Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadis nomor 2955

١٠٨ - بَابُ السَّمۡعِ وَالطَّاعَةِ لِلۡإِمَامِ
108. Bab mendengar dan taat kepada pemimpin


٢٩٥٥ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ: حَدَّثَنَا يَحۡيَى، عَنۡ عُبَيۡدِ اللهِ قَالَ: حَدَّثَنِي نَافِعٌ، عَنِ ابۡنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ. وَحَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بۡنُ صَبَّاحٍ: حَدَّثَنَا إِسۡمَاعِيلُ بۡنُ زَكَرِيَّاءَ، عَنۡ عُبَيۡدِ اللهِ، عَنۡ نَافِعٍ، عَنِ ابۡنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: (السَّمۡعُ وَالطَّاعَةُ حَقٌّ، مَا لَمۡ يُؤۡمَرۡ بِالۡمَعۡصِيَةِ، فَإِذَا أُمِرَ بِمَعۡصِيَةٍ فَلَا سَمۡعَ وَلَا طَاعَةَ). [الحديث ٢٩٥٥ - طرفه في: ٧١٤٤].

2955. Musaddad telah menceritakan kepada kami: Yahya menceritakan kepada kami dari ‘Ubaidullah. Beliau berkata: Nafi’ menceritakan kepadaku dari Ibnu ‘Umar—radhiyallahu ‘anhuma—, dari Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—.

Muhammad bin Shabbah telah menceritakan kepadaku: Isma’il bin Zakariyya` menceritakan kepada kami dari ‘Ubaidullah, dari Nafi’, dari Ibnu ‘Umar—radhiyallahu ‘anhuma—, dari Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—.

Beliau bersabda, “Mendengar dan taat (kepada ululamri) (hukumnya) wajib selama tidak diperintah dengan kemaksiatan. Apabila diperintahkan dengan kemaksiatan, tidak boleh mendengar dan taat.”