Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadis nomor 4102

٤١٠٢ - حَدَّثَنِي عَمۡرُو بۡنُ عَلِيٍّ: حَدَّثَنَا أَبُو عَاصِمٍ: أَخۡبَرَنَا حَنۡظَلَةُ بۡنُ أَبِي سُفۡيَانَ: أَخۡبَرَنَا سَعِيدُ بۡنُ مِينَاءَ قَالَ: سَمِعۡتُ جَابِرَ بۡنَ عَبۡدِ اللهِ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا قَالَ: لَمَّا حُفِرَ الۡخَنۡدَقُ رَأَيۡتُ بِالنَّبِيِّ ﷺ خَمَصًا شَدِيدًا، فَانۡكَفَأۡتُ إِلَى امۡرَأَتِي، فَقُلۡتُ: هَلۡ عِنۡدَكِ شَيۡءٌ؟ فَإِنِّي رَأَيۡتُ بِرَسُولِ اللهِ ﷺ خَمَصًا شَدِيدًا، فَأَخۡرَجَتۡ إِلَيَّ جِرَابًا فِيهِ صَاعٌ مِنۡ شَعِيرٍ، وَلَنَا بُهَيۡمَةٌ دَاجِنٌ فَذَبَحۡتُهَا، وَطَحَنَتِ الشَّعِيرَ، فَفَرَغَتۡ إِلَى فَرَاغِي، وَقَطَّعۡتُهَا فِي بُرۡمَتِهَا، ثُمَّ وَلَّيۡتُ إِلَى رَسُولِ اللهِ ﷺ، فَقَالَتۡ: لَا تَفۡضَحۡنِي بِرَسُولِ اللهِ ﷺ وَبِمَنۡ مَعَهُ، فَجِئۡتُهُ فَسَارَرۡتُهُ، فَقُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ ذَبَحۡنَا بُهَيۡمَةً لَنَا وَطَحَنَّا صَاعًا مِنۡ شَعِيرٍ كَانَ عِنۡدَنَا، فَتَعَالَ أَنۡتَ وَنَفَرٌ مَعَكَ، فَصَاحَ النَّبِيُّ ﷺ فَقَالَ: (يَا أَهۡلَ الۡخَنۡدَقِ، إِنَّ جَابِرًا قَدۡ صَنَعَ سُؤۡرًا، فَحَيَّ هَلًا بِكُمۡ). فَقَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (لَا تُنۡزِلُنَّ بُرۡمَتَكُمۡ، وَلَا تَخۡبِزُنَّ عَجِينَكُمۡ حَتَّى أَجِيءَ). فَجِئۡتُ وَجَاءَ رَسُولُ اللهِ ﷺ يَقۡدُمُ النَّاسَ حَتَّى جِئۡتُ امۡرَأَتِي، فَقَالَتۡ: بِكَ وَبِكَ، فَقُلۡتُ: قَدۡ فَعَلۡتُ الَّذِي قُلۡتِ، فَأَخۡرَجَتۡ لَهُ عَجِينًا فَبَصَقَ فِيهِ وَبَارَكَ، ثُمَّ عَمَدَ إِلَى بُرۡمَتِنَا فَبَصَقَ وَبَارَكَ، ثُمَّ قَالَ: (ادۡعُ خَابِزَةً فَلۡتَخۡبِزۡ مَعِي، وَاقۡدَحِي مِنۡ بُرۡمَتِكُمۡ وَلَا تُنۡزِلُوهَا). وَهُمۡ أَلۡفٌ، فَأُقۡسِمُ بِاللهِ لَقَدۡ أَكَلُوا حَتَّى تَرَكُوهُ وَانۡحَرَفُوا، وَإِنَّ بُرۡمَتَنَا لَتَغِطُّ كَمَا هِيَ، وَإِنَّ عَجِينَنَا لَيُخۡبَزُ كَمَا هُوَ. [طرفه في: ٣٠٧٠].

4102. ‘Amr bin ‘Ali telah menceritakan kepadaku: Abu ‘Ashim menceritakan kepada kami: Hanzhalah bin Abu Sufyan mengabarkan kepada kami: Sa’id bin Mina` mengabarkan kepada kami. Beliau berkata: Aku mendengar Jabir bin ‘Abdullah—radhiyallahu ‘anhuma—mengatakan:

Ketika parit digali, aku melihat Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—perutnya sangat kempis (karena lapar). Aku pulang menemui istriku. Aku bertanya, “Apakah engkau memiliki makanan? Sesungguhnya aku melihat Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—perutnya sangat kempis.”

Istriku mengeluarkan kantong yang berisi satu sha’ barli. Kami juga memiliki seekor anak kambing kecil yang dipelihara di rumah. Aku pun menyembelihnya. Istriku menggiling barli. Istriku selesai menggiling bersamaan aku selesai menyembelih. Aku memotong-motong daging ke dalam periuknya. Kemudian aku kembali menemui Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—. Istriku berpesan, “Jangan permalukan aku di hadapan Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—dan yang bersama beliau.”

Aku mendatangi beliau lalu diam-diam aku berkata, “Wahai Rasulullah, kami telah menyembelih seekor anak kambing kecil kami dan kami telah menggiling satu sha’ barli yang kami miliki. Marilah bersama beberapa orang ke rumah kami.”

Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—berteriak, “Wahai para penggali parit, sesungguhnya Jabir telah membuat makanan. Ayo cepat!”

Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—berpesan kepada Jabir, “Jangan turunkan periukmu dan jangan selesaikan adonan rotimu sampai aku datang!”

Aku dan Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—mendatangi istriku mendahului yang lain. Istriku berkata, “Semoga Allah berbuat ini dan itu kepadamu.”

Aku berkata, “Aku sudah melakukan yang engkau katakan.”

Istriku mengeluarkan adonan kepada beliau. Lalu beliau meludahi dan mendoakan keberkahan pada adonan itu. Kemudian beliau beranjak ke periuk kami, meludahi dan mendoakan keberkahan. Kemudian beliau berkata, “Panggilah seorang wanita pembuat roti agar membuat roti bersamaku dan ciduklah dari periuk kalian namun periuk itu tidak usah diturunkan!” Mereka berjumlah seribu orang.

Aku bersumpah dengan nama Allah, mereka semua sudah makan sampai-sampai mereka meninggalkan dan menjauh dari makanan dalam keadaan periuk kami masih penuh seperti semula dan adonan kami tidak berkurang seperti semula.