Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadis nomor 7385

٨ - بَابُ قَوۡلِ اللهِ تَعَالَى: ﴿وَهُوَ الَّذِي خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالۡأَرۡضَ بِالۡحَقِّ﴾ [الۡأَنۡعَام: ٧٣]
8. Bab firman Allah taala, “Dan Dialah yang menciptakan langit dan bumi dengan benar” (QS. Al-An’am: 73)


٧٣٨٥ - حَدَّثَنَا قَبِيصَةُ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ، عَنِ ابۡنِ جُرَيۡجٍ، عَنۡ سُلَيۡمَانَ، عَنۡ طَاوُسٍ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ ﷺ يَدۡعُو مِنَ اللَّيۡلِ: (اللّٰهُمَّ لَكَ الۡحَمۡدُ، أَنۡتَ رَبُّ السَّمَوَاتِ وَالۡأَرۡضِ، لَكَ الۡحَمۡدُ، أَنۡتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَالۡأَرۡضِ وَمَنۡ فِيهِنَّ، لَكَ الۡحَمۡدُ، أَنۡتَ نُورُ السَّمَوَاتِ وَالۡأَرۡضِ، قَوۡلُكَ الۡحَقُّ، وَوَعۡدُكَ الۡحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ حَقٌّ، وَالۡجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، اللّٰهُمَّ لَكَ أَسۡلَمۡتُ، وَبِكَ آمَنۡتُ، وَعَلَيۡكَ تَوَكَّلۡتُ، وَإِلَيۡكَ أَنَبۡتُ، وَبِكَ خَاصَمۡتُ، وَإِلَيۡكَ حَاكَمۡتُ، فَاغۡفِرۡ لِي مَا قَدَّمۡتُ، وَمَا أَخَّرۡتُ، وَأَسۡرَرۡتُ وَأَعۡلَنۡتُ، أَنۡتَ إِلٰهِي، لَا إِلٰهَ لِي غَيۡرُكَ). [طرفه في: ١١٢٠].

حَدَّثَنَا ثَابِتُ بۡنُ مُحَمَّدٍ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ بِهٰذَا، وَقَالَ: أَنۡتَ الۡحَقُّ، وَقَوۡلُكَ الۡحَقُّ.

7385. Qabishah telah menceritakan kepada kami: Sufyan menceritakan kepada kami dari Ibnu Juraij, dari Sulaiman, dari Thawus, dari Ibnu ‘Abbas—radhiyallahu ‘anhuma—. Beliau mengatakan: Dahulu Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—berdoa di malam hari,

“Allahumma lakal ḥamdu, anta rabbus samawāti wal arḍi. Lakal ḥamdu, anta qayyimus samawāti wal arḍi wa man fīhinn. Lakal ḥamdu, anta nūrus samawāti wal arḍi. Qaulukal ḥaqq, wa wa’dukal ḥaqq, wa liqā`uka ḥaqq, wal jannatu ḥaqq, wan nāru ḥaqq, was sā’atu ḥaqq. Allahumma laka aslamtu, wa bika āmantu, wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khāṣamtu, wa ilaika ḥākamtu, fagfir lī mā qaddamtu wa mā akhkhartu, wa asrartu wa a’lantu. Anta ilāhī. Lā ilāha gairuka.

(Ya Allah, hanya milik-Mu segala pujian. Engkau adalah Tuhan langit dan bumi. Hanya milik-Mu segala pujian. Engkau yang mengurusi langit-langit, bumi, dan siapa saja yang ada di dalamnya. Hanya milik-Mu segala pujian. Engkau cahaya langit dan bumi. Perkataan-Mu adalah kebenaran dan janji-Mu adalah kebenaran. Perjumpaan dengan-Mu benar, janah benar, neraka benar, hari kiamat benar. Ya Allah, hanya kepada-Mu aku berserah diri, aku beriman kepada-Mu, aku bertawakal kepada-Mu, aku kembali kepada-Mu, aku bermusuhan dengan pertolongan-Mu, dan aku berhukum kepada-Mu. Ampunilah dosaku yang telah aku kerjakan dan yang akan datang, dosa yang aku sembunyikan dan yang aku nyatakan. Engkau adalah ilahku. Tidak ada sesembahan yang benar selain Engkau.)”

Tsabit bin Muhammad telah menceritakan kepada kami: Sufyan menceritakan kepada kami riwayat hadis ini. Beliau mengatakan, “Antal ḥaqq wa qaulukal ḥaqq (Engkau adalah Yang Maha Benar dan perkataan-Mu adalah kebenaran).”