Cari Blog Ini

Ad-Dararil Mudhiyyah - Penjelasan Manasik Haji (1)

فَصۡلٌ
فِي بَيَانِ مَنَاسِكِ الۡحَجِّ

ثُمَّ يَأۡتِي عَرَفَةَ صُبۡحَ يَوۡمِ عَرَفَةَ مُلَبِّيًا مُكَبِّرًا، وَيَجۡمَعُ الۡعَصۡرَيۡنِ فِيهَا وَيَخۡطُبُ ثُمَّ يُفِيضُ مِنۡ عَرَفَةَ وَيَأۡتِي الۡمُزۡدَلِفَةَ وَيَجۡمَعُ فِيهَا بَيۡنَ الۡعِشَاءَيۡنِ، وَيَبِيتُ بِهَا ثُمَّ يُصَلِّي الۡفَجۡرَ، وَيَأۡتِي الۡمَشۡعَرَ فَيَذۡكُرُ اللهَ عِنۡدَهُ وَيَقِفُ بِهِ إِلَى قَبۡلِ طُلُوعِ الشَّمۡسِ ثُمَّ يَدۡفَعُ حَتَّى يَأۡتِيَ بَطۡنَ مُحَسِّرٍ، ثُمَّ يَسۡلُكُ الطَّرِيقَ الۡوُسۡطَى إِلَى الۡجَمۡرَةِ الَّتِي عِنۡدَ الشَّجَرَةِ وَهِيَ جَمۡرَةُ الۡعَقَبَةِ فَيَرۡمِيهَا بِسَبۡعِ حَصَيَاتٍ يُكَبِّرُ مَعَ كُلِّ حَصَاةٍ، وَلَا يَرۡمِيهَا إِلَّا بَعۡدَ طُلُوعِ الشَّمۡسِ، إِلَّا النِّسَاءَ وَالصِّبۡيَانَ فَيَجُوزُ لَهُمۡ قَبۡلَ ذٰلِكَ، وَيَحۡلِقُ رَأۡسَهُ أَوۡ يُقَصِّرُهُ فَيَحِلُّ لَهُ كُلُّ شَيۡءٍ إِلَّا النِّسَاءَ، وَمَنۡ حَلَقَ أَوۡ ذَبَحَ أَوۡ أَفَاضَ إِلَى الۡبَيۡتِ قَبۡلَ أَنۡ يَرۡمِيَ فَلَا حَرَجَ، ثُمَّ يَرۡجِعُ إِلَى مِنًى فَيَبِيتُ بِهَا لَيَالِيَ التَّشۡرِيقِ، وَيَرۡمِي فِي كُلِّ يَوۡمٍ مِنۡ أَيَّامِ التَّشۡرِيقِ الۡجَمَرَاتِ الثَّلَاثَ بِسَبۡعِ حَصَيَاتٍ مُبۡتَدِئًا بِالۡجَمۡرَةِ الدُّنۡيَا ثُمَّ الۡوُسۡطَى ثُمَّ جَمۡرَةِ الۡعَقَبَةِ، وَيُسۡتَحَبُّ لِمَنۡ يَحُجُّ بِالنَّاسِ أَنۡ يَخۡطُبَهُمۡ يَوۡمَ النَّحۡرِ، وَفِي وَسَطِ أَيَّامِ التَّشۡرِيقِ وَيَطُوفُ الۡحَاجُّ طَوَافَ الۡإِفَاضَةِ وَهُوَ طَوَافُ الزِّيَارَةِ يَوۡمَ النَّحۡرِ، وَإِذَا فَرَغَ مِنۡ أَعۡمَالِ الۡحَجِّ طَافَ لِلۡوَدَاعِ.
