Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 6277

٣٨ - بَابُ مَنۡ أُلۡقِيَ لَهُ وِسَادَةٌ 
38. Bab barang siapa yang disodori bantal 


٦٢٧٧ - حَدَّثَنَا إِسۡحَاقُ: حَدَّثَنَا خَالِدٌ (ح). وَحَدَّثَنِي عَبۡدُ اللهِ بۡنُ مُحَمَّدٍ: حَدَّثَنَا عَمۡرُو بۡنُ عَوۡنٍ: حَدَّثَنَا خَالِدٌ، عَنۡ خَالِدٍ، عَنۡ أَبِي قِلَابَةَ قَالَ: أَخۡبَرَنِي أَبُو الۡمَلِيحِ قَالَ: دَخَلۡتُ مَعَ أَبِيكَ زَيۡدٍ عَلَى عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عَمۡرٍو فَحَدَّثَنَا: أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ ذُكِرَ لَهُ صَوۡمِي، فَدَخَلَ عَلَيَّ، فَأَلۡقَيۡتُ لَهُ وِسَادَةً مِنۡ أَدَمٍ حَشۡوُهَا لِيفٌ، فَجَلَسَ عَلَى الۡأَرۡضِ وَصَارَتِ الۡوِسَادَةُ بَيۡنِي وَبَيۡنَهُ، فَقَالَ لِي: (أَمَا يَكۡفِيكَ مِنۡ كُلِّ شَهۡرٍ ثَلَاثَةُ أَيَّامٍ؟) قُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، قَالَ: (خَمۡسًا). قُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، قَالَ: (سَبۡعًا). قُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، قَالَ: (تِسۡعًا). قُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، قَالَ: (إِحۡدَى عَشۡرَةَ). قُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، قَالَ: (لَا صَوۡمَ فَوۡقَ صَوۡمِ دَاوُدَ، شَطۡرَ الدَّهۡرِ: صِيَامُ يَوۡمٍ، وَإِفۡطَارُ يَوۡمٍ). [طرفه في: ١١٣١]. 

6277. Ishaq telah menceritakan kepada kami: Khalid menceritakan kepada kami. (Dalam riwayat lain) ‘Abdullah bin Muhammad telah menceritakan kepadaku: ‘Amr bin ‘Aun menceritakan kepada kami: Khalid menceritakan kepada kami dari Khalid, dari Abu Qilabah. Beliau berkata: Abu Al-Malih mengabarkan kepadaku. Beliau berkata: Aku masuk bersama ayahmu, yaitu Zaid, ke tempat ‘Abdullah bin ‘Amr. Beliau menceritakan kepada kami: Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam disebutkan puasaku kepada beliau. Beliau masuk ke tempatku. Aku menyodorkan kepada beliau sebuah bantal dari kulit yang berisi serabut pohon kurma, namun beliau duduk di atas tanah dan bantal itu berada di antara aku dengan beliau. 

Beliau bersabda kepadaku, “Tidakkah cukup bagimu untuk puasa tiga hari dalam sebulan?” 

Aku mengatakan, “Wahai Rasulullah (aku mampu lebih dari itu).” 

Beliau bersabda, “Lima hari (setiap bulan).” 

Aku mengatakan, “Wahai Rasulullah (aku mampu lebih dari itu).” 

Beliau bersabda, “Tujuh hari (setiap bulan).” 

Aku mengatakan, “Wahai Rasulullah (aku mampu lebih dari itu).” 

Beliau bersabda, “Sembilan hari (setiap bulan).” 

Aku mengatakan, “Wahai Rasulullah (aku mampu lebih dari itu).” 

Beliau bersabda, “Sebelas hari (setiap bulan).” 

Aku mengatakan, “Wahai Rasulullah (aku mampu lebih dari itu).” 

Kemudian Nabi bersabda, “Tidak ada puasa di atas puasa Dawud, yaitu puasa setengah tahun: puasa sehari dan tidak puasa sehari.”