Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 2790

٤ - بَابُ دَرَجَاتِ الۡمُجَاهِدِينَ فِي سَبِيلِ اللهِ
4. Bab tingkatan mujahidin di jalan Allah


يُقَالُ: هٰذِهِ سَبِيلِي وَهٰذَا سَبِيلِي.

Boleh dikatakan: hādzihi sabīlī atau hādzā sabīlī.

٢٧٩٠ - حَدَّثَنَا يَحۡيَى بۡنُ صَالِحٍ: حَدَّثَنَا فُلَيۡحٌ، عَنۡ هِلَالِ بۡنِ عَلِيٍّ، عَنۡ عَطَاءِ بۡنِ يَسَارٍ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (مَنۡ آمَنَ بِاللهِ وَبِرَسُولِهِ، وَأَقَامَ الصَّلَاةَ، وَصَامَ رَمَضَانَ، كَانَ حَقًّا عَلَى اللهِ أَنۡ يُدۡخِلَهُ الۡجَنَّةَ، جَاهَدَ فِي سَبِيلِ اللهِ، أَوۡ جَلَسَ فِي أَرۡضِهِ الَّتِي وُلِدَ فِيهَا). فَقَالُوا: يَا رَسُولَ اللهِ، أَفَلَا نُبَشِّرُ النَّاسَ؟ قَالَ: (إِنَّ فِي الۡجَنَّةِ مِائَةَ دَرَجَةٍ، أَعَدَّهَا اللهُ لِلۡمُجَاهِدِينَ فِي سَبِيلِ اللهِ، مَا بَيۡنَ الدَّرَجَتَيۡنِ كَمَا بَيۡنَ السَّمَاءِ وَالۡأَرۡضِ، فَإِذَا سَأَلۡتُمُ اللهَ فَاسۡأَلُوهُ الۡفِرۡدَوۡسَ، فَإِنَّهُ أَوۡسَطُ الۡجَنَّةِ وَأَعۡلَى الۡجَنَّةِ - أُرَاهُ - فَوۡقَهُ عَرۡشُ الرَّحۡمٰنِ، وَمِنۡهُ تَفَجَّرُ أَنۡهَارُ الۡجَنَّةِ).

قَالَ مُحَمَّدُ بۡنُ فُلَيۡحٍ، عَنۡ أَبِيهِ: (وَفَوۡقَهُ عَرۡشُ الرَّحۡمٰنِ).

[الحديث ٢٧٩٠ - طرفه في: ٧٤٢٣].

2790. Yahya bin Shalih telah menceritakan kepada kami: Fulaih menceritakan kepada kami dari Hilal bin ‘Ali, dari ‘Atha` bin Yasar, dari Abu Hurairah—radhiyallahu ‘anhu—. Beliau mengatakan:

Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Siapa saja yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, menegakkan salat, dan berpuasa Ramadan, wajib bagi Allah untuk memasukkannya ke janah, baik dia berjihad di jalan Allah atau tinggal di tanah kelahirannya.”

Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, apa boleh kami beritakan kabar gembira ini kepada orang-orang?”

Beliau bersabda, “Sesungguhnya di dalam janah ada seratus tingkatan yang Allah siapkan untuk mujahidin di jalan Allah. Jarak antara dua tingkatan tersebut seperti antara langit dan bumi. Jika kalian meminta Allah, mintalah Firdaus, karena itulah janah bagian paling tengah dan paling tinggi.—Aku mengira beliau berkata—Di atas Firdaus ada arasy Ar-Rahman dan sungai-sungai janah memancar dari situ.”

Muhammad bin Fulaih berkata dari ayahnya, “Di atas Firdaus ada arasy Ar-Rahman.”