Kemudian ia mendatangi Arafah pada saat subuh hari Arafah dengan bertalbiah dan bertakbir. Dia menjamak salat Zuhur dan Asar di Arafah dan berkhotbah. Kemudian bertolak dari Arafah dan mendatangi Muzdalifah. Dia menjamak salat Maghrib dan Isya, bermalam, dan salat Subuh di Muzdalifah. Lalu mendatangi Masy’aril Haram, berzikir kepada Allah, dan berhenti di situ sampai sebelum matahari terbit. Kemudian bertolak hingga sampai di dasar Muhassir, lalu menempuh jalan yang tengah ke jamrah yang berada di dekat pohon, yaitu jamrah Aqabah. Ia melemparinya dengan tujuh kerikil dengan bertakbir bersamaan setiap kerikil. Tidak boleh melemparinya kecuali setelah matahari terbit kecuali bagi wanita dan anak-anak. Boleh bagi mereka sebelum matahari terbit. Ia menggundul kepalanya atau mencukur pendek seluruh rambutnya, maka segala sesuatu halal baginya kecuali para wanita. Siapa saja yang menggundul, menyembelih, atau tawaf ke Kakbah sebelum melempar, maka tidak ada dosa. Kemudian ia kembali ke Mina dan bermalam di sana pada malam-malam tasyrik. Pada setiap hari tasyrik, ia melempari tiga jamrah dengan tujuh kerikil. Dimulai dari jamrah ula, kemudian jumrah wusta, kemudian jumrah aqabah. Disukai bagi siapa saja yang berhaji bersama orang-orang agar berkhotbah kepada mereka pada hari nahar dan pada pertengahan hari-hari tasyrik. Orang yang berhaji melakukan tawaf ifadhah yaitu tawaf ziarah pada hari nahar. Apabila ia sudah selesai dari amalan-amalan haji, maka ia melakukan tawaf perpisahan.
أَقُولُ: أَخۡرَجَ أَحۡمَدُ، وَأَهۡلُ السُّنَنِ، وَابۡنُ حِبَّانَ، وَالۡحَاكِمُ، وَالدَّارُقُطۡنِيُّ مِنۡ حَدِيثِ عَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ بۡنِ يَعۡمَرَ أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ أَمَرَ مُنَادِيًا فَنَادَى الۡحَجُّ عَرَفَةُ. وَأَخۡرَجَ أَحۡمَدُ، وَأَبُو دَاوُدَ عَنِ ابۡنِ عُمَرَ قَالَ: غَدَا رَسُولُ اللهِ ﷺ مِنۡ مِنًى حِينَ صَلَّى الصُّبۡحَ فِي صَبِيحَةِ عَرَفَةَ حَتَّى أَتَى عَرَفَةَ فَنَزَلَ بِنَمِرَةَ – وَهِيَ مَنۡزِلُ الۡإِمَامِ الَّذِي يَنۡزِلُ بِهِ – حَتَّى إِذَا كَانَ عِنۡدَ صَلَاةِ الظُّهۡرِ رَاحَ رَسُولُ اللهِ ﷺ مُهَجِّرًا فَجَمَعَ بَيۡنَ الظُّهۡرِ وَالۡعَصۡرِ ثُمَّ خَطَبَ النَّاسَ ثُمَّ رَاحَ فَوَقَفَ عَلَى الۡمَوۡقِفِ مِنۡ عَرَفَةَ.
Ahmad, penyusun kitab Sunan, Ibnu Hibban, Al-Hakim, dan Ad-Daruquthni[1] mengeluarkan riwayat dari hadis ‘Abdurrahman bin Ya’mar, bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan seorang penyeru agar menyeru bahwa haji adalah Arafah. Ahmad dan Abu Dawud[2] juga mengeluarkan dari Ibnu ‘Umar, beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berangkat di pagi hari dari Mina setelah salat Subuh di pagi hari Arafah sampai mendatangi Arafah. Beliau singgah di Namirah –yaitu tempat singgah imam di Arafah- sampai ketika akan salat Zuhur, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berangkat di tengah hari lalu menjamak salat Zuhur dan Asar. Kemudian beliau berkhotbah kepada manusia lalu melanjutkan perjalanan dan berhenti di tempat wukuf di Arafah.” 
