Cari Blog Ini

Ad-Dararil Mudhiyyah - Puasa Sunah

Al-Imam Al-'Allamah Muhammad bin 'Ali Asy-Syaukani (wafat tahun 1250 hijriah) rahimahullah berkata:

بَابُ
صَوۡمِ التَّطَوُّعِ 


يُسۡتَحَبُّ صِيَامُ سِتٍّ مِنۡ شَوَّالٍ، وَتِسۡعِ ذِي الۡحِجَّةِ، وَمُحَرَّمٍ، وَشَعۡبَانَ، وَالاثۡنَيۡنِ وَالۡخَمِيسِ وَأَيَّامِ الۡبِيضِ، وَأَفۡضَلُ التَّطَوُّعِ صَوۡمُ يَوۡمٍ وَإِفۡطَارُ يَوۡمٍ. 

Disukai puasa enam hari di bulan Syawal, sembilan hari pertama bulan Zulhijah, puasa Muharam, puasa Syakban, puasa Senin dan Kamis, dan puasa hari-hari putih. 

Puasa yang paling afdal adalah puasa satu hari dan tidak berpuasa satu hari. 

أَقُولُ: أَمَّا صِيَامُ سِتٍّ مِنۡ شَوَّالٍ فَلِحَدِيثٍ: (مَنۡ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتۡبَعَهُ سِتًّا مِنۡ شَوَّالٍ فَذَاكَ صِيَامُ الدَّهۡرِ) أَخۡرَجَهُ مُسۡلِمٌ رَحِمَهُ اللهُ وَغَيۡرُهُ مِنۡ حَدِيثِ أَبِي أَيُّوبَ، وَفِي الۡبَابِ أَحَادِيثُ. 

Aku berkata: Adapun puasa enam hari di bulan Syawal, adalah berdasarkan hadis, “Siapa saja yang berpuasa Ramadan kemudian dia iringi dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka itu adalah puasa satu tahun.”[1] Diriwayatkan oleh Muslim rahimahullah dan selain beliau dari hadis Abu Ayyub. Di dalam bab ini ada beberapa hadis. 

وَأَمَّا صِيَامُ تِسۡعِ ذِي الۡحِجَّةِ؛ فَلِمَا ثَبَتَ عَنۡهُ ﷺ مِنۡ حَدِيثِ حَفۡصَةَ عِنۡدَ أَحۡمَدَ وَالنَّسَائِيِّ قَالَتۡ: (أَرۡبَعٌ لَمۡ يَكُنۡ يَدَعُهُنَّ رَسُولُ اللهِ ﷺ صِيَامَ عَاشُورَاءَ، وَالۡعَشۡرَ، وَثَلَاثَةَ أَيَّامٍ مِنۡ كُلِّ شَهۡرٍ) وَأَخۡرَجَهُ أَبُو دَاوُدَ بِلَفۡظٍ: (كَانَ يَصُومُ تِسۡعَ ذِي الۡحِجَّةِ، وَيَوۡمَ عَاشُورَاءَ، وَثَلَاثَةَ أَيَّامٍ مِنۡ كُلِّ شَهۡرٍ، وَأَوَّلَ اثۡنَيۡنِ مِنَ الشَّهۡرِ وَالۡخَمِيسِ)، وَقَدۡ أَخۡرَجَ مُسۡلِمٌ عَنۡ عَائِشَةَ أَنَّهَا قَالَتۡ: (مَا رَأَيۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ صَائِمًا فِي الۡعَشۡرِ قَطُّ). وَفِي رِوَايَةٍ: (لَمۡ يَصُمِ الۡعَشۡرَ قَطُّ). وَعَدَمُ رُؤۡيَتِهَا وَعِلۡمِهَا لَا يَسۡتَلۡزِمُ الۡعَدَمَ، وَآكَدُ التِّسۡعِ يَوۡمُ عَرَفَةَ. وَقَدۡ ثَبَتَ فِي صَحِيحِ مُسۡلِمٍ وَغَيۡرِهِ مِنۡ حَدِيثِ أَبِي قَتَادَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (صَوۡمُ يَوۡمِ عَرَفَةَ يُكَفِّرُ سَنَتَيۡنِ مَاضِيَةً وَمُسۡتَقۡبَلَةً، وَصَوۡمُ يَوۡمِ عَاشُورَاءَ يُكَفِّرُ سَنَةً مَاضِيَةً). 

