۡ يَحۡيَى بۡنِ أَبِي كَثِيرٍ، عَنۡ أَبِي سَلَمَةَ بۡنِ عَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عَمۡرٍو قَالَ: دَخَلَ عَلَيَّ رَسُولُ اللهِ ﷺ فَقَالَ: (أَلَمۡ أُخۡبَرۡ أَنَّكَ تَقُومُ اللَّيۡلَ وَتَصُومُ النَّهَارَ؟) قُلۡتُ: بَلَى، قَالَ: (فَلَا تَفۡعَلۡ، قُمۡ وَنَمۡ، وَصُمۡ وَأَفۡطِرۡ، فَإِنَّ لِجَسَدِكَ عَلَيۡكَ حَقًّا، وَإِنَّ لِعَيۡنِكَ عَلَيۡكَ حَقًّا، وَإِنَّ لِزَوۡرِكَ عَلَيۡكَ حَقًّا، وَإِنَّ لِزَوۡجِكَ عَلَيۡكَ حَقًّا، وَإِنَّكَ عَسَى أَنۡ يَطُولَ بِكَ عُمُرٌ، وَإِنَّ مِنۡ حَسۡبِكَ أَنۡ تَصُومَ مِنۡ كُلِّ شَهۡرٍ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ، فَإِنَّ بِكُلِّ حَسَنَةٍ عَشۡرَ أَمۡثَالِهَا، فَذٰلِكَ الدَّهۡرُ كُلُّهُ). قَالَ: فَشَدَّدۡتُ فَشُدِّدَ عَلَيَّ، فَقُلۡتُ: فَإِنِّي أُطِيقُ غَيۡرَ ذٰلِكَ. قَالَ: (فَصُمۡ مِنۡ كُلِّ جُمُعَةٍ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ). قَالَ فَشَدَّدۡتُ فَشُدِّدَ عَلَيَّ، قُلۡتُ: أُطِيقُ غَيۡرَ ذٰلِكَ، قَالَ: (فَصُمۡ صَوۡمَ نَبِيِّ اللهِ دَاوُدَ). قُلۡتُ: وَمَا صَوۡمُ نَبِيِّ اللهِ دَاوُدَ؟ قَالَ: (نِصۡفُ الدَّهۡرِ). [طرفه في: ١١٣١].

6134. Ishaq bin Manshur telah menceritakan kepada kami: Rauh bin ‘Ubadah menceritakan kepada kami: Husain menceritakan kepada kami dari Yahya bin Abu Katsir, dari Abu Salamah bin ‘Abdurrahman, dari ‘Abdullah bin ‘Amr. Beliau mengatakan:

Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—masuk ke tempatku seraya bertanya, “Apa benar yang dikabarkan bahwa engkau salat sepanjang malam dan selalu saum di siang hari?”

Aku menjawab, “Benar.”

Rasulullah bersabda, “Jangan engkau lakukan! Salat malamlah dan tidurlah pula! Terkadang saumlah dan terkadang jangan saum! Karena jasadmu memiliki hak atasmu, matamu memiliki hak atasmu, tamumu memiliki hak atasmu, dan istrimu memiliki hak atasmu. Sungguh, bisa jadi engkau berumur panjang. Sesungguhnya cukup bagimu berpuasa tiga hari setiap bulan, karena setiap satu kebaikan dilipatgandakan menjadi sepuluh kalinya, sehingga itu adalah puasa setahun penuh.”

‘Abdullah bin ‘Amr berkata: Aku bersikeras (untuk saum lebih banyak) sehingga aku tambah dibebani. Aku mengatakan, “Sungguh, aku mampu lebih dari itu.”

Rasulullah bersabda, “Saumlah tiga hari setiap pekan!”

‘Abdullah bin ‘Amr berkata: Aku bersikeras (untuk saum lebih banyak) sehingga aku tambah dibebani. Aku mengatakan, “Aku mampu lebih dari itu.”

Rasulullah bersabda, “Saumlah dengan saum Nabi Dawud!”

Aku bertanya, “Bagaimanakah saum Nabi Dawud?”

Rasulullah bersabda, “Separuh tahun.”