وَفِي صَحِيحِ مُسۡلِمٍ مِنۡ حَدِيثِ جَابِرٍ قَالَ: لَمَّا كَانَ يَوۡمُ التَّرۡوِيَةِ تَوَجَّهُوا إِلَى مِنًى فَأَهَلُّوا بِالۡحَجِّ، وَرَكِبَ رَسُولُ اللهِ ﷺ فَصَلَّى بِهَا الظُّهۡرَ وَالۡعَصۡرَ وَالۡمَغۡرِبَ وَالۡعِشَاءَ وَالۡفَجۡرَ، ثُمَّ مَكَثَ قَلِيلًا حَتَّى طَلَعَتِ الشَّمۡسُ، وَأَمَرَ بِقُبَّةٍ مِنۡ شَعۡرٍ تُضۡرَبُ لَهُ بِنَمِرَةَ، فَسَارَ رَسُولُ اللهِ ﷺ وَلَا تَشُكُّ قُرَيۡشٌ أَنَّهُ وَاقِفٌ عِنۡدَ الۡمَشۡعَرِ الۡحَرَامِ كَمَا كَانَتۡ قُرَيۡشٌ تَصۡنَعُ فِي الۡجَاهِلِيَّةِ، فَأَجَازَ رَسُولُ اللهِ ﷺ حَتَّى أَتَى عَرَفَةَ فَوَجَدَ الۡقُبَّةَ قَدۡ ضُرِبَتۡ لَهُ بِنَمِرَةَ فَنَزَلَ بِهَا حَتَّى إِذَا زَاغَتِ الشَّمۡسُ أَمَرَ بِالۡقَصۡوَاءِ فَرُحِلَتۡ لَهُ فَأَتَى بَطۡنَ الۡوَادِي فَخَطَبَ النَّاسَ فَقَالَ: (إِنَّ دِمَاءَكُمۡ وَأَمۡوَالَكُمۡ حَرَامٌ عَلَيۡكُمۡ كَحُرۡمَةِ يَوۡمِكُمۡ هٰذَا، فِي شَهۡرِكُمۡ هٰذَا، وَفِي بَلَدِكُمۡ هٰذَا) وَفِي صَحِيحِ مُسۡلِمٍ رَحِمَهُ اللهُ تَعَالَى مِنۡ حَدِيثِ أُسَامَةَ بِنۡ زَيۡدٍ أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَالَ فِي عَشِيَّةِ عَرَفَةَ وَغَدَاةِ جَمۡعٍ لِلنَّاسِ حِينَ دَفَعُوا: )عَلَيۡكُمُ السَّكِينَةُ(، وَهُوَ كَافٌّ نَاقَتَهُ حَتَّى دَخَلَ مُحَسِّرًا.
Di dalam Shahih Muslim[3] dari hadits Jabir, beliau mengatakan: Ketika hari tarwiah, mereka berangkat menuju Mina dan memulai ihram untuk haji. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menaiki tunggangan dan salat Zuhur, Asar, Maghrib, Isya, dan Subuh di Mina. Kemudian beliau sesaat tetap berada di situ sampai matahari telah terbit. Lalu beliau memerintahkan agar dibuatkan sebuah kemah dari bulu di Namirah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melanjutkan perjalanan dan orang-orang kafir Quraisy tidak ragu bahwa beliau akan berhenti di Masy’aril Haram sebagaimana yang biasa dilakukan oleh orang-orang Quraisy di masa jahiliah. Namun Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam terus lewat sampai tiba di Arafah. Beliau mendapati bahwa kemah beliau telah selesai dibuat di Namirah, sehingga beliau singgah di situ. Sampai ketika matahari telah mulai turun, beliau memerintahkan Qashwa` yang dinaiki oleh beliau. Lalu beliau mendatangi dasar lembah dan berkhotbah kepada orang-orang. Beliau bersabda, “Sesungguhnya darah-darah dan harta-harta kalian adalah suci atas kalian seperti sucinya hari kalian ini, bulan kalian ini, dan negeri kalian ini.” Di dalam Shahih Muslim[4] dari hadis Usamah bin Zaid, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata di sore hari Arafah dan pagi hari Muzdalifah kepada orang-orang ketika mereka berangkat, “Kalian wajib tenang.” Beliau melambatkan untanya sampai masuk Muhassir.
