Cari Blog Ini

Ad Darari Al Mudhiyyah

Setiap hamba tidak akan pernah lepas dari tiga interaksi: interaksi antara dirinya dengan Rabbnya, interaksi antarhamba, dan interaksi antara dirinya dengan lingkungan sekitar berupa hewan tumbuhan dan lainnya. Interaksi pertama berupa ibadah dengan segala jenisnya. Interaksi kedua berupa jual beli, utang piutang, pernikahan, jihad, pemerintahan, dan seterusnya. Interaksi ketiga berupa aktivitas menanam, menyembelih, membunuh hewan yang berbahaya, dan sebagainya.

Kesemua interaksi ini terangkum dalam bab-bab fikih. Dari sinilah bisa dipahami pentingnya kita mempelajari fikih. Dengan mempelajari fikih, kita akan mengetahui bagaimana agama kita yang mulia mengatur kesemua peri kehidupan kita. Kita pun tahu, bahwa setiap hal telah digariskan dan diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam demi maslahat umatnya.

Ada dua orang musyrik yang mengejek Salman Al Farisi radhiyallahu ‘anhu, “Nabi kalian mengajari segala sesuatu sampai pada masalah buang hajat!”

Salman radhiyallahu ‘anhu pun justru menimpali dengan mantap dan bangga, “Benar! Beliau melarang kami untuk menghadap kiblat saat kencing maupun buang air besar. Beliau juga melarang untuk cebok dengan tangan kanan. Beliau juga melarang untuk cebok kurang dari tiga batu. Beliau juga melarang untuk cebok dengan tulang dan kotoran kering.” [H.R. Muslim].

Begitulah, hendaknya kita bangga dengan agama kita yang lengkap ini. Agama ini telah Allah subhanahu wa ta’ala lengkapi, sehingga tidak akan perlu penambahan. Agama ini telah Allah subhanahu wa ta’ala ridai, sehingga tidak akan perlu penggantian. Kita bangga dengan Islam dengan mempelajarinya dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Ad Darari Al Mudhiyyah adalah salah satu kitab yang membahas masalah fikih tersebut. Penulisnya adalah Imam Muhammad bin ‘Ali Asy Syaukani rahimahullah (wafat 1250 H). Kitab ini adalah sebuah kitab syarh (penjelas) dari kitab matan (ringkasan kesimpulan) karya beliau juga, Ad Durar Al Bahiyyah. 

FIKIH AHLI HADIS 


Dalam kitab ini, kita akan mengetahui bahwa Imam Asy Syaukani rahimahullah memiliki metode khusus dalam fikih yang jarang diambil oleh para ulama lain. Hal ini disebabkan, Imam Asy Syaukani rahimahullah tidaklah menuliskan kitab tersebut dengan mazhab tertentu. Akan tetapi, beliau mengambil kesimpulan sesuai dengan dalil dari Al Quran dan sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, bukan merujuk kepada mazhab tertentu: Hanafi, Maliki, Syafi’i, atau Hambali. Sehingga, terkadang beliau mencocoki mazhab Hanafi, kadang sesuai mazhab Maliki, dan seterusnya.

Bukan berarti mengambil satu mazhab untuk mempelajari fikih adalah tercela. Boleh saja kita mempelajari fikih dengan satu mazhab tertentu untuk memudahkan memahami bahasannya, mengokohkan dalam menghafal masalah-masalahnya, serta sebagai landasan untuk menuju kepada jenjang setelahnya dalam memahami fikih. Yang tercela adalah, ketika kita mengikuti kepada suatu pendapat tanpa menoleh kepada dalil dan dasar pendapat tersebut. Demikian pula, tercela jika seseorang mendapatkan kebenaran pada mazhab lain namun tidak mengambilnya.

Adapun Imam Asy Syaukani rahimahullah, Allah subhanahu wa ta’ala menganugerahi beliau ilmu yang luas, sehingga terkumpul pada beliau syarat-syarat ijtihad. Beliau menguasai berbagai bidang ilmu agama ini. Hal ini tecermin dalam karya-karya beliau yang mencapai lebih dari seratus judul karya. Tafsir, beliau menulis Fathul Qadir; dalam fikih hadis, beliau menulis Nailul Authar Syarh Muntaqal Akhbar, Sailul Jarrar Al Mutadaffiq Ala Hadaiqil Azhar, dan Ad Darari Al Mudhiyyah; dalam ushul fikih, beliau menulis Irsyadul Fuhul fi ‘Ilmil Ushul; dan karya-karya beliau yang lainnya. Sehingga, pantaslah bagi beliau untuk langsung berijtihad dari sumber di mana para fuqaha mengambil, tanpa melewati jalan para fuqaha. Hal ini seperti halnya yang disampaikan oleh Imam Ahmad rahimahullah, “Jangan engkau taklid kepadaku, jangan kepada Malik, jangan kepada Al Auza’i, jangan kepada Ats Tsauri. Ambil dari mana mereka mengambil (Al Quran dan sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam)!” Namun demikian beliau tetap mengambil faedah ilmu dari para ulama sebelumnya.

