Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadis nomor 6333

٦٣٣٣ - حَدَّثَنَا عَلِيُّ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ، عَنۡ إِسۡمَاعِيلَ، عَنۡ قَيۡسٍ قَالَ: سَمِعۡتُ جَرِيرًا قَالَ: قَالَ لِي رَسُولُ اللهِ ﷺ: (أَلَا تُرِيحُنِي مِنۡ ذِي الۡخَلَصَةِ؟). وَهُوَ نُصُبٌ كَانُوا يَعۡبُدُونَهُ، يُسَمَّى الۡكَعۡبَةَ الۡيَمَانِيَةَ، قُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، إِنِّي رَجُلٌ لَا أَثۡبُتُ عَلَى الۡخَيۡلِ، فَصَكَّ فِي صَدۡرِي، فَقَالَ: (اللّٰهُمَّ ثَبِّتۡهُ، وَاجۡعَلۡهُ هَادِيًا مَهۡدِيًّا). قَالَ: فَخَرَجۡتُ فِي خَمۡسِينَ مِنۡ أَحۡمَسَ مِنۡ قَوۡمِي، وَرُبَّمَا قَالَ سُفۡيَانُ: فَانۡطَلَقۡتُ فِي عُصۡبَةٍ مِنۡ قَوۡمِي فَأَتَيۡتُهَا فَأَحۡرَقۡتُهَا، ثُمَّ أَتَيۡتُ النَّبِيَّ ﷺ فَقُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، وَاللهِ مَا أَتَيۡتُكَ حَتَّى تَرَكۡتُهَا مِثۡلَ الۡجَمَلِ الۡأَجۡرَبِ، فَدَعَا لِأَحۡمَسَ وَخَيۡلِهَا. [طرفه في: ٣٠٢٠].

6333. ‘Ali bin ‘Abdullah telah menceritakan kepada kami: Sufyan menceritakan kepada kami dari Isma’il, dari Qais. Beliau berkata: Aku mendengar Jarir berkata: Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—berkata kepadaku, “Tidakkah engkau bisa mengistirahatkanku dari Dzu Al-Khalashah?” Yaitu berhala-berhala yang diibadahi yang dijuluki Ka’bah Yamaniyah.

Aku berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku adalah orang yang tidak bisa mapan di atas kuda.”

Beliau menepuk dadaku seraya berdoa, “Ya Allah, mapankan dia dan jadikan dia pemberi petunjuk lagi mendapat petunjuk!”

Jarir berkata: Aku berangkat bersama lima puluh orang kabilah Ahmas dari kaumku. Bisa jadi Sufyan berkata: Aku berangkat bersama rombongan kaumku. Aku mendatangi Dzu Al-Khalashah, lalu aku membakarnya. Kemudian aku mendatangi Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—lalu aku berkata, “Wahai Rasulullah, demi Allah, tidaklah aku datang kepadaku sampai aku telah meninggalkan Dzu Al-Khalashah seperti unta yang kudisan.”

Rasulullah lalu mendoakan kebaikan untuk kabilah Ahmas dan kuda-kudanya.