Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 246

٧٨ - بَابُ دَفۡعِ السِّوَاكِ إِلَى الۡأَكۡبَرِ
78. Bab memberikan siwak kepada orang yang lebih tua


٢٤٦ - وَقَالَ عَفَّانُ: حَدَّثَنَا صَخۡرُ بۡنُ جُوَيۡرِيَةَ، عَنۡ نَافِعٍ، عَنِ ابۡنِ عُمَرَ: أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ قَالَ: (أَرَانِي أَتَسَوَّكُ بِسِوَاكٍ، فَجَاءَنِي رَجُلَانِ، أَحَدُهُمَا أَكۡبَرُ مِنَ الۡآخَرِ، فَنَاوَلۡتُ السِّوَاكَ الۡأَصۡغَرَ مِنۡهُمَا، فَقِيلَ لِي: كَبِّرۡ، فَدَفَعۡتُهُ إِلَى اۡلأَكۡبَرِ مِنۡهُمَا). 

قَالَ أَبُو عَبۡدِ اللهِ: اخۡتَصَرَهُ نُعَيۡمٌ، عَنِ ابۡنِ الۡمُبَارَكِ، عَنۡ أُسَامَةَ، عَنۡ نَافِعٍ، عَنِ ابۡنِ عُمَرَ. 

246. ‘Affan berkata: Shakhr bin Juwairiyah menceritakan kepada kami dari Nafi’, dari Ibnu ‘Umar: Bahwa Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Aku melihat diriku bersiwak menggunakan siwak lalu ada dua orang mendatangiku. Salah satunya lebih tua daripada yang lain. Aku memberikan siwak kepada orang yang lebih muda di antara dua orang itu, namun ada yang berkata kepadaku, ‘Dahulukan yang lebih tua!’ Aku pun memberikannya kepada yang lebih tua di antara mereka berdua.” 

Abu ‘Abdullah berkata: Nu’aim menyingkat matan hadis itu dari Ibnu Al-Mubarak, dari Usamah, dari Nafi’, dari Ibnu ‘Umar.