Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 4052

٤٠٥٢ - حَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ: أَخۡبَرَنَا عَمۡرٌو، عَنۡ جَابِرٍ قَالَ: قَالَ لِي رَسُولُ اللهِ ﷺ: (هَلۡ نَكَحۡتَ يَا جَابِرُ؟) قُلۡتُ: نَعَمۡ. قَالَ: (مَاذَا أَبِكۡرًا أَمۡ ثَيِّبًا؟). قُلۡتُ: لَا بَلۡ ثَيِّبًا، قَالَ: (فَهَلَّا جَارِيَةً تُلَاعِبُكَ؟) قُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، إِنَّ أَبِي قُتِلَ يَوۡمَ أُحُدٍ، وَتَرَكَ تِسۡعَ بَنَاتٍ، كُنَّ لِي تِسۡعَ أَخَوَاتٍ، فَكَرِهۡتُ أَنۡ أَجۡمَعَ إِلَيۡهِنَّ جَارِيَةً خَرۡقَاءَ مِثۡلَهُنَّ، وَلَٰكِنِ امۡرَأَةً تَمۡشُطُهُنَّ وَتَقُومُ عَلَيۡهِنَّ، قَالَ: (أَصَبۡتَ). [طرفه في: ٤٤٣].

4052. Qutaibah telah menceritakan kepada kami: Sufyan menceritakan kepada kami: ‘Amr mengabarkan kepada kami dari Jabir. Beliau mengatakan:

Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bertanya kepadaku, “Apakah engkau sudah menikah wahai Jabir?”

Aku menjawab, “Sudah.”

Rasulullah bertanya, “Apakah dengan gadis atau janda?”

Aku menjawab, “Dengan janda.”

Rasulullah bertanya, “Mengapa tidak dengan gadis supaya dia bisa bercanda denganmu?”

Aku menjawab, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya ayahku meninggal di hari Uhud dan beliau meninggalkan sembilan putri. Jadi aku memiliki sembilan saudara perempuan. Aku tidak suka untuk mengumpulkan seorang gadis yang belum pandai apa-apa semisal mereka dengan mereka. Akan tetapi aku memilih seorang wanita yang bisa merapikan rambut mereka dan mengurusi mereka.”

Rasulullah berkata, “Engkau benar.”