وَفِي حَدِيثِ جَابِرٍ عِنۡدَ مُسۡلِمٍ وَغَيۡرِهِ: أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ أَتَى الۡمُزۡدَلِفَةَ فَصَلَّى بِهَا الۡمَغۡرِبَ وَالۡعِشَاءَ بِأَذَانٍ وَاحِدٍ وَإِقَامَتَيۡنِ، وَلَمۡ يُسَبِّحۡ بَيۡنَهُمَا شَيۡئًا، ثُمَّ اضۡطَجَعَ حَتَّى طَلَعَ الۡفَجۡرُ فَصَلَّى الۡفَجۡرَ حَتَّى تَبَيَّنَ لَهُ الصُّبۡحُ بِأَذَانٍ وَإِقَامَةٍ، ثُمَّ رَكِبَ الۡقَصۡوَاءَ حَتَّى أَتَى الۡمَشۡعَرَ الۡحَرَامَ، فَاسۡتَقۡبَلَ الۡقِبۡلَةَ فَدَعَا اللهَ وَكَبَّرَهُ وَهَلَّلَهُ وَوَحَّدَهُ، فَلَمۡ يَزَلۡ وَاقِفًا حَتَّى أَسۡفَرَ جِدًّا فَدَفَعَ قَبۡلَ أَنۡ تَطۡلُعَ الشَّمۡسُ حَتَّى أَتَى بَطۡنَ مُحَسِّرٍ فَحَرَّكَ قَلِيلًا، ثُمَّ سَلَكَ الطَّرِيقَ الۡوُسۡطَى الَّتِي تَخۡرُجُ عَلَى الۡجَمۡرَةِ الۡكُبۡرَى، حَتَّى أَتَى الۡجُمۡرَةَ الَّتِي عِنۡدَ الشَّجَرَةِ فَرَمَاهَا بِسَبۡعِ حَصَيَاتٍ يُكَبِّرُ مَعَ كُلِّ حَصَاةٍ مِنۡهَا مِثۡل حَصَى الۡخَذۡفِ، رَمَى مِنۡ بَطۡنِ الۡوَادِي ثُمَّ انۡصَرَفَ إِلَى الۡمَنۡحَرِ. وَفِي الصَّحِيحَيۡنِ وَغَيۡرِهِمَا مِنۡ حَدِيثِ جَابِرٍ أَيۡضًا قَالَ: رَمَى النَّبِيُّ ﷺ الۡجَمۡرَةَ يَوۡمَ النَّحۡرِ ضُحًى، وَأَمَّا بَعۡدُ فَإِذَا زَالَتِ الشَّمۡسُ. وَفِيهِمَا أَيۡضًا مِنۡ حَدِيثِ ابۡنِ مَسۡعُودٍ: أَنَّهُ انۡتَهَى إِلَى الۡجَمۡرَةِ الۡكُبۡرَى فَجَعَلَ الۡبَيۡتَ عَنۡ يَسَارِهِ وَمِنًى عَنۡ يَمِينِهِ، وَرَمَى بِسَبۡعٍ وَقَالَ: هَكَذَا رَمَى الَّذِي أُنۡزِلَتۡ عَلَيۡهِ سُورَةُ الۡبَقَرَةِ. وَفِي رِوَايَةٍ: حَتَّى انۡتَهَى إِلَى جَمۡرَةِ الۡعَقَبَةِ.
