Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 1228

٤ - بَابُ مَنۡ لَمۡ يَتَشَهَّدۡ فِي سَجۡدَتَيِ السَّهۡوِ
4. Bab barang siapa tidak tasyahud pada dua sujud sahwi


وَسَلَّمَ أَنَسٌ وَالۡحَسَنُ وَلَمۡ يَتَشَهَّدَا. وَقَالَ قَتَادَةُ: لَا يَتَشَهَّدُ.

Anas dan Al-Hasan salam (setelah sujud sahwi) dan keduanya tidak tasyahud. Qatadah berkata: (Setelah sujud sahwi) tidak usah tasyahud.

١٢٢٨ - حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ يُوسُفَ: أَخۡبَرَنَا مَالِكُ بۡنُ أَنَسٍ، عَنۡ أَيُّوبَ بۡنِ أَبِي تَمِيمَةَ السَّخۡتِيَانِيِّ، عَنۡ مُحَمَّدِ بۡنِ سِيرِينَ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ انۡصَرَفَ مِنِ اثۡنَتَيۡنِ، فَقَالَ لَهُ ذُو الۡيَدَيۡنِ: أَقَصُرَتِ الصَّلَاةُ أَمۡ نَسِيتَ يَا رَسُولَ اللهِ؟ فَقَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (أَصَدَقَ ذُو الۡيَدَيۡنِ؟) فَقَالَ النَّاسُ: نَعَمۡ، فَقَامَ رَسُولُ اللهِ ﷺ فَصَلَّى اثۡنَتَيۡنِ أُخۡرَيَيۡنِ، ثُمَّ سَلَّمَ، ثُمَّ كَبَّرَ، فَسَجَدَ مِثۡلَ سُجُودِهِ أَوۡ أَطۡوَلَ، ثُمَّ رَفَعَ.

1228. ‘Abdullah bin Yusuf telah menceritakan kepada kami: Malik bin Anas mengabarkan kepada kami dari Ayyub bin Abu Tamimah As-Sakhtiyani, dari Muhammad bin Sirin, dari Abu Hurairah—radhiyallahu ‘anhu—:

Bahwa Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—selesai salat padahal baru dua rakaat. Dzu Al-Yadain berkata kepada beliau, “Apakah salat tadi diringkas atau engkau lupa wahai Rasulullah?”

Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Apakah Dzu Al-Yadain benar?”

Orang-orang berkata, “Iya.”

Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—berdiri lalu salat dua rakaat lagi kemudian salam. Kemudian beliau bertakbir lalu sujud semisal sujudnya atau lebih lama. Kemudian beliau bangkit.

حَدَّثَنَا سُلَيۡمَانُ بۡنُ حَرۡبٍ: حَدَّثَنَا حَمَّادٌ، عَنۡ سَلَمَةَ بۡنِ عَلۡقَمَةَ قَالَ: قُلۡتُ لِمُحَمَّدٍ: فِي سَجۡدَتَيِ السَّهۡوِ تَشَهُّدٌ؟ قَالَ: لَيۡسَ فِي حَدِيثِ أَبِي هُرَيۡرَةَ. [طرفه في: ٤٨٢].

Sulaiman bin Harb telah menceritakan kepada kami: Hammad menceritakan kepada kami dari Salamah bin ‘Alqamah. Beliau berkata: Aku bertanya kepada Muhammad, “Apakah setelah dua sujud sahwi ada tasyahud?”

Muhammad bin Sirin menjawab, “Itu tidak disebutkan dalam hadis Abu Hurairah.”