Cari Blog Ini

Sunan Ibnu Majah hadis nomor 1178

١١٧ - بَابُ مَا جَاءَ فِي الۡقُنُوتِ فِي الۡوِتۡرِ
117. Bab riwayat tentang kunut witir


١١٧٨ – (صحيح) حَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا شَرِيكٌ، عَنۡ أَبِي إِسۡحَاقَ، عَنۡ بُرَيۡدِ بۡنِ أَبِي مَرۡيَمَ، عَنۡ أَبِي الۡحَوۡرَاءِ، عَنِ الۡحَسَنِ بۡنِ عَلِيٍّ؛ قَالَ: عَلَّمَنِي جَدِّي رَسُولُ اللهِ ﷺ كَلِمَاتٍ أَقُولُهُنَّ فِي قُنُوتِ الۡوِتۡرِ: (اللّٰهُمَّ! عَافِنِي فِيمَنۡ عَافَيۡتَ، وَتَوَلَّنِي فِيمَنۡ تَوَلَّيۡتَ، وَاهۡدِنِي فِيمَنۡ هَدَيۡتَ، وَقِنِي شَرَّ مَا قَضَيۡتَ، وَبَارِكۡ لِي فِيمَا أَعۡطَيۡتَ، إِنَّكَ تَقۡضِي وَلَا يُقۡضَى عَلَيۡكَ، إِنَّهُ لَا يَذِلُّ مَنۡ وَالَيۡتَ، سُبۡحَانَكَ رَبَّنَا تَبَارَكۡتَ وَتَعَالَيۡتَ). [(الإرواء)(٤٢٩)، (المشكاة)(١٢٧٣)، (التعليق على ابن خزيمة)(١٠٩٥)، (صحيح أبي داود)(١٢٨١)].

1178. [Sahih] Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Syarik menceritakan kepada kami dari Abu Ishaq, dari Buraid bin Abu Maryam, dari Abu Al-Haura`, dari Al-Hasan bin ‘Ali. Beliau berkata:

Kakekku, yaitu Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—, mengajariku beberapa patah kata untuk aku ucapkan ketika kunut witir, “Allāhumma ‘āfinī fīman ‘āfait, wa tawallanī fīman tawallait, wahdinī fīman hadait, wa qinī syarra mā qaḍait, wa bārik lī fīmā a‘ṭait. Innaka taqḍī wa lā yuqḍā ‘alaik. Innahu lā yażillu man wālait. Subḥānaka rabbanā, tabārakta wa ta‘ālait. (Ya Allah, jagalah aku bersama orang-orang yang telah Engkau jaga, tolonglah aku bersama orang-orang yang telah Engkau tolong, berilah aku petunjuk bersama orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk, lindungilah aku dari kejelekan apa saja yang telah Engkau tetapkan, berkahilah aku pada apa saja yang Engkau berikan. Sesungguhnya Engkaulah yang menetapkan dan tidak ada yang memberi ketetapan kepada-Mu. Sesungguhnya siapa saja yang Engkau bela, tidak akan hina. Siapa saja yang Engkau musuhi, tidak akan mulia. Maha Suci dan Maha Tinggi Engkau Rabana.)”