Di dalam hadis Jabir riwayat Muslim[5] dan selain beliau, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mendatangi Muzdalifah dan salat Maghrib dan Isya di situ dengan satu azan dan dua ikamah. Beliau tidak salat sunah di antara keduanya. Kemudian beliau berbaring sampai terbit fajar. Beliau salat fajar hingga telah jelas waktu Subuh dengan satu azan dan satu ikamah. Kemudian beliau menaiki Qashwa` sampai mendatangi Masy’aril Haram. Beliau menghadap kiblat, berdoa kepada Allah, bertahlil, dan mengucapkan kalimat tauhid. Beliau terus-menerus berdiri sampai langit sangat berwarna kuning, lalu beliau bertolak sebelum matahari terbit. Sampai beliau mendatangi dasar Muhassir, beliau mempercepat sebentar. Kemudian beliau menempuh jalan yang tengah yang mengarah ke jamrah kubra. Sampai beliau mendatangi jamrah yang berada di dekat pohon dan melemparinya dengan tujuh kerikil. Beliau bertakbir bersama setiap lemparan kerikil. Kerikil itu semisal kerikil khadzf (seukuran biji kacang, yang biasa dilempar menggunakan jari tangan dan ibu jari). Beliau melempar dari dasar lembah kemudian pergi ke tempat penyembelihan. Di dalam dua kitab Shahih[6] dan selain keduanya dari hadis Jabir pula, beliau mengatakan: Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melempari jamrah pada hari nahar di waktu duha adapun di hari setelahnya di waktu matahari telah mulai turun. Di dalam dua kitab Shahih[7] pula dari hadis Ibnu Mas’ud: Bahwa beliau berhenti di jamrah kubra dan menjadikan Kakbah di arah kirinya dan Mina di arah kanannya. Beliau melempar dengan tujuh kerikil dan berkata: Beginilah orang yang diturunkan padanya surah Al-Baqarah melempar. Di dalam riwayat lain: Sampai berhenti di jamrah Aqabah.
وَفِي الصَّحِيحَيۡنِ وَغَيۡرِهِمَا مِنۡ حَدِيثِ ابۡنِ عَبَّاسٍ قَالَ: أَنَا مِمَّنۡ قَدَّمَ النَّبِيُّ ﷺ لَيۡلَةَ الۡمُزۡدَلِفَةِ فِي ضَعَفَةِ أَهۡلِهِ. وَفِيهِمَا أَيۡضًا مِنۡ حَدِيثِ عَائِشَةَ قَالَتۡ: كَانَتۡ سَوۡدَةُ امۡرَأَةً ضَخۡمَةً ثَبِطَةً، فَاسۡتَأۡذَنَتۡ رَسُولَ اللهِ ﷺ أَنۡ تُفِيضَ مِنۡ جَمۡعٍ بِلَيۡلٍ، فَأَذِنَ لَهَا.
Dan di dalam dua kitab Shahih[8] dan selain keduanya dari hadis Ibnu ‘Abbas, beliau mengatakan: Saya termasuk orang yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulukan pada malam Muzdalifah di dalam rombongan keluarga beliau yang lemah. Di dalam dua kitab Shahih[9] pula dari hadis ‘Aisyah, beliau mengatakan: Saudah adalah wanita yang gemuk dan jalannya lambat. Beliau meminta izin Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk bertolak dari Muzdalifah di malam hari dan Nabi mengizinkannya. 

[1] HR. Ahmad (4/309), Abu Dawud nomor 1949, An-Nasa`i (5/264), At-Tirmidzi nomor 889, Ibnu Majah nomor 3015, Ibnu Hibban (6/176), Al-Hakim (1/464), dan Ad-Daruquthni (2/240), hadis ini sahih. 
[2] HR. Ahmad (2/129) dan Abu Dawud nomor 1913, hadis hasan. 
[4] Nomor 1282 dari hadis Al-Fadhl bin ‘Abbas. Adapun hadis Usamah, maka redaksinya lain. 
[6] HR. Muslim nomor 1299, adapun riwayat Al-Bukhari secara ta’liq sebagaimana di dalam Al-Fath (4/409). 

Simak penjelasan Al-Ustadz Qomar Su'aidi hafizhahullah di sini.