Cari Blog Ini

Taisirul 'Allam - Hadits Ke-24

الۡحَدِيثُ الرَّابِعُ وَالۡعِشۡرُونَ

٢٤ – عَنۡ عَبَّادِ بۡنِ تَمِيمٍ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ زَيۡدِ بۡنِ عَاصِمٍ الۡمَازِنِيِّ قَالَ: شُكِيَ[1] إِلَى النَّبِيِّ ﷺ الرَّجُلُ يُخَيَّلُ إِلَيۡهِ أَنَّهُ يَجِدُ الشَّيۡءَ فِي الصَّلَاةِ، فَقَالَ: (لَا يَنۡصَرِفُ حَتَّى يَسۡمَعَ صَوۡتًا أَوۡ يَجِدَ رِيحًا)[2]
24. Dari ‘Abbad bin Tamim, dari ‘Abdullah bin Zaid bin ‘Ashim Al-Mazini, beliau berkata: Seseorang diadukan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, dia dikhayalkan bahwa dia mendapati sesuatu ketika shalat. Maka Nabi bersabda, “Janganlah ia memutus shalatnya sampai ia mendengar suara atau mendapati bau.” 

الۡمَعۡنَى الۡإِجۡمَالِي:

هٰذَا الۡحَدِيثُ – كَمَا ذَكَرَ النَّوَوِيُّ رَحِمَهُ اللهُ – مِنۡ قَوَاعِدِ الۡإِسۡلَامِ الۡعَامَّةِ وَأَصُولِهِ الَّتِي تُبۡنَى عَلَيۡهَا الۡأَحۡكَامُ الۡكَثِيرَةُ الۡجَلِيلَةُ.
وَهِيَ أَنَّ الۡأَصۡلَ بَقَاءُ الۡأَشۡيَاءِ الۡمُتَيَقِّنَةِ عَلَى حُكۡمِهَا، فَلَا يَعۡدِلُ عَنۡهَا لِمُجَرَّدِ الشُّكُوكِ وَالظُّنُونِ، سَوَاءً قَوِيَتۡ الشُّكُوكُ، أَوۡ ضَعُفَتۡ، مَا دَامَتۡ لَمۡ تَصِلۡ إِلَى دَرَجَةِ الۡيَقِينِ، وَأَمۡثِلَةُ ذٰلِكَ كَثِيرَةٌ لَا تَخۡفَى. وَمِنۡهَا هٰذَا الۡحَدِيثُ.
فَمَا دَامَ الۡإِنۡسَانُ مُتَيَقِّنًا لِلطَّهَارَةِ، ثُمَّ شَكَّ فِي الۡحَدَثِ فَالۡأَصۡلُ بَقَاءُ طَهَارَتِهِ، وَبِالۡعَكۡسِ فَمَنۡ تَيَقَّنَ الۡحَدَثَ، وَشَكَّ فِي الطَّهَارَةِ فَالۡأَصۡلُ بَقَاءُ الۡحَدَثِ، وَمِنۡ هٰذَا الثِّيَابُ وَالۡأَمۡكِنَةُ، فَالۡأَصۡلُ فِيهَا الطَّهَارَةُ، إِلَّا بِيَقِينِ نَجَاسَتِهَا.

Makna secara umum:

