Cari Blog Ini

Belajar Fikih dari 3 Ulama

Kita tentu sangat akrab dengan kitab Bulughulmaram. Kitab dengan judul lengkap, Bulughul maram min Jam’i Adilatil Ahkam, ditulis oleh Al Hafizh Ibnu Hajar Al Asqalani rahimahullah adalah kitab yang sangat mudah didapat dan banyak dipelajari di majelis-majelis ilmu ataupun lembaga pendidikan Islam.

Kitab Bulughul maram telah disyarah (dibahas dan dijelaskan lebih luas) oleh banyak ulama Islam, di antara sekian syarah tersebut adalah kitab “Al Badrut tamam Syarah Bulughul maram” karya Al Qadhi Husain Al Maghriby rahimahullah.

Dan di antara kitab syarah Bulughul maram adalah kitab Subulussalam.

Pembaca mungkin sering mendengar atau bahkan pernah membaca kitab tersebut. Kitab dengan judul lengkap, Subulus Salam Syarah Bulughul maram min Jam’i adilatil Ahkam adalah karya Imam Ash Shan’ani rahimahullah.

Imam Shan’ani adalah Muhammad bin Ismail bin Shalah bin Muhammad Al Hasany. Beliau lahir di tahun 1099 H. Meninggal dunia 1182 H.

Kitab Subulus salam yang ditulis oleh Imam Shan’ani merupakan ringkasan dari kitab “Badrutamam”, beliau meringkasnya dari kitab tersebut, tanpa menyebutkan masalah khilafiyah (perbedaan pendapat) yang terdapat dalam kitab Badru tamam kecuali sedikit saja yang terkait dengan dalil.

Al Imam Ash Shan’ani rahimahullah berkata dalam mukadimah kitabnya,
“Ini adalah syarah ringkas untuk kitab Bulughul maram karya Syaikh Al Qadhi Syaikhul Islam, Ahmad bin Ali bin Hajar rahimahullah –mudah-mudahan Allah menempatkannya di negeri keselamatan (surga)-, kitab ini adalah ringkasanku dari syarah Al Qadhi Al Allamah Syarafuddin Al Husain bin Muhammad Al Mahgribi rahimahullah –mudah-mudahan Allah mengangkat derajatnya kedudukan yang tinggi-.” (Muqadimah subulussalam)

Terkadang beliau menambahkan banyak faedah dalam kitabnya, dengan faedah-faedah yang tidak terdapat dalam kitab Al Badrut tamam.

Beliau berkata:
“Dan aku telah gabungkan dalam kitab ini tambahan yang banyak, menambahkan faedah-faedah yang telah ada dalam kitab aslinya (yakni Badruttamam).”

Sehingga seorang yang membaca kitab Subulus salam sebenarnya sedang menggali ilmu dari tiga ulama Islam; Al Hafizh ibnu Hajar, Al Qadhi Husain Al Maghriby, dan Imam Ash Shan’ani.

BAGAIMANA METODE IMAM SHAN’ANI?


Imam Ash Shan’ani rahimahullah memiliki metode penulisan yang sangat baik dalam kitabnya “Subulussalam”, beliau menjelaskan hadis-hadis Bulughul maram dengan beberapa langkah berikut:

1. Menerangkan biografi singkat sahabat yang meriwayatkan hadis.

2. Menerangkan lafal-lafal hadis secara bahasa dan maknanya.

Beliau berkata dalam muqadimah,
“Aku hanya mencukupkan dalam menjelaskan lafalnya dan maknanya, berniat semata wajah Allah, kemudian mendekatkannya kepada para penuntut ilmu…” (Muqadimaah Subulussalam)

3. Setelah itu beliau sebutkan faedah-faedah fikih yang terkandung dalam hadis.

4. Terkadang beliau menyebutkan khilaf para ulama.

5. Menjelaskan ulama yang meriwayatkan hadis.

6. Menjelaskan derajat hadis, dan terkadang menerangkan sebab lemahnya hadis yang disebutkan dalam bulughul maram, menerangkan ‘ilal (penyakit) dan cacat yang terdapat dalam hadis tersebut.

7. Setiap pembahasan beliau upayakan untuk tidak terlalu panjang dan juga tidak terlalu ringkas hingga mengurangi faedah.

PUJIAN ULAMA


Karena bagusnya buku ini di sisi para ulama, maka mereka pun menganjurkan kita untuk memiliki perhatian, membaca, dan mempelajari kitab ini.

Di antara para ulama kita yang menganjurkan membaca dan menelaah kitab ini adalah Syaikh Muhammad Nasirudin Al Albani rahimahullah dan Syaikh Muqbil rahimahullah.

Bahkan Syaikh Albani rahimahullah pernah mengajarkan kitab ini selama beberapa tahun di Jamiah Islamiyah. Ta’liqat (catatan penjelasan) beliau tersebut telah dibukukan dan dicetak bersamaan dengan kitab Subulus salam.

Pembaca yang budiman, semestinya kita pun memiliki perhatian untuk membaca dan mengkaji kitab Subulussalam.

Dan untuk semakin menambah faedah dan memiliki wawasan masalah-masalah fiqhiyah di zaman sekarang, hendaknya kita pun membaca syarah-syarah Bulughulmaram yang ditulis oleh ulama sekarang, seperti Fathu Dziljalali walikram karya Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahullah, Tashilul Ilmam karya Syaikh Shalih Al Fauzan hafizhahullah, juga kitab Taudhihul ahkam Syarah Bulughulmaram.

Mudah-mudahan kita diberi kemudahan untuk membaca karya-karya para ulama kita, diberi taufik untuk menggali faedah-faedah darinya dan mengamalkannya.

Sumber: Majalah Qudwah edisi 41 vol.04 2016 rubrik Maktabah. Pemateri: Al Ustadz Abdurrahman Mubarak.