Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadis nomor 6317

٦٣١٧ - حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ مُحَمَّدٍ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ: سَمِعۡتُ سُلَيۡمَانَ بۡنَ أَبِي مُسۡلِمٍ، عَنۡ طَاوُسٍ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ: كَانَ النَّبِيُّ ﷺ إِذَا قَامَ مِنَ اللَّيۡلِ يَتَهَجَّدُ قَالَ: (اللّٰهُمَّ لَكَ الۡحَمۡدُ، أَنۡتَ نُورُ السَّمَوَاتِ وَالۡأَرۡضِ وَمَنۡ فِيهِنَّ، وَلَكَ الۡحَمۡدُ، أَنۡتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَالۡأَرۡضِ وَمَنۡ فِيهِنَّ، وَلَكَ الۡحَمۡدُ، أَنۡتَ الۡحَقُّ، وَوَعۡدُكَ حَقٌّ، وَقَوۡلُكَ حَقٌّ، وَلِقَاؤُكَ حَقٌّ، وَالۡجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّونَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ حَقٌّ، اللّٰهُمَّ لَكَ أَسۡلَمۡتُ، وَعَلَيۡكَ تَوَكَّلۡتُ، وَبِكَ آمَنۡتُ، وَإِلَيۡكَ أَنَبۡتُ، وَبِكَ خَاصَمۡتُ، وَإِلَيۡكَ حَاكَمۡتُ، فَاغۡفِرۡ لِي مَا قَدَّمۡتُ وَمَا أَخَّرۡتُ، وَمَا أَسۡرَرۡتُ وَمَا أَعۡلَنۡتُ، أَنۡتَ الۡمُقَدِّمُ وَأَنۡتَ الۡمُؤَخِّرُ، لَا إِلٰهَ إِلَّا أَنۡتَ، أَوۡ: لَا إِلٰهَ غَيۡرُكَ). [طرفه في: ١١٢٠].

6317. ‘Abdullah bin Muhammad telah menceritakan kepada kami: Sufyan menceritakan kepada kami: Aku mendengar Sulaiman bin Abu Muslim dari Thawus, dari Ibnu ‘Abbas: Dahulu Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—apabila bangun malam salat tahajud, beliau berdoa,

“Allahumma lakal ḥamdu, anta nūrus samawāti wal arḍi wa man fīhinn. Wa lakal ḥamdu, anta qayyimus samawāti wal arḍi wa man fīhinn. Wa lakal ḥamdu, antal ḥaqq, wa wa’duka ḥaqq, wa qauluka ḥaqq, wa liqā`uka ḥaqq, wal jannatu ḥaqq, wan nāru ḥaqq, was sā’atu ḥaqq, wan nabiyyūna ḥaqq, wa Muḥammadun ḥaqq. Allahumma laka aslamtu, wa ‘alaika tawakkaltu, wa bika āmantu, wa ilaika anabtu, wa bika khāṣamtu, wa ilaika ḥākamtu, fagfir lī mā qaddamtu wa mā akhkhartu, wa mā asrartu wa mā a’lantu. Antal muqaddimu wa antal mu`akhkhiru. Lā ilāha illā anta—atau: Lā ilāha gairuka.

(Ya Allah, hanya milik-Mu segala pujian. Engkau cahaya langit, bumi, dan siapa saja yang ada di dalamnya. Hanya milik-Mu segala pujian. Engkau yang mengurusi langit-langit, bumi, dan siapa saja yang ada di dalamnya. Hanya milik-Mu segala pujian. Engkau adalah Yang Maha Benar. Janjimu benar, perkataan-Mu benar, perjumpaan dengan-Mu benar. Janah benar, neraka benar, hari kiamat benar, para nabi benar, Muhammad benar. Ya Allah, hanya kepada-Mu aku berserah diri, aku bertawakal kepada-Mu, aku beriman kepada-Mu, aku kembali kepada-Mu, aku bermusuhan dengan pertolongan-Mu, dan aku berhukum kepada-Mu. Ampunilah dosaku yang telah aku kerjakan dan yang akan datang, dosa yang aku sembunyikan dan yang aku nyatakan. Engkau adalah yang mendahulukan dan yang mengakhirkan. Tidak ada sembahan yang benar kecuali Engkau—atau: tidak ada sesembahan yang benar selain Engkau—).”