Hadits ini –sebagaimana yang An-Nawawi rahimahullah sebutkan- termasuk kaidah-kaidah Islam yang umum dan pokok, yang banyak hukum-hukum yang agung dibangun di atas kaidah ini. Yaitu bahwa hukum asal adalah tetapnya sesuatu yang diyakini di atas hukumnya dan tidak bisa berpindah hukumnya disebabkan semata-mata keraguan dan prasangka. Sama saja, baik keraguan itu kuat atau lemah, selama tidak sampai kepada derajat yakin. Contoh dari penerapan kaidah ini banyak. Di antaranya adalah hadits ini. Sehingga, jika selama orang itu yakin pada kesuciannya, kemudian dia ragu apakah dia berhadats, maka asal hukumnya dia tetap suci. Kebalikannya, barangsiapa yakin berhadats dan ragu apakah suci, maka asal hukumnya dia tetap berhadats. Termasuk dalam hal ini adalah pakaian-pakaian dan tempat-tempat. Asalnya adalah suci kecuali yakin akan kenajisannya.
وَمِنۡ ذٰلِكَ عَدَدُ الرَّكۡعَاتِ فِي الصَّلَاةِ، فَمَنۡ تَيَقَّنَ ثَلَاثًا مِثۡلًا، وَشَكَّ فِي الرَّابِعَةِ، فَالۡأَصۡلُ عَدَمُهَا.
وَمِنۡ ذٰلِكَ، مَنۡ شَكَّ فِي طَلَاقِ زَوۡجَتِهِ. فَالۡأَصۡلُ بَقَاءُ النِّكَاحِ. وَهٰكَذَا مِنَ الۡمَسَائِلِ الۡكَثِيرَةِ الَّتِي لَا تَخۡفَى.
Termasuk perkara ini pula adalah hitungan rakaat di dalam shalat. Barangsiapa yakin sudah shalat tiga rakaat, misalnya, lalu dia ragu dalam rakaat keempat, maka asal hukumnya adalah rakaat keempat tersebut belum ada.
Termasuk perkara ini, barangsiapa ragu dalam menceraikan istrinya, maka asal hukumnya adalah status pernikahannya tetap berlaku. Demikian pula pada banyak masalah lainnya yang telah diketahui. 

مَا يُؤۡخَذُ مِنَ الۡحَدِيثِ:

١ – الۡقَاعِدَةُ الۡعَامَّةُ وَهِيَ أَنَّ الۡأَصۡلَ بَقَاءُ مَا كَانَ عَلَى مَا كَانَ.
٢ – أَنَّ مُجَرَّدَ الشَّكِّ فِي الۡحَدَثِ، لَا يُبۡطِلُ الۡوُضُوءَ، وَلَا الصَّلَاةَ.
٣ – تَحۡرِيمُ الۡإِنۡصِرَافِ مِنَ الصَّلَاةِ لِغَيۡرِ سَبَبٍ بَيِّنٍ.
٤ – أَنَّ الرِّيحَ الۡخَارِجَةَ مِنَ الدُّبُرِ، بِصَوۡتٍ أَوۡ بِغَيۡرِ صَوۡتٍ، نَاقِضَةٌ لِلۡوُضُوءِ.
٥ – يُرَادُ مِنۡ سِمَاعِ الصَّوۡتِ وَوُجۡدَانِ الرِّيحِ فِي الۡحَدِيثِ، التَّيَقُّنُ مِنۡ ذٰلِكَ. فَلَوۡ كَانَ لَا يَسۡمَعُ وَلَا يَشُمُّ، وَتَيَقَّنَ بِغَيۡرِ هٰذَيۡنِ الطَّرِيقَيۡنِ، انۡتَقَضَ وُضُوؤُهُ.

Faidah hadits ini:

  1. Kaidah umum bahwa asal sesuatu itu tetap pada keadaannya.
  2. Semata-mata ragu dalam berhadats tidak membatalkan wudhu` dan shalat.
  3. Pengharaman memutus shalat tanpa sebab yang jelas.
  4. Bahwa angin yang keluar dari dubur, baik bersuara atau tidak, adalah membatalkan wudhu`.
  5. Yang dimaukan dari didengarnya suara dan diciumnya bau di dalam hadits ini adalah keyakinan terhadap perkara itu. Seandainya seseorang tidak mendengar dan tidak mencium bau namun ia yakin meskipun tanpa dua hal ini, maka batal wudhu`nya.


[1] شُكِيَ: بِضَمِّ الشِّينِ وَكَسۡرِ الۡكَافِ، مَبۡنِيٌّ لِلۡمَجۡهُولِ، وَ(الرَّجُلُ) قَائِمٌ مَقَامَ الۡفَاعِلِ. وَالشَّاكِي هُوَ الرَّاوِي عَبۡدُ اللهِ بۡنُ زَيۡدٍ، كَذَا جَاءَ فِي الصَّحِيحِ. 
[2] رَوَاهُ الۡبُخَارِيُّ رقم (١٣٧) فِي الۡوُضُوءِ، (٢٠٥٦) فِي الۡبُيُوعِ، وَمُسۡلِمٌ (٣٦١) فِي الۡحَيۡضِ، وَأَبُو دَاوُدَ (١٧٦) فِي الطَّهَارَةِ: بَابٌ إِذَا شَكَّ فِي الۡحَدَثِ وَ(٥١٣) بَابٌ لَاوُضُوءَ إِلَّا مِنۡ حَدَثٍ.