Adapun puasa sembilan hari pertama bulan Zulhijah adalah berdasarkan riwayat yang pasti dari beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, dari hadis Hafshah riwayat Ahmad dan An-Nasa`i. Hafshah mengatakan, “Empat hal yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah puasa Asyura, puasa sepuluh hari pertama bulan Zulhijah, dan puasa tiga hari setiap bulan.”[2]

Abu Dawud meriwayatkannya dengan redaksi, “Dahulu, beliau berpuasa sembilan hari pertama bulan Zulhijah, hari Asyura, tiga hari setiap bulan, dan hari Senin awal bulan dan hari Kamis.”[3]

Muslim telah meriwayatkan dari ‘Aisyah, bahwa beliau mengatakan, “Aku tidak pernah melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa di sepuluh hari awal bulan Zulhijah sama sekali.”[4]

Dalam riwayat lain, “Beliau tidak pernah berpuasa di sepuluh hari awal bulan Zulhijah sama sekali.” 

Ketiadaan penglihatan dan pengetahuan ‘Aisyah ini tidak mengharuskan ketiadaan perbuatan beliau. 

Yang paling ditekankan dari sembilan hari awal bulan Zulhijah adalah hari Arafah, karena telah pasti di dalam Shahih Muslim dan selainnya dari hadis Abu Qatadah. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Puasa hari Arafah menghapus dosa dua tahun, yaitu tahun yang lalu dan yang akan datang. Puasa hari Asyura menghapus dosa satu tahun lalu.”[5]

وَأَمَّا صِيَامُ شَهۡرِ مُحَرَّمٍ، فَلِحَدِيثِ أَبِي هُرَيۡرَةَ عِنۡدَ أَحۡمَدَ وَمُسۡلِمٍ وَأَهۡلِ السُّنَنِ؛ أَنَّهُ ﷺ سُئِلَ أَيُّ الصِّيَامِ بَعۡدَ رَمَضَانُ أَفۡضَلُ؟ فَقَالَ: (شَهۡرُ اللهِ الۡمُحَرَّمُ)، وَآكَدُهُ يَوۡمُ عَاشُورَاءَ لِمَا وَرَدِ فِيهِ مِنَ الۡأَحَادِيثِ الثَّابِتَةِ فِي الصَّحِيحَيۡنِ وَغَيۡرِهِمَا عَنۡ جَمَاعَةٍ مِنَ الصَّحَابَةِ: (أَنَّهُ ﷺ صَامَهُ وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ، ثُمَّ قَالَ: هَٰذَا يَوۡمُ عَاشُورَاءَ وَلَمۡ يُكۡتَبۡ عَلَيۡكُمۡ صِيَامُهُ، وَأَنَا صَائِمٌ، فَمَنۡ شَاءَ صَامَ، وَمَنۡ شَاءَ فَلۡيُفۡطِرۡ)، وَقَدۡ تَقَدَّمَ أَنَّهُ يُكَفِّرُ سَنَةً مَاضِيَةً. وَثَبَتَ فِي مُسۡلِمٍ وَغَيۡرِهِ: (أَنَّهُ لَمَّا أَمَرَ بِصِيَامِهِ قَالُوا يَا رَسُولَ اللهِ إِنَّهُ يَوۡمٌ يُعَظِّمُهُ الۡيَهُودُ وَالنَّصَارَى، فَقَالَ: إِذَا كَانَ الۡعَامُ الۡمُقۡبِلُ إِنۡ شَاءَ اللهُ صُمۡنَا التَّاسِعَ، فَلَمۡ يَأۡتِ الۡعَامُ الۡمُقۡبِلُ حَتَّى تُوُفِّيَ رَسُولُ اللهِ ﷺ). 

Adapun puasa bulan Muharam berdasarkan hadis Abu Hurairah riwayat Ahmad, Muslim, dan penyusun kitab Sunan. Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya puasa apa yang paling afdal setelah Ramadan. Lalu beliau bersabda, “(Puasa) bulan Allah, yaitu Muharam.”[6]

Yang paling ditekankan adalah hari Asyura, berdasarkan hadis-hadis yang sabit yang menerangkan tentangnya di dalam dua kitab Shahih dan selainnya, dari sejumlah sahabat, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa dan memerintahkan puasa hari Asyura. Kemudian beliau bersabda, “Ini adalah hari Asyura dan tidak diwajibkan puasa bagi kalian. Namun aku berpuasa. Maka, siapa saja ingin, silakan berpuasa, dan siapa saja yang ingin, silakan tidak berpuasa.”[7]

Telah disebutkan bahwa puasa Asyura menghapuskan dosa satu tahun yang lalu. 

