Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadis nomor 3823

٣٨٢٣ - وَعَنۡ قَيۡسٍ، عَنۡ جَرِيرِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ قَالَ: كَانَ فِي الۡجَاهِلِيَّةِ بَيۡتٌ يُقَالَ لَهُ ذُو الۡخَلَصَةِ، وَكَانَ يُقَالُ لَهُ الۡكَعۡبَةُ الۡيَمَانِيَةُ، أَوِ: الۡكَعۡبَةُ الشَّأۡمِيَّةُ، فَقَالَ لِي رَسُولُ اللهِ ﷺ: (هَلۡ أَنۡتَ مُرِيحِي مِنۡ ذِي الۡخَلَصَةِ؟). قَالَ: فَنَفَرۡتُ إِلَيۡهِ فِي خَمۡسِينَ وَمِائَةِ فَارِسٍ مِنۡ أَحۡمَسَ، قَالَ: فَكَسَرۡنَا، وَقَتَلۡنَا مَنۡ وَجَدۡنَا عِنۡدَهُ، فَأَتَيۡنَاهُ فَأَخۡبَرۡنَاهُ، فَدَعَا لَنَا وَلِأَحۡمَسَ. [طرفه في: ٣٠٢٠].

3823. Dari Qais, dari Jarir bin ‘Abdullah. Beliau berkata: Dahulu di masa jahiliah ada sebuah rumah yang dinamai Dzu Al-Khalashah. Rumah itu dulu juga dinamai Kakbah Yamaniyah atau Kakbah Syamiyyah. Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—berkata kepadaku, “Apakah engkau bisa mengistirahatkanku dari Dzu Al-Khalashah?”

Jarir berkata: Aku berangkat bersama rombongan pasukan sebanyak seratus lima puluh penunggang kuda dari kabilah Ahmas.

Jarir berkata: Kami menghancurkannya dan membunuh orang yang kami dapati di rumah itu. Lalu kami pulang mendatangi beliau dan mengabarkan kepada beliau. Lalu beliau mendoakan kebaikan untuk kami dan untuk kabilah Ahmas.