Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadis nomor 4355, 4356, dan 4357

٦٤ - بَابٌ غَزۡوَةُ ذِي الۡخَلَصَةِ
64. Bab perang Dzu Al-Khalashah


٤٣٥٥ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ: حَدَّثَنَا خَالِدٌ: حَدَّثَنَا بَيَانٌ، عَنۡ قَيۡسٍ، عَنۡ جَرِيرٍ قَالَ: كَانَ بَيۡتٌ فِي الۡجَاهِلِيَّةِ يُقَالُ لَهُ ذُو الۡخَلَصَةِ، وَالۡكَعۡبَةُ الۡيَمَانِيَةُ، وَالۡكَعۡبَةُ الشَّأۡمِيَّةُ، فَقَالَ لِي النَّبِيُّ ﷺ: (أَلَا تُرِيحُنِي مِنۡ ذِي الۡخَلَصَةِ؟) فَنَفَرۡتُ فِي مِائَةٍ وَخَمۡسِينَ رَاكِبًا، فَكَسَرۡنَاهُ، وَقَتَلۡنَا مَنۡ وَجَدۡنَا عِنۡدَهُ، فَأَتَيۡتُ النَّبِيَّ ﷺ فَأَخۡبَرۡتُهُ، فَدَعَا لَنَا وَلِأَحۡمَسَ.

[طرفه في: ٣٠٢٠].

4355. Musaddad telah menceritakan kepada kami: Khalid menceritakan kepada kami: Bayan menceritakan kepada kami dari Qais, dari Jarir. Beliau mengatakan:

Dahulu di masa jahiliah ada sebuah rumah yang dinamai Dzu Al-Khalashah atau Kakbah Yamaniyah atau Kakbah Syamiyyah. Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—berkata kepadaku, “Maukah engkau mengistirahatkanku dari Dzu Al-Khalashah?”

Aku berangkat bersama rombongan pasukan sebanyak seratus lima puluh penunggang kuda, lalu kami menghancurkannya dan membunuh orang yang kami dapati di rumah itu. Lalu aku pulang mendatangi Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—dan mengabarkan kepada beliau. Lalu beliau mendoakan kebaikan untuk kami dan untuk kabilah Ahmas.

٤٣٥٦ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ الۡمُثَنَّى: حَدَّثَنَا يَحۡيَى: حَدَّثَنَا إِسۡمَاعِيلُ: حَدَّثَنَا قَيۡسٌ قَالَ: قَالَ لِي جَرِيرٌ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ: قَالَ لِي النَّبِيُّ ﷺ: (أَلَا تُرِيحُنِي مِنۡ ذِي الۡخَلَصَةِ؟) - وَكَانَ بَيۡتًا فِي خَثۡعَمَ، يُسَمَّى الۡكَعۡبَةَ الۡيَمَانِيَةَ - فَانۡطَلَقۡتُ فِي خَمۡسِينَ وَمِائَةِ فَارِسٍ مِنۡ أَحۡمَسَ، وَكَانُوا أَصۡحَابَ خَيۡلٍ، وَكُنۡتُ لَا أَثۡبُتُ عَلَى الۡخَيۡلِ، فَضَرَبَ فِي صَدۡرِي حَتَّى رَأَيۡتُ أَثَرَ أَصَابِعِهِ فِي صَدۡرِي وَقَالَ: (اللّٰهُمَّ ثَبِّتۡهُ، وَاجۡعَلۡهُ هَادِيًا مَهۡدِيًّا). فَانۡطَلَقَ إِلَيۡهَا فَكَسَرَهَا وَحَرَّقَهَا، ثُمَّ بَعَثَ إِلَى رَسُولِ اللهِ ﷺ، فَقَالَ رَسُولُ جَرِيرٍ: وَالَّذِي بَعَثَكَ بِالۡحَقِّ، مَا جِئۡتُكَ حَتَّى تَرَكۡتُهَا كَأَنَّهَا جَمَلٌ أَجۡرَبُ، قَالَ: فَبَارَكَ فِي خَيۡلِ أَحۡمَسَ وَرِجَالِهَا خَمۡسَ مَرَّاتٍ. [طرفه في: ٣٠٢٠].

