Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 6009

٦٠٠٩ - حَدَّثَنَا إِسۡمَاعِيلُ: حَدَّثَنِي مَالِكٌ عَنۡ سُمَىٍّ مَوۡلَى أَبِي بَكۡرٍ، عَنۡ أَبِي صَالِحٍ السَّمَّانِ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَالَ: (بَيۡنَمَا رَجُلٌ يَمۡشِي بِطَرِيقٍ، اشۡتَدَّ عَلَيۡهِ الۡعَطَشُ، فَوَجَدَ بِئۡرًا فَنَزَلَ فِيهَا، فَشَرِبَ ثُمَّ خَرَجَ، فَإِذَا كَلۡبٌ يَلۡهَثُ، يَأۡكُلُ الثَّرَى مِنَ الۡعَطَشِ، فَقَالَ الرَّجُلُ: لَقَدۡ بَلَغَ هَٰذَا الۡكَلۡبَ مِنَ الۡعَطَشِ مِثۡلُ الَّذِي كَانَ بَلَغَ بِي، فَنَزَلَ الۡبِئۡرَ فَمَلَأَ خُفَّهُ ثُمَّ أَمۡسَكَهُ بِفِيهِ، فَسَقَى الۡكَلۡبَ فَشَكَرَ اللهُ لَهُ فَغَفَرَ لَهُ). قَالُوا: يَا رَسُولَ اللهِ، وَإِنَّ لَنَا فِي الۡبَهَائِمِ أَجۡرًا؟ فَقَالَ: (فِي كُلِّ ذَاتِ كَبِدٍ رَطۡبَةٍ أَجۡرٌ). [طرفه في: ١٧٣]. 

6009. Isma’il telah menceritakan kepada kami: Malik menceritakan kepadaku dari Sumay maula Abu Bakr, dari Abu Shalih As-Samman, dari Abu Hurairah: 

Bahwa Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Suatu ketika, ada seorang lelaki di sebuah jalan. Dia merasa sangat haus. Dia mendapati sebuah sumur lalu turun ke dalamnya. Dia minum kemudian keluar. Ternyata ada seekor anjing menjulurkan lidah. Anjing itu makan tanah yang basah saking hausnya. Lelaki itu berkata: Anjing ini mengalami kehausan seperti yang kurasakan tadi. Lelaki itu pun turun ke dalam sumur lalu memenuhi sepatunya dengan air. Kemudian dia tahan sepatu itu dengan mulut (lalu naik). Lelaki itu memberi minum anjing. Allah berterima kasih kepadanya lalu mengampuninya.” 

Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah kita mendapatkan ganjaran atas perbuatan kita terhadap binatang-binatang?” 

Rasulullah menjawab, “(Perbuatan) terhadap setiap (makhluk) yang memiliki hati yang basah, ada ganjaran.”