KEISTIMEWAAN KITAB 


Imam Asy Syaukani rahimahullah menuliskan kitab Ad Darari Al Mudhiyyah dengan ringkas namun padat, mencakup inti-inti pembahasan fikih. Hal ini menuntut beliau untuk tidak menyebutkan semua dalil dalam permasalahan fikih yang ada. Beliau terkadang hanya menyebutkan satu atau dua dalil dalam satu permasalahan sebagai dasar landasan, setelah menyebutkan kesimpulan dari permasalahan tersebut. Hal ini menjadikan Ad Darari Al Mudhiyyah kitab yang mudah dipahami, mudah dihafalkan, mudah diamalkan.

Ad Darari Al Mudhiyyah dalam mayoritas permasalahan tidak menyebutkan silang pendapat ulama, beliau tetap menyebutkan tarjih (penguatan salah satu pendapat) dan tidak menggantungkannya (tidak menyebutkan pendapat yang kuat, menyerahkan kepada para pembaca untuk memilih pendapat). Beliau tarjih dengan hadis-hadis, kaidah ilmu musthalah hadis, atau kaidah-kaidah ushul fikih. Dengan ini, pemula akan lebih mudah mengambil kesimpulan faedah, tanpa harus kebingungan untuk menentukan pendapat mana yang akan dianutnya.

BAB-BAB FIKIH


Meskipun Asy Syaukani rahimahullah memiliki metode khusus dalam menarik kesimpulan fikih, beliau mengikuti para fuqaha dalam urutan-urutan bab dalam pembahasan fikih. Sebab, hal ini akan lebih memudahkan pembaca dalam mencari pembahasan yang diinginkan seperti halnya dalam kitab fikih yang lain.

Beliau mulai dahulu dengan fikih ibadah, rukun Islam yang lima selain syahadat: salat, zakat, puasa, dan haji serta yang terkait dengan tiap ibadah tersebut. Misalnya, salat tidak akan sah tanpa bersuci, maka bab bersuci disebutkan lebih dahulu daripada bab salat. Prosesi jenazah erat kaitannya dengan salat jenazah, maka disebutkan setelah bab salat.

Setelah fikih ibadah, beliau sebutkan bab tentang pernikahan juga perceraian. Pada bab talak, beliau juga menyebutkan rincian terkait dengan itu, misalnya mengenai nafkah dan pengasuhan anak.

Lalu, beliau sebutkan bab tentang jual beli, beliau sebutkan pada bab ini mengenai riba karena erat kaitannya dengan jual beli. Beliau sebutkan setelahnya transaksi-transaksi yang serupa dengan jual beli; seperti: upah (jual beli jasa), kerja sama dagang, gadai, titipan, dan seterusnya.

Setelahnya, beliau sebutkan mengenai interaksi hamba dengan lingkungan: makanan, minuman, pakaian, sembelihan, lalu obat-obatan. Beliau rinci pada bab-bab tersebut mana yang halal dan mana yang haram. 

Demikian seterusnya dari pembahasan-pembahasan fikih. Sedangkan pada bab terakhir, beliau mengakhirinya dengan bab tentang jihad. Pada bab ini, disebutkan mengenai hukum-hukum terkait dengan jihad. Jika kita memahami dengan benar mengenai hukum-hukum jihad ini, niscaya kita akan takjub dengan keindahan Islam. Sebab dalam jihad pun, Islam tetap menjunjung tinggi nilai-nilai kemuliaan. Seperti, dilarang membunuh wanita, anak-anak, orang tua kecuali darurat. Tidak boleh memutilasi korban perang, tidak boleh membunuh dengan api, tidak boleh merusak pepohonan, dan seterusnya dari nilai-nilai indah Islam dalam jihad fi sabilillah. Dengan memahaminya pula, kita akan tahu bahwa jihad bukan sekadar praktik barbar yang anarki dan kejam. Bukan pula bertujuan untuk menghancurkan. 

Wallahu a’lam bish shawab

Sumber: Majalah Qudwah edisi 72 vol.07 1441 H rubrik Maktabah. Pemateri: Al Ustadz Abu Yusuf Abdurrahman.