4356. Muhammad bin Al-Mutsanna telah menceritakan kepada kami: Yahya menceritakan kepada kami: Isma’il menceritakan kepada kami: Qais menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Jarir—radhiyallahu ‘anhu—berkata kepadaku: Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—berkata kepadaku, “Tidakkah engkau mengistirahatkanku dari Dzu Al-Khalashah?”

Dzu Al-Khalashah adalah sebuah rumah di Khats’am yang dijuluki Kakbah Yamaniyah.

Aku berangkat dalam rombongan pasukan sebanyak seratus lima puluh penunggang kuda dari kabilah Ahmas. Mereka adalah para ahli penunggang kuda. Tadinya aku adalah orang yang tidak ahli menunggang kuda, lalu Rasulullah memukul di bagian dadaku hingga aku melihat bekas jari-jari beliau di dadaku. Beliau berdoa, “Ya Allah, mapankan dia dan jadikan dia pemberi petunjuk lagi mendapat petunjuk!”

Jarir pergi ke Dzu Al-Khalashah, menghancurkannya, lalu membakarnya. Kemudian Jarir mengirim utusan kepada Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—.

Utusan Jarir berkata, “Demi Allah yang mengutusmu dengan kebenaran, aku tidak mendatangimu sampai aku meninggalkan Dzu Al-Khalashah seakan-akan dia seekor unta yang kudisan.”

Beliau berkata: Lalu Rasulullah mendoakan keberkahan untuk kuda-kuda kabilah Ahmas dan para penunggangnya sebanyak lima kali.

٤٣٥٧ - حَدَّثَنَا يُوسُفُ بۡنُ مُوسَى: أَخۡبَرَنَا أَبُو أُسَامَةَ، عَنۡ إِسۡمَاعِيلَ بۡنِ أَبِي خَالِدٍ، عَنۡ قَيۡسٍ، عَنۡ جَرِيرٍ قَالَ: قَالَ لِي رَسُولُ اللهِ ﷺ: (أَلَا تُرِيحُنِي مِنۡ ذِي الۡخَلَصَةِ؟) فَقُلۡتُ: بَلَى، فَانۡطَلَقۡتُ فِي خَمۡسِينَ وَمِائَةِ فَارِسٍ مِنۡ أَحۡمَسَ، وَكَانُوا أَصۡحَابَ خَيۡلٍ، وَكُنۡتُ لَا أَثۡبُتُ عَلَى الۡخَيۡلِ، فَذَكَرۡتُ ذٰلِكَ لِلنَّبِيِّ ﷺ، فَضَرَبَ يَدَهُ عَلَى صَدۡرِي حَتَّى رَأَيۡتُ أَثَرَ يَدِهِ فِي صَدۡرِي، وَقَالَ: (اللّٰهُمَّ ثَبِّتۡهُ، وَاجۡعَلۡهُ هَادِيًا مَهۡدِيًّا). قَالَ فَمَا وَقَعۡتُ عَنۡ فَرَسٍ بَعۡدُ. قَالَ: وَكَانَ ذُو الۡخَلَصَةِ بَيۡتًا بِالۡيَمَنِ لِخَثۡعَمَ وَبَجِيلَةَ، فِيهِ نُصُبٌ تُعۡبَدُ، يُقَالُ لَهُ الۡكَعۡبَةُ، قَالَ: فَأَتَاهَا فَحَرَّقَهَا بِالنَّارِ وَكَسَرَهَا. [طرفه في: ٣٠٢٠].

4357. Yusuf bin Musa telah menceritakan kepada kami: Abu Usamah mengabarkan kepada kami dari Isma’il bin Abu Khalid, dari Qais, dari Jarir. Beliau berkata:

Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—berkata kepadaku, “Tidakkah engkau bisa mengistirahatkanku dari Dzu Al-Khalashah?”

Aku berkata, “Tentu.”

