Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 3404

٣٤٠٤ - حَدَّثَنِي إِسۡحَاقُ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ: حَدَّثَنَا رَوۡحُ بۡنُ عُبَادَةَ: حَدَّثَنَا عَوۡفٌ، عَنِ الۡحَسَنِ وَمُحَمَّدٍ وَخِلَاسٍ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (إِنَّ مُوسَى كَانَ رَجُلًا حَيِيًّا سِتِّيرًا، لَا يُرَى مِنۡ جِلۡدِهِ شَىۡءٌ اسۡتِحۡيَاءً مِنۡهُ، فَآذَاهُ مَنۡ آذَاهُ مِنۡ بَنِي إِسۡرَائِيلَ، فَقَالُوا: مَا يَسۡتَتِرُ هَٰذَا التَّسَتُّرَ، إِلَّا مِنۡ عَيۡبٍ بِجِلۡدِهِ، إِمَّا بَرَصٌ وَإِمَّا أُدۡرَةٌ، وَإِمَّا آفَةٌ، وَإِنَّ اللهَ أَرَادَ أَنۡ يُبَرِّئَهُ مِمَّا قَالُوا لِمُوسَى، فَخَلَا يَوۡمًا وَحۡدَهُ، فَوَضَعَ ثِيَابَهُ عَلَى الۡحَجَرِ، ثُمَّ اغۡتَسَلَ، فَلَمَّا فَرَغَ أَقۡبَلَ إِلَى ثِيَابِهِ لِيَأۡخُذَهَا، وَإِنَّ الۡحَجَرَ عَدَا بِثَوۡبِهِ، فَأَخَذَ مُوسَى عَصَاهُ وَطَلَبَ الۡحَجَرَ، فَجَعَلَ يَقُولُ: ثَوۡبِي حَجَرُ، ثَوۡبِي حَجَرُ، حَتَّى انۡتَهَى إِلَى مَلَإٍ مِنۡ بَنِي إِسۡرَائِيلَ، فَرَأَوۡهُ عُرۡيَانًا أَحۡسَنَ مَا خَلَقَ اللهُ، وَأَبۡرَأَهُ مِمَّا يَقُولُونَ، وَقَامَ الۡحَجَرُ، فَأَخَذَ ثَوۡبَهُ فَلَبِسَهُ، وَطَفِقَ بِالۡحَجَرِ ضَرۡبًا بِعَصَاهُ، فَوَاللهِ إِنَّ بِالۡحَجَرِ لَنَدَبًا مِنۡ أَثَرِ ضَرۡبِهِ، ثَلَاثًا أَوۡ أَرۡبَعًا أَوۡ خَمۡسًا، فَذٰلِكَ قَوۡلُهُ: ﴿يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَكُونُوا كَالَّذِينَ آذَوۡا مُوسَى فَبَرَّأَهُ اللهُ مِمَّا قَالُوا وَكَانَ عِنۡدَ اللهِ وَجِيهًا﴾ [الأحزاب: ٦٩]. [طرفه في: ٢٧٨]. 

3404. Ishaq bin Ibrahim telah menceritakan kepadaku: Rauh bin ‘Ubadah menceritakan kepada kami: ‘Auf menceritakan kepada kami dari Al-Hasan, Muhammad, dan Khilas, dari Abu Hurairah—radhiyallahu ‘anhu—. Beliau mengatakan: Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda: 

Sesungguhnya Nabi Musa adalah seorang pria yang pemalu dan suka menutupi tubuhnya sehingga tidak ada kulit beliau yang terlihat karena malu. 

Orang-orang di antara bani Israil menyakiti beliau dengan berkata, “Tidaklah orang ini menutupi tubuhnya kecuali karena ada aib pada kulitnya. Bisa jadi berupa kusta, atau biji pelirnya bengkak, atau cacat.” 

Sesungguhnya Allah ingin membersihkan beliau dari tuduhan mereka kepada Nabi Musa. Suatu hari, beliau menyendiri, beliau menanggalkan pakaian di atas batu, kemudian beliau mandi. Ketika beliau selesai, beliau mendekati pakaian tadi untuk mengambilnya. Ternyata batu itu pergi membawa pakaiannya. Nabi Musa mengambil tongkatnya dan mengejar batu itu. 

Beliau berkata, “Hai batu, pakaianku! Hai batu, pakaianku!” 

Sampai beliau sampai di tempat para pemuka bani Israil. Mereka melihat beliau telanjang dalam bentuk ciptaan Allah yang paling baik. Allah membersihkan Nabi Musa dari tuduhan mereka. Batu itu pun berhenti, lalu Nabi Musa mengambil pakaiannya dan memakainya. Beliau memukuli batu itu dengan tongkatnya. Demi Allah, di batu itu ada bekas pukulan beliau sebanyak tiga, empat, atau lima. 

Kejadian itulah yang Allah firmankan, “Wahai sekalian orang-orang yang beriman, janganlah kalian menjadi seperti orang-orang yang sudah menyakiti Musa. Maka, Allah pun membersihkannya dari tuduhan mereka. Dan Musa adalah seseorang yang memiliki kedudukan terhormat di sisi Allah.” (QS. Al-Ahzab: 69).