Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 6066

٥٨ - بَابٌ ﴿يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجۡتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعۡضَ الظَّنِّ إِثۡمٌ وَلَا تَجَسَّسُوا﴾ [الحجرات: ١٢] 
58. Bab ayat yang artinya, “Wahai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka karena sebagian prasangka adalah dosa. Dan janganlah kalian mencari-cari keburukan orang.” (QS. Al-Hujurat: 12) 


٦٠٦٦ - حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ يُوسُفَ: أَخۡبَرَنَا مَالِكٌ، عَنۡ أَبِي الزِّنَادِ، عَنِ الۡأَعۡرَجِ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَالَ: (إِيَّاكُمۡ وَالظَّنَّ، فَإِنَّ الظَّنَّ أَكۡذَبُ الۡحَدِيثِ، وَلَا تَحَسَّسُوا، وَلَا تَجَسَّسُوا، وَلَا تَنَاجَشُوا، وَلَا تَحَاسَدُوا، وَلَا تَبَاغَضُوا، وَلَا تَدَابَرُوا، وَكُونُوا عِبَادَ اللهِ إِخۡوَانًا). [طرفه في: ٥١٤٣]. 



6066. ‘Abdullah bin Yusuf telah menceritakan kepada kami: Malik mengabarkan kepada kami dari Abu Az-Zinad, dari Al-A’raj, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu: Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Hati-hati kalian dari prasangka karena prasangka adalah ucapan yang paling dusta. Janganlah kalian mencari-cari kesalahan orang lain, janganlah kalian mencari-cari keburukan orang lain, janganlah kalian tanajusy (menawar dengan harga yang lebih tinggi oleh orang yang tidak hendak membelinya untuk menaikkan harganya), janganlah kalian saling hasad, janganlah kalian saling membenci, janganlah kalian saling bermusuhan, dan jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara.”