Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadis nomor 1402

٣ - بَابُ إِثۡمِ مَانِعِ الزَّكَاةِ
3. Bab dosa orang yang tidak berzakat


وَقَوۡلِ اللهِ تَعَالَى: ﴿وَالَّذِينَ يَكۡنِزُونَ الذَّهَبَ وَالۡفِضَّةَ وَلَا يُنۡفِقُونَهَا فِي سَبِيلِ اللهِ فَبَشِّرۡهُمۡ بِعَذَابٍ أَلِيمٍ ۞ يَوۡمَ يُحۡمَى عَلَيۡهَا فِي نَارِ جَهَنَّمَ فَتُكۡوَى بِهَا جِبَاهُهُمۡ وَجُنُوبُهُمۡ وَظُهُورُهُمۡ هٰذَا مَا كَنَزۡتُمۡ لِأَنۡفُسِكُمۡ فَذُوقُوا مَا كُنۡتُمۡ تَكۡنِزُونَ﴾ [التوبة: ٣٤-٣٥].

Dan firman Allah taala, “Orang-orang yang menyimpan emas dan perak, namun mereka tidak menginfakkannya di jalan Allah, beritahulah kepada mereka dengan azab yang pedih. Pada hari emas dan perak itu dipanaskan di neraka Jahannam, lalu disetrikakan ke dahi, lambung, dan punggung mereka, (lalu dikatakan kepada mereka,) ‘Ini adalah harta yang dahulu kalian simpan untuk diri kalian. Rasakanlah (akibat dari) yang dahulu kalian simpan!’” (QS. At-Taubah: 34-35).

١٤٠٢ - حَدَّثَنَا الۡحَكَمُ بۡنُ نَافِعٍ: أَخۡبَرَنَا شُعَيۡبٌ: حَدَّثَنَا أَبُو الزِّنَادِ: أَنَّ عَبۡدَ الرَّحۡمٰنِ بۡنَ هُرۡمُزَ الۡأَعۡرَجَ حَدَّثَهُ: أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا هُرَيۡرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ يَقُولُ: قَالَ النَّبِيُّ ﷺ: (تَأۡتِي الۡإِبِلُ عَلَى صَاحِبِهَا عَلَى خَيۡرِ مَا كَانَتۡ، إِذَا هُوَ لَمۡ يُعۡطِ فِيهَا حَقَّهَا، تَطَؤُهُ بِأَخۡفَافِهَا، وَتَأۡتِي الۡغَنَمُ عَلَى صَاحِبِهَا عَلَى خَيۡرِ مَا كَانَتۡ، إِذَا لَمۡ يُعۡطِ فِيهَا حَقَّهَا، تَطَؤُهُ بِأَظۡلَافِهَا، وَتَنۡطَحُهُ بِقُرُونِهَا)، قَالَ: (وَمِنۡ حَقِّهَا أَنۡ تُحۡلَبَ عَلَى الۡمَاءِ). قَالَ: (وَلَا يَأۡتِي أَحَدُكُمۡ يَوۡمَ الۡقِيَامَةِ بِشَاةٍ يَحۡمِلُهَا عَلَى رَقَبَتِهِ لَهَا يُعَارٌ، فَيَقُولُ: يَا مُحَمَّدُ، فَأَقُولُ: لَا أَمۡلِكُ لَكَ شَيۡئًا، قَدۡ بَلَّغۡتُ، وَلَا يَأۡتِي بِبَعِيرٍ يَحۡمِلُهُ عَلَى رَقَبَتِهِ لَهُ رُغَاءٌ، فَيَقُولُ: يَا مُحَمَّدُ، فَأَقُولُ: لَا أَمۡلِكُ لَكَ شَيۡئًا، قَدۡ بَلَّغۡتُ).

[الحديث ١٤٠٢ - أطرافه في: ٢٣٧٨، ٣٠٧٣، ٦٩٨٥].

1402. Al-Hakam bin Nafi’ telah menceritakan kepada kami: Syu’aib mengabarkan kepada kami: Abu Az-Zinad menceritakan kepada kami bahwa ‘Abdurrahman bin Hurmuz Al-A’raj menceritakan kepadanya: Beliau mendengar Abu Hurairah—radhiyallahu ‘anhu—mengatakan:

Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Kelak (pada hari kiamat) ada unta mendatangi pemiliknya dalam keadaan yang paling baik, namun karena pemiliknya tidak memberikan hak unta itu (di dunia), unta itu akan menginjaknya. Kelak ada kambing yang mendatangi pemiliknya dalam keadaan yang paling baik, namun karena pemiliknya tidak memberikan haknya, kambing itu akan menginjaknya dan menanduknya.”

Nabi bersabda, “Di antara haknya adalah binatang itu diperah di sumber air tempat binatang itu minum.”

Nabi bersabda, “Jangan sampai salah seorang kalian pada hari kiamat datang dengan memikul kambing yang mengembik di atas lehernya, lalu dia berkata, ‘Wahai Muhammad,’ lalu aku berkata, ‘Aku tidak berkuasa sedikit pun atasmu. Aku telah menyampaikan.’ Jangan sampai pula ada yang memikul unta yang bersuara di atas lehernya, lalu dia berkata, ‘Wahai Muhammad,’ lalu aku berkata, ‘Aku tidak berkuasa sedikit pun atasmu. Aku telah menyampaikan.’”