Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 2861

٤٩ - بَابُ مَنۡ ضَرَبَ دَابَّةَ غَيۡرِهِ فِي الۡغَزۡوِ
49. Bab barang siapa memukul hewan tunggangan milik orang lain dalam peperangan


٢٨٦١ - حَدَّثَنَا مُسۡلِمٌ: حَدَّثَنَا أَبُو عَقِيلٍ: حَدَّثَنَا أَبُو الۡمُتَوَكِّلِ النَّاجِيُّ قَالَ: أَتَيۡتُ جَابِرَ بۡنَ عَبۡدِ اللهِ الۡأَنۡصَارِيَّ فَقُلۡتُ لَهُ: حَدِّثۡنِي بِمَا سَمِعۡتَ مِنۡ رَسُولِ اللهِ ﷺ، قَالَ: سَافَرۡتُ مَعَهُ فِي بَعۡضِ أَسۡفَارِهِ - قَالَ أَبُو عَقِيلٍ: لَا أَدۡرِي غَزۡوَةً أَوۡ عُمۡرَةً - فَلَمَّا أَنۡ أَقۡبَلۡنَا، قَالَ النَّبِيُّ ﷺ: (مَنۡ أَحَبَّ أَنۡ يَتَعَجَّلَ إِلَى أَهۡلِهِ فَلۡيُعَجِّلۡ). قَالَ جَابِرٌ: فَأَقۡبَلۡنَا وَأَنَا عَلَى جَمَلٍ لِي أَرۡمَكَ، لَيۡسَ فِيهِ شِيَةٌ، وَالنَّاسُ خَلۡفِي، فَبَيۡنَا أَنَا كَذٰلِكَ، إِذۡ قَامَ عَلَيَّ، فَقَالَ لِي النَّبِيُّ ﷺ: (يَا جَابِرُ، اسۡتَمۡسِكۡ). فَضَرَبَهُ بِسَوۡطِهِ ضَرۡبَةً فَوَثَبَ الۡبَعِيرُ مَكَانَهُ، فَقَالَ: (أَتَبِيعُ الۡجَمَلَ؟) قُلۡتُ: نَعَمۡ، فَلَمَّا قَدِمۡنَا الۡمَدِينَةَ وَدَخَلَ النَّبِيُّ ﷺ الۡمَسۡجِدَ فِي طَوَائِفِ أَصۡحَابِهِ، فَدَخَلۡتُ إِلَيۡهِ، وَعَقَلۡتُ الۡجَمَلَ فِي نَاحِيَةِ الۡبَلَاطِ، فَقُلۡتُ لَهُ: هَٰذَا جَمَلُكَ، فَخَرَجَ فَجَعَلَ يُطِيفُ بِالۡجَمَلِ وَيَقُولُ: (الۡجَمَلُ جَمَلُنَا). فَبَعَثَ النَّبِيُّ ﷺ أَوَاقٍ مِنۡ ذَهَبٍ، فَقَالَ: (أَعۡطُوهَا جَابِرًا). ثُمَّ قَالَ: (اسۡتَوۡفَيۡتَ الثَّمَنَ؟) قُلۡتُ: نَعَمۡ، قَالَ: (الثَّمَنُ وَالۡجَمَلُ لَكَ). [طرفه في: ٤٤٣].

2861. Muslim telah menceritakan kepada kami: Abu ‘Aqil menceritakan kepada kami: Abu Al-Mutawakkil An-Naji menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Aku mendatangi Jabir bin ‘Abdullah Al-Anshari, lalu aku berkata kepadanya: Ceritakan hadis yang engkau dengar dari Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—. Jabir berkata:

Aku pernah bepergian bersama beliau dalam sebagian safarnya. Abu ‘Aqil berkata: Aku tidak tahu apakah safar dalam rangka perang atau umrah. Ketika kami sudah kembali, Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Siapa saja yang ingin untuk segera ke tempat keluarganya, segerakanlah!”

Jabir berkata: Kami kembali dalam keadaan aku menaiki seekor untaku yang berwarna merah kehitaman dan tidak memiliki tanda khusus. Sementara orang-orang berada di belakangku. Ketika aku dalam keadaan demikian, tiba-tiba untaku berhenti. Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—berkata kepadaku, “Wahai Jabir, tahan!”

Nabi memukul unta itu dengan cemetinya, lalu unta itu meloncat dari tempatnya. Nabi bertanya, “Apakah engkau menjual unta ini?”

Aku menjawab, “Iya.”

Ketika kami sudah tiba di Madinah, Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—masuk masjid bersama rombongan sahabatnya. Aku pun masuk menemui beliau. Aku menambatkan unta itu di sudut ubin. Aku berkata kepada Nabi, “Ini untamu.”

Nabi keluar lalu mulai mengitari unta itu dan berkata, “Unta ini unta kita.”

Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—mengutus orang untuk mengambil beberapa uqiyyah emas lalu berkata, “Berikan itu kepada Jabir!”

Nabi bertanya, “Apakah engkau sudah mendapatkan pelunasan harganya?”

Aku menjawab, “Iya. Sudah.”

Nabi berkata, “Pembayaran harga dan unta itu untukmu.”