Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 2438

١١ - بَابُ مَنۡ عَرَّفَ اللُّقَطَةَ وَلَمۡ يَدۡفَعۡهَا إِلَى السُّلۡطَانِ
11. Bab barang siapa mengumumkan barang hilang dan dia tidak menyerahkannya kepada penguasa


٢٤٣٨ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ يُوسُفَ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ، عَنۡ رَبِيعَةَ، عَنۡ يَزِيدَ مَوۡلَى الۡمُنۡبَعِثِ، عَنۡ زَيۡدِ بۡنِ خَالِدٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ: أَنَّ أَعۡرَابِيًّا، سَأَلَ النَّبِيَّ ﷺ عَنِ اللُّقَطَةِ، قَالَ: (عَرِّفۡهَا سَنَةً، فَإِنۡ جَاءَ أَحَدٌ يُخۡبِرُكَ بِعِفَاصِهَا وَوِكَائِهَا، وَإِلَّا فَاسۡتَنۡفِقۡ بِهَا). وَسَأَلَهُ عَنۡ ضَالَّةِ الۡإِبِلِ، فَتَمَعَّرَ وَجۡهُهُ قَالَ: (مَا لَكَ وَلَهَا؟ مَعَهَا سِقَاؤُهَا وَحِذَاؤُهَا، تَرِدُ الۡمَاءَ وَتَأۡكُلُ الشَّجَرَ، دَعۡهَا حَتَّى يَجِدَهَا رَبُّهَا). وَسَأَلَهُ عَنۡ ضَالَّةِ الۡغَنَمِ، فَقَالَ: (هِيَ لَكَ أَوۡ لِأَخِيكَ أَوۡ لِلذِّئۡبِ). [طرفه في: ٩١]. 

2438. Muhammad bin Yusuf telah menceritakan kepada kami: Sufyan menceritakan kepada kami dari Rabi’ah, dari Yazid maula Al-Munba’its, dari Zaid bin Khalid—radhiyallahu ‘anhu—bahwa seorang arab badui bertanya kepada Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—tentang barang hilang yang ditemukannya. 

Nabi bersabda, “Umumkan selama setahun! Jika ada seseorang yang mengabarkan kepadamu tentang bungkus dan tali pengikatnya (maka serahkan kepadanya). Jika tidak ada, maka engkau bisa membelanjakannya.” 

Orang itu bertanya kepada beliau tentang unta yang hilang. Raut wajah beliau berubah. Beliau bersabda, “Apa urusanmu dengannya? Bersamanya ada persediaan air dan ‘sepatu’nya. Dia bisa mendatangi air dan makan daun di pohon. Biarkan dia hingga ditemukan oleh pemiliknya.” 

Orang itu bertanya kepada beliau tentang kambing yang hilang. Beliau bersabda, “Kambing itu milikmu, atau milik saudaramu, atau untuk serigala.”