Aku berangkat dalam rombongan seratus lima puluh penunggang kuda dari kabilah Ahmas. Mereka adalah para ahli penunggang kuda. Tadinya aku adalah orang yang tidak ahli menunggang kuda, lalu aku menyebutkan hal itu kepada Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—. Lalu beliau memukulkan tangannya ke dadaku hingga aku melihat bekas tangan beliau di dadaku. Beliau berdoa, “Ya Allah, mapankan dia dan jadikan dia pemberi petunjuk lagi mendapat petunjuk!”

Jarir berkata: Setelah itu aku tidak pernah jatuh dari kuda.

Perawi berkata: Dzu Al-Khalashah adalah sebuah rumah di Yaman milik kabilah Khats’am dan Bajilah. Di dalamnya ada berhala-berhala yang disembah. Rumah ini juga dijuluki Kakbah.

Perawi berkata: Jarir mendatanginya lalu membakarnya dan menghancurkannya.

قَالَ: وَلَمَّا قَدِمَ جَرِيرٌ الۡيَمَنَ، كَانَ بِهَا رَجُلٌ يَسۡتَقۡسِمُ بِالۡأَزۡلَامِ، فَقِيلَ لَهُ: إِنَّ رَسُولَ رَسُولِ اللهِ ﷺ هَاهُنَا، فَإِنۡ قَدَرَ عَلَيۡكَ ضَرَبَ عُنُقَكَ، قَالَ: فَبَيۡنَمَا هُوَ يَضۡرِبُ بِهَا إِذۡ وَقَفَ عَلَيۡهِ جَرِيرٌ، فَقَالَ: لَتَكۡسِرَنَّهَا وَلَتَشۡهَدَنَّ أَنۡ لَا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ، أَوۡ لَأَضۡرِبَنَّ عُنُقَكَ. قَالَ: فَكَسَرَهَا وَشَهِدَ، ثُمَّ بَعَثَ جَرِيرٌ رَجُلًا مِنۡ أَحۡمَسَ يُكۡنَى أَبَا أَرۡطَاةَ إِلَى النَّبِيِّ ﷺ يُبَشِّرُهُ بِذٰلِكَ، فَلَمَّا أَتَى النَّبِيَّ ﷺ قَالَ: يَا رَسُولَ اللهِ، وَالَّذِي بَعَثَكَ بِالۡحَقِّ، مَا جِئۡتُ حَتَّى تَرَكۡتُهَا كَأَنَّهَا جَمَلٌ أَجۡرَبُ، قَالَ: فَبَرَّكَ النَّبِيُّ ﷺ عَلَى خَيۡلِ أَحۡمَسَ وَرِجَالِهَا خَمۡسَ مَرَّاتٍ.

Perawi berkata: Ketika Jarir tiba di Yaman, di rumah itu ada seseorang yang mengundi nasib dengan anak-anak panah. Ada yang berkata kepadanya, “Sesungguhnya utusan Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—ada di sini. Jika dia berhasil mengalahkanmu, niscaya dia akan menebas lehermu.”

Perawi berkata: Ketika dia sedang menggunakan anak-anak panahnya, tiba-tiba Jarir sudah berdiri di hadapannya seraya berkata, “Engkau harus merusaknya dan engkau harus bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang benar kecuali Allah. Kalau tidak, aku pasti akan memenggal lehermu.”

Perawi berkata: Dia merusak anak-anak panahnya dan bersyahadat. Kemudian Jarir mengutus seorang dari kabilah Ahmas yang dijuluki Abu Arthah kepada Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—untuk memberi kabar gembira itu kepada beliau. Ketika utusan itu telah mendatangi Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—, dia berkata, “Wahai Rasulullah, demi Allah yang telah mengutusmu dengan kebenaran, aku tidak datang sampai aku telah meninggalkan rumah itu seakan-akan unta yang kudisan.”

Perawi berkata: Lalu Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—mendoakan keberkahan kepada kuda-kuda kabilah Ahmas dan penunggangnya sebanyak lima kali.