Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 4512

٢٩ - بَابُ ﴿وَلَيۡسَ الۡبِرُّ بِأَنۡ تَأۡتُوا الۡبُيُوتَ مِنۡ ظُهُورِهَا وَلَكِنَّ الۡبِرَّ مَنِ اتَّقَى وَأۡتُوا الۡبُيُوتَ مِنۡ أَبۡوَابِهَا وَاتَّقُوا اللهَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُونَ﴾ ۝١٨٩
29. Bab “Bukanlah kebajikan memasuki rumah-rumah dari belakangnya, akan tetapi kebajikan itu ialah kebajikan orang yang bertakwa. Masuklah ke rumah-rumah itu dari pintu-pintunya. Dan bertakwalah kepada Allah agar kalian beruntung.” (QS. Al-Baqarah: 189)


٤٥١٢ - حَدَّثَنَا عُبَيۡدُ اللهِ بۡنُ مُوسَى، عَنۡ إِسۡرَائِيلَ، عَنۡ أَبِي إِسۡحَاقَ، عَنِ الۡبَرَاءِ قَالَ: كَانُوا إِذَا أَحۡرَمُوا فِي الۡجَاهِلِيَّةِ أَتَوُا الۡبَيۡتَ مِنۡ ظَهۡرِهِ، فَأَنۡزَلَ اللهُ: ﴿وَلَيۡسَ الۡبِرُّ بِأَنۡ تَأۡتُوا الۡبُيُوتَ مِنۡ ظُهُورِهَا وَلَكِنَّ الۡبِرَّ مَنِ اتَّقَى وَأۡتُوا الۡبُيُوتَ مِنۡ أَبۡوَابِهَا﴾. [طرفه في: ١٨٠٣]. 

4512. ‘Ubaidullah bin Musa telah menceritakan kepada kami dari Isra`il, dari Abu Ishaq, dari Al-Bara`. Beliau berkata: Dahulu, apabila mereka telah berihram di masa jahiliah, maka mereka mendatangi rumah dari belakangnya. Lalu Allah menurunkan ayat, “Bukanlah kebajikan memasuki rumah-rumah dari belakangnya, akan tetapi kebajikan itu ialah kebajikan orang yang bertakwa. Masuklah ke rumah-rumah itu dari pintu-pintunya!”