Juga telah pasti di dalam riwayat Muslim dan selainnya, bahwa ketika Rasulullah memerintahkan puasa hari Asyura, para sahabat berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya ini adalah hari yang diagung-agungkan oleh Yahudi dan Nasrani.” 

Rasulullah bersabda, “Tahun depan insya Allah kita akan berpuasa hari kesembilan.” 

Namun tahun depan belum tiba, ternyata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sudah wafat.[8]

وَأَمَّا صِيَامُ شَهۡرِ شَعۡبَانَ، فَلِحَدِيثِ أُمِّ سَلَمَةَ: (أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ لَمۡ يَكُنۡ يَصُومُ مِنَ السَّنَةِ شَهۡرًا تَامًّا إِلَّا شَعۡبَانَ، يَصِلُ بِهِ رَمَضَانَ) أَخۡرَجَهُ أَحۡمَدُ وَأَهۡلُ السُّنَنِ، وَحَسَّنَهُ التِّرۡمِذِيُّ. وَفِي الصَّحِيحَيۡنِ مِنۡ حَدِيثِ عَائِشَةَ: (مَا كَانَ يَصُومُ فِي شَهۡرٍ مَا كَانَ يَصُومُ فِي شَعۡبَانَ كَانَ يَصُومُهُ إِلَّا قَلِيلًا بَلۡ كَانَ يَصُومُهُ كُلَّهُ). وَفِي لَفۡظٍ: (وَمَا رَأَيۡتُهُ فِي شَهۡرٍ أَكۡثَرَ مِنۡهُ صِيَامًا فِي شَعۡبَانَ). 

Adapun puasa bulan Syakban adalah berdasarkan hadis Ummu Salamah, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam satu tahun tidak pernah berpuasa satu bulan penuh kecuali Syakban. Beliau menyambungnya dengan Ramadan.[9] Hadis ini diriwayatkan oleh Ahmad dan penulis kitab Sunan. At-Tirmidzi menilainya hasan. 

Di dalam dua kitab Shahih, dari hadis ‘Aisyah, “Rasulullah tidak pernah berpuasa sebagaimana beliau berpuasa di bulan Syakban. Dahulu, beliau banyak berpuasa di bulan Syakban kecuali sedikit. Bahkan beliau berpuasa di sepanjang bulan Syakban.”[10] Dalam redaksi lain, “Aku tidak melihat beliau di suatu bulan lebih banyak berpuasa daripada di bulan Syakban.”[11]

وَأَمَّا الۡإِثۡنَيۡنِ وَالۡخَمِيسُ، فَلِحَدِيثِ عَائِشَةَ: (أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ كَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ الۡاثۡنَيۡنِ وَالۡخَمِيسِ) أَخۡرَجَهُ أَحۡمَدُ وَالتِّرۡمِذِيُّ، وَصَحَّحَهُ، وَالنَّسَائِيُّ، وَابۡنُ مَاجَة، وَابۡنُ حِبَّانَ وَصَحَّحَهُ. وَأَخۡرَجَ نَحۡوَهُ أَبُو دَاوُدَ مِنۡ حَدِيثِ أُسَامَةَ بۡنِ زَيۡدٍ، وَأَخۡرَجَهُ النَّسَائِيُّ أَيۡضًا وَفِي إِسۡنَادِهِ مَجۡهُولٌ، مَعَ أَنَّهُ قَدۡ صَحَّحَهُ ابۡنُ خُزَيۡمَةَ. وَأَخۡرَجَ أَحۡمَدُ، وَالتِّرۡمِذِيُّ مِنۡ حَدِيثِ أَبِي هُرَيۡرَةَ؛ أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ قَالَ: (تُعۡرَضُ الۡأَعۡمَالُ كُلَّ اثۡنَيۡنِ وَخَمِيسٍ فَأُحِبُّ أَنۡ يُعۡرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ)، وَفِي صَحِيحِ مُسۡلِمٍ رَحِمَهُ اللهُ؛ أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ سُئِلَ عَنۡ صَوۡمِ يَوۡمِ الاثۡنَيۡنِ فَقَالَ: (ذٰلِكَ يَوۡمُ وُلِدۡتُ فِيهِ، وَأُنۡزِلَ عَلَيَّ فِيهِ). 

