Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 3126

١٠ - بَابُ مَنۡ قَاتَلَ لِلۡمَغۡنَمِ، هَلۡ يَنۡقُصُ مِنۡ أَجۡرِه؟
10. Bab barang siapa berperang untuk ganimah, apakah pahalanya berkurang?


٣١٢٦ - حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بۡنُ بَشَّارٍ: حَدَّثَنَا غُنۡدَرٌ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ، عَنۡ عَمۡرٍو قَالَ: سَمِعۡتُ أَبَا وَائِلٍ قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو مُوسَى الۡأَشۡعَرِيُّ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: قَالَ أَعۡرَابِيٌّ لِلنَّبِيِّ ﷺ: الرَّجُلُ يُقَاتِلُ لِلۡمَغۡنَمِ، وَالرَّجُلُ يُقَاتِلُ لِيُذۡكَرَ، وَيُقَاتِلُ لِيُرَى مَكَانُهُ، مَنۡ فِي سَبِيلِ اللهِ؟ فَقَالَ: (مَنۡ قَاتَلَ لِتَكُونَ كَلِمَةُ اللهِ هِيَ الۡعُلۡيَا، فَهۡوَ فِي سَبِيلِ اللهِ). [طرفه في: ١٢٣]. 

3126. Muhammad bin Basysyar telah menceritakan kepadaku: Ghundar menceritakan kepada kami: Syu’bah menceritakan kepada kami dari ‘Amr. Beliau berkata: Aku mendengar Abu Wa`il berkata: Abu Musa Al-Asy’ari—radhiyallahu ‘anhu—menceritakan kepada kami. Beliau berkata: 

Seorang badui Arab bertanya kepada Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—, “Seorang lelaki berperang untuk ganimah, ada pula lelaki yang berperang untuk dikenang, dan ada yang berperang agar kedudukannya dipandang. Siapa yang di jalan Allah?” 

Nabi menjawab, “Siapa saja yang berperang agar kalimat Allah menjadi yang paling tinggi, maka dialah yang di jalan Allah.”