Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadis nomor 7499

٧٤٩٩ - حَدَّثَنَا مَحۡمُودٌ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الرَّزَّاقِ: أَخۡبَرَنَا ابۡنُ جُرَيۡجٍ: أَخۡبَرَنِي سُلَيۡمَانُ الۡأَحۡوَلُ: أَنَّ طَاوُسًا أَخۡبَرَهُ: أَنَّهُ سَمِعَ ابۡنَ عَبَّاسٍ يَقُولُ: كَانَ النَّبِيُّ ﷺ إِذَا تَهَجَّدَ مِنَ اللَّيۡلِ قَالَ: (اللّٰهُمَّ لَكَ الۡحَمۡدُ، أَنۡتَ نُورُ السَّمَوَاتِ وَالۡأَرۡضِ، وَلَكَ الۡحَمۡدُ، أَنۡتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَالۡأَرۡضِ، وَلَكَ الۡحَمۡدُ، أَنۡتَ رَبُّ السَّمَوَاتِ وَالۡأَرۡضِ وَمَنۡ فِيهِنَّ، أَنۡتَ الۡحَقُّ، وَوَعۡدُكَ الۡحَقُّ، وَقَوۡلُكَ الۡحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الۡحَقُّ، وَالۡجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّونَ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، اللّٰهُمَّ لَكَ أَسۡلَمۡتُ، وَبِكَ آمَنۡتُ، وَعَلَيۡكَ تَوَكَّلۡتُ، وَإِلَيۡكَ أَنَبۡتُ، وَبِكَ خَاصَمۡتُ، وَإِلَيۡكَ حَاكَمۡتُ، فَاغۡفِرۡ لِي مَا قَدَّمۡتُ وَمَا أَخَّرۡتُ، وَمَا أَسۡرَرۡتُ وَمَا أَعۡلَنۡتُ، أَنۡتَ إِلٰهِي، لَا إِلٰهَ إِلَّا أَنۡتَ). [طرفه في: ١١٢٠].

7499. Mahmud telah menceritakan kepada kami: ‘Abdurrazzaq menceritakan kepada kami: Ibnu Juraij mengabarkan kepada kami: Sulaiman Al-Ahwal mengabarkan kepadaku bahwa Thawus mengabarkan kepadanya: Beliau mendengar Ibnu ‘Abbas mengatakan: Dahulu, apabila Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—salat tahajud di malam hari, beliau berdoa,

“Allahumma lakal ḥamdu, anta nūrus samawāti wal arḍi. Wa lakal ḥamdu, anta qayyimus samawāti wal arḍi. Wa lakal ḥamdu, anta rabbus samawāti wal arḍi wa man fīhinn. Antal ḥaqq, wa wa’dukal ḥaqq, wa qaulukal ḥaqq, wa liqā`ukal ḥaqq. Wal jannatu ḥaqq, wan nāru ḥaqq, wan nabiyyūna ḥaqq, was sā’atu ḥaqq. Allahumma laka aslamtu, wa bika āmantu, wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khāṣamtu, wa ilaika ḥākamtu, fagfir lī mā qaddamtu wa mā akhkhartu, wa mā asrartu wa mā a’lantu. Anta ilāhī. Lā ilāha gairuka.

(Ya Allah, hanya milik-Mu segala pujian. Engkau cahaya langit dan bumi. Hanya milik-Mu segala pujian. Engkau yang mengurusi langit-langit dan bumi. Hanya milik-Mu segala pujian. Engkau adalah Tuhan langit, bumi, dan siapa saja yang ada di dalamnya. Engkau adalah Yang Maha Benar, janji-Mu adalah kebenaran, perkataan-Mu adalah kebenaran, dan perjumpaan dengan-Mu adalah kebenaran. Janah benar, neraka benar, para nabi benar, hari kiamat benar. Ya Allah, hanya kepada-Mu aku berserah diri, aku beriman kepada-Mu, aku bertawakal kepada-Mu, aku kembali kepada-Mu, aku bermusuhan dengan pertolongan-Mu, dan aku berhukum kepada-Mu. Ampunilah dosaku yang telah aku kerjakan dan yang akan datang, dosa yang aku sembunyikan dan yang aku nyatakan. Engkau adalah ilahku. Tidak ada sesembahan yang benar selain Engkau.)”