Adapun puasa hari Senin dan Kamis adalah berdasarkan hadis ‘Aisyah, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu memilih untuk puasa hari Senin dan Kamis.[12] Diriwayatkan oleh Ahmad, At-Tirmidzi—dan beliau menilainya sahih—, An-Nasa`i, Ibnu Majah, dan Ibnu Hibban—dan beliau menilainya sahih—. Abu Dawud juga meriwayatkan semisal itu dari hadis Usamah bin Zaid. An-Nasa`i juga meriwayatkannya. Di dalam sanadnya ada rawi yang majhul (tidak diketahui), bersamaan dengan itu Ibnu Khuzaimah telah menilainya sahih. 

Ahmad dan At-Tirmidzi juga meriwayatkan dari hadis Abu Hurairah, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Amalan-amalan dihadapkan (kepada Allah) setiap hari Senin dan Kamis, sehingga aku senang amalanku dihadapkan dalam keadaan aku sedang berpuasa.”[13]

Di dalam Shahih Muslim rahimahullah, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya tentang puasa hari Senin, lantas beliau bersabda, “Itu adalah hari aku dilahirkan dan pada hari itu wahyu diturunkan kepadaku.”[14]

وَأَمَّا صَوۡمُ أَيَّامِ الۡبِيضِ، فَلِحَدِيثِ أَبِي قَتَادَةَ عِنۡدَ مُسۡلِمٍ وَغَيرِهِ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (ثَلَاثٌ مِنۡ كُلِّ شَهۡرٍ، وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ، فَهَٰذَا صِيَامُ الدَّهۡرِ كُلِّهِ)، وَأَخۡرَجَ أَحۡمَدُ، وَالنَّسَائِيُّ، وَالتِّرۡمِذِيُّ، وَابۡنُ حِبَّانَ وَصَحَّحَهُ مِنۡ حَدِيثِ أَبِي ذَرٍّ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (إِذَا صُمۡتَ مِنَ الشَّهۡرِ ثَلَاثَةً فَصُمۡ ثَلَاثَ عَشۡرَةَ وَأَرۡبَعَ عَشۡرَةَ وَخَمۡسَ عَشۡرَةَ) وَفِي الۡبَابِ أَحَادِيثُ. 

Adapun puasa hari-hari putih adalah berdasarkan hadis Abu Qatadah riwayat Muslim dan selainnya. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tiga hari setiap bulan dan Ramadan ke Ramadan berikutnya, ini adalah puasa satu tahun penuh.”[15]

Ahmad, An-Nasa`i, At-Tirmidzi, dan Ibnu Hibban—dan beliau menilainya sahih—meriwayatkan dari hadis Abu Dzarr. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila engkau berpuasa tiga hari dari sebulan, maka berpuasalah hari ketiga belas, keempat belas, dan kelima belas.”[16] Di dalam bab ini ada beberapa hadis. 

وَأَمَّا كَوۡنُ أَفۡضَلُ التَّطَوُّعِ صَوۡمَ يَوۡمٍ وَإِفۡطَارَ يَوۡمٍ، فَلِحَدِيثِ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عَمۡرٍو فِي الصَّحِيحَيۡنِ وَغَيۡرِهِمَا؛ أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَالَ: (صُمۡ فِي كُلِّ شَهۡرٍ ثَلَاثَةً، قُلۡتُ: إِنِّي أَقۡوَى مِنۡ ذٰلِكَ، فَلَمۡ يَزَلۡ يَرۡفَعۡنِي حَتَّى قَالَ: صُمۡ يَوۡمًا وَأَفۡطِرۡ يَوۡمًا؛ فَإِنَّهُ أَفۡضَلُ الصِّيَامِ، وَهُوَ صَوۡمُ أَخِي دَاوُدَ عَلَيۡهِ السَّلَامُ). 

Adapun puasa sunah yang paling afdal adalah puasa sehari dan tidak berpuasa sehari, adalah berdasarkan hadis ‘Abdullah bin ‘Amr di dalam dua kitab Shahih dan selainnya, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Berpuasalah tiga hari setiap bulan.” 

Aku (‘Abdullah bin ‘Amr) berkata, “Sesungguhnya aku lebih kuat daripada itu.” Maka, Rasulullah terus menambah kekerapan puasa untukku hingga beliau bersabda, “Puasalah satu hari dan tidak berpuasalah satu hari. Karena itu adalah puasa yang paling afdal dan itu adalah puasa saudaraku Dawud ‘alaihis salam.”[17]